Google+ Followers

Selasa, 03 Desember 2013

Film-film Ini Saling Mencontek

Pernah menonton dua adegan dalam dua film berbeda namun terasa sangat mirip baik dari tema maupun dialognya? Yup dalam perfilman Hollywood sekali pun aksi contek mencontek tetap ada. Sejarah perfilman Hollywood dari era klasik sampai modern membuktikan bahwa sineas Hollywood tak jarang merilis dua film bertema mirip dalam jangka waktu berdekatan.
Beberapa film yang ada dalam daftar ini sengaja disusun berdasarkan tingkatan kemiripan satu dengan yang lainnya. Simak daftarnya dibawah ini:

1. Dongeng Putri Salju
http://pacejmiller.com/wp-content/uploads/2012/06/mirror-mirror-poster.jpg
Mirror Mirror dan Snow White and The Hunstmen
Pada kedua film ini, dongeng putri salju digarap ulang dengan pendekatan modern dan juga sedikit twist di dalamnya. Temanya apik, namun satu cerita Putri Salju sudah lebih dari cukup untuk para penonton. Mirror Mirror punya visualisasi ceria seperti dalam dongeng, sedangkan The Huntsmen digarap dengan lebih kelam dan dewasa. Yang kedua memang lebih unggul dari sisi penjualan tiket namun pada kenyataannya tak disambut baik oleh kritikus.

2. Pertarungan antar pesulap
http://media2.policymic.com/679de07c80beb7b07a61145cc4340e7d.jpg
The Illusionist dan The Prestige
Tema yang diangkat dalam kedua film ini adalah persaingan antara dua pesulap abad ke-19 yang menjadi rival satu dengan yang lain. Keduanya digarap dengan nuansa yang berbeda sehingga penonton tak perlu merasa sia-sia menonton keduanya toh keduanya menghadirkan jajaran pemain nomor wahid sehingga keduanya pun masuk nominasi dalam ajang penghargaan perfilman. Soal perolehan penjualan tiket, sudah pasti pertarungan Hugh Jackman dan Christian Bale dalam The Prestige lebih sukses.

3. Kisah polisi mal
http://cdn.rsvlts.com/wp-content/uploads/2013/04/Observe-and-Report-Paul-Blart-Mall-Cop-2009-630x467.jpg 
Paul Blart: Mall Cop dan Observe and Report
Dua-duanya bercerita tentang seorang pria pecundang yang bekerja sebagai polisi mall dan akhirnya jatuh cinta kepada salah satu gadis penjaga toko yang ada di mall tersebut. Dan akhirnya sebuah kesempatan untuk memberantas kejahatan menjadi momen yang tepat untuk membuktikan diri bahwa mereka bukan sepenuhnya pecundang.
Sebuah tema yang terlalu mirip untuk dua film yang dirilis dalam jeda waktu tak sampai sebulan. Paul Blart Mall Cop akhirnya menang sebagai film dengan lebih banyak pendapatan meski di mata kritikus film ini lebih banyak menuai cacian.

4. Misi ke Mars
http://cdn.rsvlts.com/wp-content/uploads/2013/04/Red-Planet-Mission-to-Mars-2000-630x431.jpg 
Mission to Mars dan Red Planet
Di masa depan, manusia akhirnya berhasil melakukan ekspedisi luar angkasa ke planet Mars. Sayang ekspedisi tak berjalan mulus. Para astronot yang tergabung dalam misi tersebut harus berjuang untuk bisa hidup. Terlepas dari temanya yang menarik, entah mengapa kedua film ini tak sukses di pasaran. Bahkan untuk kasus red planet, sang sutradaranya hingga saat ini tak pernah ada yang menawari untuk menggarap film.

5. Musibah gunung meletus
http://moviedweeb.files.wordpress.com/2013/04/dantes-peak-volcano.jpg
Dante’s Peak dan Volcano
Sang jagoan utama harus berpacu dengan gunung meletus untuk menyelamatkan sebanyak mungkin warga ke tempat yang lebih aman. Itulah benang merah cerita yang ada dalam kedua film di atas. Nama besar Pierce Brosnan (Dante’s Peak) dan juga Tommy Lee Jones (Volcano) tak bisa mengatrol kedua filmnya dari flop di pasaran.

6. Musibah meteor
http://4.bp.blogspot.com/-DIY6BDBc0K8/UXnU69BBu3I/AAAAAAAAIpM/6mxwAm_MkLM/s1600/DI+vs+ARM+1.jpg 
Deep Impact dan Armageddon
Keduanya menyajikan ketegangan yang dihadapi manusia saat tahu ada benda luar angkasa yang sangat besar sedang menuju ke bumi dan berpotensi menabrak bumi dan membumihanguskan seluruh peradaban di bumi. Meski temanya mirip, Bruce Willis dalam Armagedddon berhasil menyelamatkan bumi dengan mengorbankan diri sedangkan Robert Duvall dalam Deep Impact tak bisa mencegah tabrakan keras tersebut.

7. Petualangan seksual
http://por-img.cimcontent.net/api/assets/bin-201311/935b7b9acbd3a747ae7fa683d1b63e39.jpg 
No String Attached dan Friends with Benefit
Paduan pemain muda yang tenar dan juga tema hubungan seksual di antara pasangan muda menjadi magnet utama kedua film ini. Baik Justin Timberlake dan Mila Kunis (Friends With Benefit) serta Ashton Kutcher dan Natalie Portman tampil mengesankan sebagai pasangan muda. Tapi harus diakui bahwa akting Justin Mila yang lebih panas berhasil mencuri perhatian lebih banyak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar