Google+ Followers

Selasa, 17 Desember 2013

10 Kondisi Medis Teraneh Yang Tak Kamu Tahu

Setiap orang pasti ingin memiliki kondisi tubuh yang normal. Beruntung jika kamu memang terlahir normal dan baik-baik saja. Namun tahukah kamu kalau di dunia ini ada orang-orang yang terlahir kurang beruntung dan aneh?
Ya, bahkan kondisi medis dalam tubuh mereka bisa dibilang benar-benar aneh karena mungkin kamu tak pernah mendengarnya! Seperti apa sih? Berikut dibawah ini yang harus kamu tahu!

1. Semua Rambut Rontok
http://drerikson.files.wordpress.com/2011/10/alopecia-areata-before.jpg
Ini adalah penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang folikel rambut di kepala sehingga rambut rontok parah. Nama penyakit ini adalah Alopecia Areata (AA). Ada dua jenisnya, yang pertama adalah hilangnya seluruh rambut di kulit kepala dan yang kedua yang terlangka adalah menyerang semua folikel rambut di tubuh mulai rambut kepala, alis, rambut kaki, bulu mata dan sebagainya. Gejala awal yang dialami adalah gatal dan kulit sensitif pada awalnya.

2. Otak Terlalu Besar
http://www.healthofchildren.com/images/gech_0001_0001_0_img0056.jpg
Chiari Malformation adalah nama penyakit bagi mereka yang memiliki bentuk otak terlalu besar daripada tengkorak mereka. Jaringan otak mereka, biasanya bagian otak kecil akan mendorong bagian tulang belakang. Penyakit langka ini diduga hanya dialami 1% penduduk Amerika Serikat. Ada empat tipe menyakit ini dengan tipe ke-IV yang terparah.
Karena tipe IV bisa menyebabkan masalah syaraf yang paling langka dan terparah serta berakibat super fatal. Gejala awalnya seperti sakit kepala berlebihan. Untuk mengobatinya diperlukan bedah tengkorak.

3. Penyakit Manusia Batu
http://3.bp.blogspot.com/-SsT46I-l1Cs/UlaA3xtffQI/AAAAAAAAAd8/DpV72XbZXeA/s1600/52544357a3f67_52544357a4f00.jpg
Secara medis penyakit ini dikenal dengan nama Fibrodysplasia Ossificans Progressiva (FOP) dan termasuk salah satu kondisi terlangka sekaligus penyakit genetik paling melumpuhkan. Seramnya, jaringan-jaringan tulang mulai tumbuh di tempat-tempat di mana otot ada dan jaringan ikat yang akhirnya membatasi gerakan seseorang.
Penderita FOP akan tumbuh dengan kerangka baru seperti patung hidup namun organ vital di bagian dalam masih tetap. Hanya 800 orang yang dikonfirmasi menderita penyakit ini dan tak ada obat atau pereda nyeri untuk FOP.

4. Otot Mendadak Kaku
http://2.bp.blogspot.com/-4BjlBKtV0e8/UgUhzj7BEYI/AAAAAAAAAKY/1Y93UP-uWOE/s1600/faintinggoat.jpg
Pernahkah kamu mendengar mengenai kasus kambing pingsan? Jika kamu pikir itu lucu, namun rupanya kondisi demikian bisa terjadi pada manusia. Nama penyakit itu adalah Myotonia Congenita di mana sangat mempengaruhi aliran ion klorida yang bertanggung jawab untuk membiarkan otot tahu kapan harus berkonraksi dan melepaskan.
Penderita penyakit ini bisa mengalami kekakuan otot tiba-tiba mulai dari otot kaki, lengan, rahang sampai diafragma. Seramnya penyakit ini belum memiliki obat pencegah. Bayangkan saja jika otot diafragma tiba-tiba mengeras tanpa sebab.

5. Lidah Bergambar
http://daypic.ru/pars/20130822/20130822_2326/3.jpg
Sekitar 2-3% dari populasi manusia di dunia ini memiliki berntuk permukaan lidah berpola. Sebetulnya itu dikarenakan ada bagian lidah yang hilang yakni papila. Kondisi medis ini tidak berbahaya dan hampir muncul tanpa gejala. Di mana mereka penderita penyakit ini tiba-tiba merasakan hilangnya sensitivitas pada rasa pedas.

6. Hilang Rasa Sakit
http://i0.wp.com/listverse.com/wp-content/uploads/2013/08/hammer-thumb-injury-e1376511442213.jpg?resize=632,474
Penyakit ini bisa dibilang sangat langka karena hanya 1 persejuta orang dan merupakan penyakit tururnan. Mereka penderita penyakit ini adalah kehilangan sensasi rasa nyeri atau suhu lingkungan pada syaraf tubuh. Jika kamu pikir bisa memiliki tubuh yang tak pernah merasa nyeri bahkan jika dipotong dengan pisau, maka kamu salah besar.
Penderita penyakit ini memang tak sedikitpun merasakan sensasi nyeri. Namun sermanya adalah saking tidak bisa merasakan, dia tak tahu jika tubuhnya mengeluarkan banyak darah yang bisa membahayakan jiwanya.

7. Sindrom Benjamin Button
http://hypescience.com/wp-content/uploads/2013/08/913.jpg
Pernahkah kamu menonton film THE CURSE OF BENJAMIN BUTTON? Film tersebut mengangkat penyakit ini di mana seseorang terlihat jauh lebih tua secara fisik di luar usia normal. Diduga penyakit ini karena mutasi gen yang ditandai dengan hilangnya jaringan lemak sampai melibatkan kerutan di kulit. Sejauh ini hanya ada 200 kasus yang dilaporkan di seluruh dunia dan sebagian besar perempuan. Sejauh ini tak ada obatnya kecuali operasi face-lift dan suntikan kolagen yang meskipun akhirnya gagal.

8. Tak Ada Kuku
http://pics.hpathy.com/traub-nov07-nail-patella-syndrome.jpg
Pernahkah kamu menatap jemari tanganmu dan berpikir bagaimana kalau seandainya tak ada kuku-kuku di ujung jari? Nah, kondisi seperti itu adalah penyakit medis Nail-Patella Syndrome (NSP) yakni tidak punya kuku atau kuku tumbuh tak normal seperti terbelah dua bahkan tumbuh jauh dari lokasi kuku semula.
Gejala lain NSP adalah seperti kelainan tulang sampai membatasi gerakan dan paling ekstrim adalah deformasi atau tempurung lutut yang tidak lengkap sampai tidak ada. Satud ari 50 ribu populasi di dunia ini mengalami NSP dengan gejala beragam.

9. Kelainan Dinding Perut
http://pedsurg.ucsf.edu/media/2965116/gastroschisis-silo.gif
Pernahkah kamu membayangkan ada orang-orang yang terlahir dengan kondisi medis di mana bagian organ dalam tubuh justru menjulur keluar? Nah, itu adalah penyakit Gastrochisis. Memiliki nama kelainan dinding perut dan ini adalah kondisi cacat semenjak lahir, di mana saat pembentukan janin dinding perut tak bisa menutup seluruh organ dengan benar. Kini orang yang terlahir dengan kondisi Gastrochisis diduga kesempatan bertahan hidupnya mencapai 85-90% dengan resiko komplikasi saat dewasa.

10. Tak Kuat Sinar Matahari
http://1.bp.blogspot.com/-62TWjdYFbZM/TZKo9EFJTJI/AAAAAAAAADE/g3BBTTy8NvI/s1600/matahari.jpg
Mendengar penyakit ini mungkin kamu berpikir apakah ini penyakit yang dialami vampir atau drakula? Memang penyakit Xeroderma Pigmentosum (XP) adalah mereka yang memiliki kepekaan ekstrem terhadap cahaya ultraviolet sehingga penderita yang terlalu sering berjemur di bawah sinar matahari maka akan kulit wajah dan tubuh akan langsung terkena dampak seperti kering parah atau warnanya berubah.
Seramnya, penderita XP memiliki kemungkinan lebih besar mengalami kanker kulit. Hampir setengah anak-anak penderita XP mengalami kanker kulit saat masih berusia 10 tahun selain mata yang memerah, kabur dan iritasi. Diperkirakan hanya 1 dari 250 ribu orang di Eropa dan Amerika Serikat yang mengidapnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar