Google+ Followers

Minggu, 08 Desember 2013

Grace Hopper Rayakan Ultah ke 107 di Logo Google

https://www.google.com/logos/doodles/2013/grace-hoppers-107th-birthday-5447077240766464.2-hp.gif

Google Doodle hari ini tanggal 9 Desember 2013 menampilkan seorang wanita tangguh bernama Grace Hopper. Berjuluk ‘Amazing Grace’ ia yang lahir pada 9 Desember 1906 merupakan pelopor di bidangnya. Selain menjadi Laksamana Angkatan Laut Amerika Serikat, Garce Hopper juga merupakan ilmuwan komputer.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/5/55/Grace_Hopper.jpg
Kehebatan perempuan yang bernama asli Grace Brewster Murray ini, terletak pada kemampuannya sebagai salah satu penyusun program komputer Harvard Mark I. Perempuan yang pernah ditolak saat hendak masuk ke Vassar College ini, juga merupakan pelopor terciptanya bahasa pemrograman paling awal, COBOL (Common Business Oriented Language). Bahasa COBOL ini berfungsi untuk menyelesaikan sistem pengelolaan keuangan, laporan pengeluaran perusahaan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan perdagangan.

Sebelum keberhasilannya dengan COBOL, Hopper sudah sukses terlebih dahulu merilis beberapa bahasa pemrograman yang berbaris kompilator pertama, seperti MATH-MATIC dan FLOW-MATIC. Ini dikerjakan Hopper pada tahun 1954, lima tahun setelah bergabung dengan Eckert-Mauchly Computer Corporation.

Tidak hanya dalam masalah keilmuan. Jiwa Grace Hopper tumbuh dengan kecintaan besar terhadap negara. Ia masuk sebagai sukarelawan dalam Perang Dunia II pada 1943. Meskipun berat badannya tak memenuhi standard saat itu, Hopper tetap pantang menyerah. Prestasinya yang mengesankan sepanjang karier di Angkatan Laut membuat AL Amerika Serikat menamai kapal penghancur mereka, sesuai namanya: USS Hopper (DDG-70).

Nama belakang Hopper sendiri didapatkan grace kala menikah dengan Vincent Foster Hopper, seorang profesor Universitas New York. Hubungan mereka bertahan selama 15 tahun sebelum berpisah pada 1945. Grace Hopper meninggal pada 1982. Sepanjang hidup, ia memperoleh sekitar 40 gelar kehormatan dari berbagai universitas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar