Rabu, 18 Desember 2013

10 Cover Album Ini Terburuk di Tahun 2013

Artwork album atau sampul album adalah hal yang paling riskan dalam produksi sebuah musik. Salah menampilkan album yang baik dan menarik justru akan membuat album tersebut berakhir di gudang toko kaset.
Hal itu pun menimpa beberapa musisi yang masuk daftar cover album terburuk sepanjang tahun 2013 ini. Beberapa di antaranya adalah nama besar seperti Eric Clapton dan Yeah Yeah Yeahs, yang blunder dalam membuat cover album. Padahal materi musik mereka cukup berkualitas untuk didengarkan. Cover apa saja yang dimaksud mari kita simak dibawah ini

1. Eric Clapton - Old Sock
http://music-news.redigi.com/wp-content/uploads/2013/04/1363314843_eric-clapton-old-sock-2013.jpg
Dari deretan album terbaik Eric Clapton, ini mungkin salah satu cover album yang kurang oke. Nama besar dan musikalitas tingkat tinggi dari Eric harus tersisih karena terbungkus dengan cover album bak turis yang sedang mengunjungi Lombok.

2. Catholic Spray - Earth Slime
http://www.bornbadrecords.net/wp-content/uploads/2013/01/1005044095-11.jpg
Pemandangan wanita dengan 3 payudara tanpa menggunakan bra cukup mengganggu. Terutama bagi para wanita yang merasa terlecehkan dengan gambar tersebut. Namun, Catholic Spray sepertinya tidak sampai jauh untuk memikirkan itu.

3. Jason Derulo - Tattoos
http://factmag-images.s3.amazonaws.com/wp-content/uploads/2013/10/jason-derulo-tattoos-fact-review-10.28.2013.jpg
Dalam album ketiganya ini, Jason Derulo mengajak musisi R&B dan Hip Hop ternama, seperti 2 Chainz, Jordin Sparks, The Game dan Pitbull. Namun, jika melihat cover album yang seperti ini, nama-nama tersebut menjadi ciut. Gambar tatto sebagai tema album terlihat norak, dan sorry to say, lebih seperti tatto hadiah dari snack.
4. Diplo - Revolution
http://cdn.hiphopdx.com/images/diplo-revolution-ep-612x612.jpg
DJ, rapper, produser dan penulis lagu Diplo kali ini harus mengerutkan dahi. Pasalnya, cover mini album yang ia pakai dicap sebagai yang terburuk tahun ini oleh media Billboard. Bukan tanpa alasan, gambar wanita handstand menggunakan bikini, kemudian bersatu menjadi sekepalan tangan jauh lebih buruk dari twerking milik Miley Cyrus.

5. Disaster - Blasphemy Attack
http://www.metal-archives.com/images/3/7/1/2/371202.jpg?5226
Untuk ukuran band metal, judul Blasphemy Attack mungkin akan terdengar gahar. Namun jika melihat album cover seperti ini, sepertinya lebih cocok untuk menjadi cover untuk kaset video game Sega.

6. Jello Biafra - White People and the Damage Done
http://thedwarf.com.au/img/20130605-1810-0-white-people-and-the-damage-done.jpg
Nama Jello Biafra sangat diagungkan di ranah Punk Amerika, bahkan dunia. Namanya juga musisi punk, tentu akan frontal dan apa adanya dalam menyampaikan pesan. Nah, kritik Jello kali ini berkaitan dengan judul albumnya yang berjudul WHITE PEOPLE THE DAMAGE DONE, atau orang kulit putih dan kerusakkan yang diperbuatnya. Ia menampilkan seorang bayi Amerika yang nampak seperti anak iblis.

7. Tyga - Hotel California
http://i.imgur.com/I1ZAVoL.jpg
Tyga merupakan rapper yang konsisten. Ia konsisten membuat cover album yang kurang berkualitas. Hal itu terbukti dari album keempatnya ini, rapper ini harusnya menyeleksi seorang desainer yang mahir menggunakan photoshop. Jika tidak ada, setidaknya Tyga harus berani berfoto dengan harimau sungguhan di taman safari. Tak hanya itu, untuk cuaca summer time, kenapa Tyga menggunakan pakaian yang lebih cocok dipakai di kutub? Entahlah.

8. Yeah Yeah Yeahs - Mosquito
http://cdn2.pitchfork.com/news/49692/1acfde93.jpg
Nama Yeah Yeah Yeahs adalah panutan bagi anak muda masa kini. Namun, sayang untuk album keempat ini, mereka sepertinya mengalami krisis artwork artist. Seperti yang terlihat, untuk band 'urakan' seperti Yeah Yeah Yeahs, cover seperti ini membuatnya lebih cocok untuk masuk salah satu film disney.
Padahal, cover album Yeah YeahYeah sebelumnya, IT'S BLITZ, mendapatkan pujian dari kritikus musik, hingga masuk daftar salah satu cover album terbaik.

9. Voivod - Target Earth
http://www.metalsucks.net/wp-content/uploads/2012/10/Voivod-Target-Earth.jpeg
Untuk band metal yang cukup dikenal di Canada dan Amerika, Voivod cukup tidak serius menggarap cover album mereka. Voivod menampilkan gambar alien sedang menggenggam senjata, yang mungkin saja lebih cocok seperti hasil gambar anak keciil.

10. Wasnatch - Front To Back
http://images.cdbaby.name/w/a/wasnatch_large.jpg
Ketika mengetik Wasnatch di google, jangan harap akan menemukan artikel wikipedia ataupun review dari media ternama. Pasalnya, band antah berantah ini memang tak banyak dikenal. Meski begitu, cover album mereka ini lumayan mendapat perbincangan, hingga Billboard memasukkannya dalam daftar sampul album terburuk tahun 2013.
Kabarnya, gambar kontroversial sekaligus mengganggu itu diambil dari film porno Jerman tahun 70-an. Kami sempat tak habis pikir, kenapa gambar ini bisa menjadi sampul musik.

2 komentar: