Google+ Followers

Kamis, 19 Desember 2013

10 Tokoh Paling Dicari 2013

Ada sepuluh tokoh yang paling banyak dicari di Yahoo Search tahun 2013.
Lima dari 10 nama ini muncul terkait kasus korupsi, seperti Angelina Sondakh yang dihukum 12 tahun penjara. Airin Rachmi Diany dan Ratu Atut Chosiyah, menarik perhatian karena kaitan mereka dengan tersangka kasus penyuapan, TB Chaeri Wardana -- adik Ratu Atut dan suami Airin.

Kasus korupsi juga menyoroti mereka yang sebelumnya tidak dikenal publik, seperti nama Bunda Putri yang muncul dalam persidangan Luthfi Hasan. Atau, Vitalia Sesha yang menerima barang mewah dari tersangka korupsi Ahmad Fathanah.

Adapun dua perempuan lain banyak dicari karena skandal yang berbeda. Wanda Hamidah karena kasus narkoba dan Vica Natalia karena kasus perselingkuhan.

Hanya dua laki-laki yang masuk dalam daftar ini, dan keduanya bukan masuk daftar karena skandal, atau karena tersangkut kasus korupsi. Dua pria ini justru populer karena aksinya dalam memimpin dan mengatur Jakarta.

10. Airin Rachmi Diany
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Airin-Rachmi-Diany-aaaa.jpg
Airin Rachmi Diany yang merupakan Walikota Kota Tangerang Selatan ini juga menjadi sorotan pemberitaan di tahun 2013. Selain posisinya sebagai Walikota, mantan mojang Jawa Barat ini juga berstatus istri TB Chaeri Wardana, tersangka kasus penyuapan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar dalam Kasus Pilkada Lebak, Banten.

Selain itu, pejabat kelahiran Banjar, 28 Agustus 1976, ini juga dikaitkan dengan kasus pengadaan alat kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangerang Selatan untuk tahun anggaran 2010-2012. Saat ini, kasus yang masih dalam tahap penyelidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu, ditengarai melibatkan suaminya.

Airin sudah dipanggil KPK untuk diperiksa. Namun, Walikota dengan kekayaan lebih dari Rp100 miliar itu mangkir. Dengan begitu, KPK menjadwal ulang pemanggilan ibu dua anak tersebut untuk diperiksa terkait dengan kasus dugaan korupsi.

9. Vica Natalia 
http://www.siaga.co/files/2013/11/Hakim-Vica-Natalia-yang-divonis-selingkuh-mo-ist.jpg
Pada November 2013, masyarakat dihebohkan dengan mencuatnya kasus perselingkuhan yang dilakukan oleh seorang Hakim Pengadilan Negeri Jombang, Vica Natalia. Akibat perselingkuhannya itu, hakim yang pernah menjadi pramugari itu diberhentikan secara tidak hormat oleh Majelis Kehormatan Hakim (MKH) karena dianggap melanggar kode etik hakim.

Kasus perselingkuhan yang dilakukan hakim cantik tersebut mencuat setelah suaminya, Hisar Siringoringo, melapor ke PN Jombang pada bulan Juli 2013 karena menduga Vica berselingkuh dengan laki-laki lain.

Hisar secara diam-diam mengambil memory card dari BlackBerry istrinya. Semua file yang ada disimpan di laptop Hisar. Di situlah Hisar menemukan sejumlah bukti perselingkuhan Vica dengan sekitar tujuh laki-laki yang berbeda.

Kini, Vica resmi bercerai dengan suaminya, Hisar. Bahkan hak asuh terhadap anaknya pun dicabut.

8. Ratu Atut Chosiyah 
http://media.viva.co.id/thumbs2/2011/02/24/105670_ratu-atut-chosiyah_663_382.jpg
Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah juga menjadi sosok yang banyak diperbincangkan masyarakat. Wanita yang sudah dua periode memimpin Banten itu dinilai melanggengkan dinasti politik di Banten dengan kekuasaan yang ia miliki.

Politik Dinasti Atut mulai ramai diberitakan pascamencuatnya kasus dugaan penyuapan mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar yang menyeret TB. Chaeri Wardana alias Wawan, adik kandung Atut.

Wawan menjadi tersangka. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pertama kali memeriksa Atut sebagai saksi dalam kasus tersebut pada 11 Oktober 2013.

Penyelidikan terhadap Atut terus berkembang. Tak hanya kasus Wawan, tetapi juga dugaan penyimpangan dalam penyaluran dana hibah dan bantuan sosial 2011-2012 di Provinsi Banten. Selain itu, Atut juga mulai diperiksa oleh KPK terkait penyelidikan pengadaan alat kesehatan di Banten tahun anggaran 2010-2012.

7. Vitalia Sesha
http://cdn.presiden2014.com/news/wp-content/uploads/2013/09/vitalia-sesha-130510c.jpg
Sosok Vitalia Sesha mendadak menjadi buah bibir di kalangan masyarakat. Gadis yang bekerja sebagai model tersebut terseret dalam pusaran kasus korupsi impor daging sapi.

Model seksi ini diketahui pernah menerima uang Rp 100 juta dari Ahmad Fathanah, tersangka korupsi kasus impor sapi. Selain itu, ia juga menerima beberapa barang mewah: mobil Honda Jazz, jam tangan mewah merek Chopard senilai Rp 70 juta, dan emas seharga Rp 100 juta.

Sontak, kehadiran sosok gadis berkulit putih tersebut menambah riuh alur kasus korupsi yang melibatkan petinggi PKS tersebut. Hingga kini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih menyatakan status wanita berkulit putih tersebut sebagai saksi.
 
6. Susan Jasmine Zulkifli 
http://assets.kompas.com/data/photo/2013/08/28/0758289Lurah-LA780x390.jpg
Lurah Lenteng Agung, Susan Jasmine Zulkifli mungkin menjadi satu-satunya Lurah yang banyak menyedot pemberitaan nasional pada tahun 2013 ini. Pasalnya, Lurah Lenteng Agung hasil lelang jabatan yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta itu mendapat banyak penolakan dari warganya.

Wanita kelahiran Jakarta, 3 April 1970 tersebut mendapat penolakan karena memeluk agama yang berbeda dari mayoritas warga Lenteng Agung. Perbedaan itu pun memicu keributan warga. Warga menganggap Susan tidak akan didukung penuh karena ia tak memiliki ikatan batin dengan warga Lenteng Agung.

Polemik tentang Lurah Susan yang terjadi sepanjang Oktober 2013 ini pun semakin memanas ketika Menteri Dalam negeri Gawaman Fauzi meminta Pemprov DKI Jakarta meninjau ulang penempatan Lurah Susan. Gamawan bahkan menyarankan agar Susan dipindahkan karena penolakan dari warga yang dikhawatirkan bisa mengganggu kinerjanya.

Namun, usulan Mendagri tersebut ditolak oleh Pemprov DKI Jakarta. Gubernur DKI Joko Widodo beralasan, penempatan Lurah Susan sudah sesuai prosedur. Karena itu, dia tidak akan memindahkannya, namun ikut “turun tangan” menyelesaikan kasusnya dengan menemui warga.

5. Basuki Tjahaja Purnama 
http://www.interns-vote.net/wp-content/uploads/2012/10/Basuki-Tjahaja-Purnama.jpg
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok juga menjadi tokoh yang banyak diperbincangkan pada tahun 2013 ini karena kerap mengeluarkan pernyataan kontroversial. Banyak telinga memerah akibatnya.

Salah satu yang menyedot perhatian publik adalah saat mantan Bupati Belitung Timur itu bersitegang dengan komisioner Komnas HAM pada bulan Mei 2013. Perselisihan tersebut dipicu oleh penggusuran warga yang mendiami bantaran waduk Pluit oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Merasa hak-haknya dilanggar oleh Pemprov DKI Jakarta, warga korban penggusuran pun mengadukan nasibnya ke Komnas HAM. Menanggapi aduan warga waduk Pluit, Komnas HAM pun melayangkan panggilan kepada Gubernur DKI Jakarta untuk mengklarifikasi penggusuran tersebut. Namun tak digubris.

Selain itu, Ahok juga perang pernyataan dengan Abraham Lunggana, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta sekitar Juli 2013, terkait dengan penataan pedagang kaki lima di Tanah Abang. Dia sempat didemo, namun mantan anggota DPR dari Partai Golkar yang menyeberang ke Gerindra itu tetap teguh dengan sikapnya.

4. Wanda Hamidah
http://static.republika.co.id/uploads/images/detailnews/wanda-hamidah-a-member-of-local-parliament-gets-caught-_130127222307-515.jpg
Nama Wanda Hamidah mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Selain berprofesi sebagai artis, Wanda juga merupakan politisi yang saat ini menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta.

Nama Wanda Hamidah menjadi pembicaraan publik pada awal 2013. Pasalnya, mantan model tersebut kedapatan sebagai salah satu yang diamankan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) saat melakukan penggerebekan di kediaman Raffi Ahmad di Lebak Bulus pada 27 Januari 2013.

Wanda akhirnya dilepaskan. Alasannya, menurut hasil pemeriksaan, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu negatif menggunakan narkotika dan obat-obatan.

Selain itu, kedekatannya dengan Raffi Ahmad pun juga menjadi perbincangan. Banyak yang menduga keintimannya dengan mantan kekasih Yuni Shara itu bukan hubungan biasa. Apalagi, banyak foto-foto mesra Wanda bersama Raffi yang beredar di dunia maya.

3. Angelina Sondakh 
http://static6.com/201301/angelina-sondakh-twitter-130111b.jpg
Terpidana korupsi Angelina Sondakh menjadi salah satu tokoh yang mencuat pada tahun 2013 ini. Pasalnya, janda mendiang Adjie Massaid itu diputuskan bersalah melakukan pengaturan anggaran di Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta Kementerian Pendidikan.

Pada 10 Januari 2013, mantan Puteri Indonesia itu divonis 4,5 tahun penjara dan denda Rp 250 juta  karena dinilai aktif meminta dan menerima uang terkait proyek di dia kementerian tersebut. Namun, pada tingkat kasasi, 20 November 2013, hakim Mahkamah Agung yang dipimpin Artidjo Alkostar memperberat hukuman mantan anggota DPR dari Partai Demokrat itu.

Hukuman wanita bernama lengkap Angelina Patricia Pingkan Sondakh itu diperberat vonisnya menjadi 12 Tahun penjara dan denda Rp 500 juta, subsider 8 bulan penjara.

Sebelumnya, pada 2011, Angie –Angelina biasa disapa- juga sempat meghebohkan lantaran hubungannya dengan penyidik KPK, Brotoseno. Ibu Keanu Jabaar Massaid itu kini mendekam di Rumah Tahanan Pondok Bambu, Jakarta Timur.

2. Bunda Putri 
http://cdn.klimg.com/merdeka.com/resized/670x670/i/w/news/2013/10/24/268053/996x498/foto-dengan-bunda-putri-siapa-bohong-siapa-jujur.jpg
Wanita yang mengaku Bunda Putri. (Tempo) Dunia politik di tahun 2013 ini diwarnai dengan banyaknya kemunculan sosok misterius. Salah satunya Bunda Putri yang disebut dekat dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan diduga mempengaruhi pengambilan kebijakan.

Nama Bunda Putri muncul pertama kali dalam rekaman hasil sadapan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dimunculkan saat sidang korupsi, Kamis, 29 Agustus 2013. Nama Bunda Putri beberapa kali tercuat di rekaman pembicaraan antara mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaaq dan Ridwan Hakim, putra Hilmi Aminuddin, Ketua Dewan Syuro PKS.

Awalnya, Bunda Putri dikabarkan bernama Non Saputri, seorang pengusaha asal Cilimus, Kuningan yang juga istri seorang pejabat di Kementerian Pertanian. Seiring berjalannya waktu, banyak tokoh yang mengungkapkan bahwa sosok Bunda Putri tak lain adalah Sylvia Soleha atau yang biasa disapa Bu Pur, yang kenal baik dengan Keluarga Presiden SBY.

Hingga saat ini, sosok dan peran Bunda Putri masih misterius. Tidak ada seorang pun yang tahu kebenaran dari sosok yang dikabarkan dekat dengan Presiden dan bisa mempengaruhi kebijakan-kebijakan tersebut.

1. Joko Widodo
http://statik.tempo.co/data/2012/09/14/id_139866/139866_620.jpg
Saat ini rasanya tidak ada orang yang tidak mengenal sosok Joko Widodo, Gubernur DKI Jakarta. Pria kelahiran 21 Juni 1961 itu mulai mencuat namanya ketika menjabat sebagai Walikota Solo selama dua periode: dua periode: 2005-2010 dan 2010-2015. Walaupun periode terakhir itu hanya diisi selama dua tahun karena Jokowi pindah ke Jakarta.
Sepanjang tahun 2013, sosok Jokowi selalu menjadi pemberitaan media. Bahkan, banyak lembaga survei yang menggadang suami dari Iriana ini sebagai calon presiden yang diunggulkan pada pemilihan umum 2014.

Salah satu peristiwa yang banyak menyedot perhatian publik di tahun 2013 adalah saat Jokowi berselisih faham dengan Menteri Perindustrian MS Hidayat pada September terkait Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41 Tahun 2013 tentang regulasi kebijakan mobil murah dan ramah lingkungan. Jokowi menolak kebijakan yang dinilai bakal menyumbang kemacetan itu.

Selain itu, Jokowi juga membuat gebrakan di ibu kota ini. Menaikkan upah minimum provinsi (UMP) DKI, dari Rp 1,5 per bulan menjadi Rp 2,2 juta, lelang jabatan lurah dan camat, serta gaya kepemimpinan blusukan, yang kemudian ditiru sejumlah pejabat publik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar