Google+ Followers

Sabtu, 21 Desember 2013

10 Film Iran Paling Mengharukan

Terletak di kawasan Asia Barat dan dianggap masih terpaku dengan peraturan agama yang ada, bukan berarti para sineas Iran kehilangan kreatifitas mereka. Bahkan sudah kerap kali film-film karya sineas Iran mampu berbicara banyak di kancah festival internasional.
Dari banyaknya film Iran yang dirilis itu, kebanyakan menyuguhkan kisah kehidupan modern Islami. Dilansir screenjunkies.com, beriku 10 di antaranya yang dianggap paling terbaik.

1. BARAN
http://kuilaksaraku.files.wordpress.com/2010/02/baran-poster.jpg
BARAN dianggap sebaai salah satu film Iran terindah yang pernah dibuat sepanjang sejarah perfilman di sana. Menceritakan soal kisah cinta seorang pekerja konstruksi muda asal Iran dengan buruh migran dari Afghanistan. Film ini sudah meraih berbagai penghargaan internasional. Dirilis pada tahun 2001, film ini dibintangi oleh Hossein Abedini, Zahra Bahrami dan Mohammad Amir Naji.

2. THE BLUE VEILED
http://www.onlinefilmhome.dk/images/ROOSARY_ABI1.jpg
THE BLUE VEILED adalah film romantis keluarga yang dirilis pada tahun 1995 silam. Film ini berkisah mengenai janda pemilik perkebunan tomat dan seorang perempuan yang bekerja dengannya. Film pemenang penghargaan ini diarahkan oleh Rakhshan Bani-E'temad, seorang sutradara wanita Iran sekaligus penulis naskah berbakat.

3. BORN UNDER LIBRA
http://www.firouzanfilms.com/images/TheFirouzanFifty/BornUnderLibra/BornUnderLibra_DVD.jpg
Ini adalah sebuah drama politis yang dirilis di tahun 2001 silam. Film ini menjadi bahan pembicaraan media di Iran setelah sutradara BORN UNDER LIBRA diculik dan dibiarkan tewas di gurun pasir. Film ini menggambarkan kerusuhan di kalangan generasi muda dan kekacauan politik di Iran. Dibintangi oleh Mohammad Reza Forutan, Mitra Hajjar dan Mahmud Azizi, film ini meraih award di Fajr Film Festival.

4. THE HIDDEN HALF
http://sandrellita.files.wordpress.com/2011/03/thehiddenhalf_dvd.jpg
THE HIDDEN HALF adalah film Iran lainnya yang berbicara soal drama politik. Film ini berkisah mengenai seorang pria yang harus menemukan informasi dari tahanan politik wanita yang sedang menunggu waktu eksekusi. Pemenang berbagai award film internasional ini dirilis pada tahun 2001 dengan dibintangi oleh Niki Karimi, Mohammad Nikbin dan Atila Pesiani.

5. KANDAHAR
http://www.avatarfilms.com/images/kandahar/kandaharpic.jpg
Film yang dirilis pada tahun 2001 ini memiliki genre drama keluarga. Dan berkisah mengenai jurnalis Afghanistan kelahiran Kanada yang melakukan perjalanan ke Afghanistan untuk mencari saudari perempuannya. Film yang juga meraih banyak award bergengsi ini dibintangi oleh Nelofer Pazira, Hassan Tantai dan Ike Ogut.


6. THE MIRROR
http://tamashafilm.persiangig.com/image/ayeneh-poster.jpg
THE MIRROR adalah sebuah film drama keluarga yang dirilis pada tahun 1997 dan berkisah mengenai seorang gadis yang menunggu ibunya untuk menjemput dia di sekolah. Saat sang ibu tak kunjung datang, gadis kecil ini memutuskan untuk mencari rumahnya sendiri. Film cantik pemenang banyak award internasional dan nasional ini dibintangi oleh Mina Mohammad Khani, Kazem Mojdehi dan Naser Omuni.

7. SMELL OF CAMPHOR, FRAGRANCE OF JASMINE
http://www.newyorkerfilms.com/administrator/movie_posters/1312226192SmellCamphorPoster.jpg
Film yang dirilis pada tahun 2000 ini berkisah mengenai seorang sutradara film yang tidak membuat film selama hampir 25 tahun lamanya. Sehingga film ini berkisah mengenai pencariannya akan kehidupan, seni dan politik. Film pemenang tiga ajang award film internasional bergengsi ini memang seperti berupa dokumenter namun tentunya menjadi salah satu film Iran wajib tonton

8. THROUGH SUNGLASSES
http://ecx.images-amazon.com/images/I/41UonqrfkkL.jpg
Ini adalah sebuah film komedi Iran yang begitu membuat hatimu berbunga-bunga. Dirilis pada tahun 2000, film ini berfokus pada dunia wanita dan dunia pria. Di mana masing-masing jenis kelamin itu memang cenderung untuk melihat lawan jenis. Film ini dibintangi oleh Iraj Tahmasb, Pantea Bahrami dan Azizolah Honaramouz.

9. A TIME FOR DRUNKEN HORSES
http://mosireen.org/wp-content/uploads/2012/07/TimeDrunkenHorses_dvd1.jpg
Film ini meraih posisi award teratas dari 10 ajang penghargaan film internasional berbeda. Film rilisan tahun 2000 ini berkisah mengenai perang saudara yang mengikuti kehidupan nyata serta perjuangan dari suku Kurdi di Iran yang ada di perbatasan Irak. Ayoub Ahmadi, Rojin Younessi dan Amaneh Ekhtiardini membintangi film ini.

10. THE WIND WILL CARRY US
http://meysamabedini.persiangig.com/image/bad.jpg
Film Iran ini dirilis pada tahun 1999. Kisah film ini mengenai sekelompok profesional media yang melakukan perjalanan ke perkampungan kecil di bagian utara Kurdistan, di mana nasib seorang pria yang sekarat menjadi perhatian mereka. Film dengan sinematografi indah ini meraih banyak penghargaan dan dibintangi oleh Behzad Dorani, Noghre Asadi dan Roushan Karam Elmi.

1 komentar: