Kamis, 05 Desember 2013

10 Poster Ini Tanpa Sadar Bocorkan Ending Filmnya

Poster sebuah film bioskop dalam fungsinya sebagai alat promo utama seharusnya membuat rasa penasaran penonton makin bertambah dan memuncak saat dilihat. Dengan melihat poster filmnya, niscaya penonton makin tak sabar untuk menontonnya di bioskop. Dengan perannya yang vital dalam promo sebuah film, toh nyatanya desainer poster sebuah film tak jarang melakukan kesalahan fatal. Entah disengaja atau tidak, namun poster yang mereka garap malah membocorkan bagaimana kisah dalam film tersebut nantinya akan berakhir. Hal ini jelas membuat menonton tak lagi seru.  Berikut ini ada beberapa poster film yang sudah membocorkan akhir cerita kepada penonton.

1. RISE OF THE PLANET OF THE APES (2011) 
http://media.screened.com/uploads/0/4335/541213-rise_of_the_planet_of_the_apes_one_sheet.jpg
Dari judulnya saja sudah ketahuan bahwa pada akhirnya para kera yang akan mengambil alih dunia yang selama ini dikuasai oleh manusia. Kemenangan ada pada pihak kera. Okelah itu bisa dipahami.  Tapi apa perlu dalam posternya menggambarkan detil pemberontakan para kera tersebut? Tanpa melihat filmnya, penonton langsung tahu bahwa para kera akan merangsek ke jembatan San Francisco yang tenar tersebut.

2. FREE WILLY (1993) 
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/b/b5/Free_willy.jpg
FREE WILLY adalah sebuah film keluarga yang pastinya pas ditonton bersama anak-anak di kala liburan sekolah. Tapi bagi kamu penonton yang sudah dewasa, dari judul dan juga posternya sudah ketahuan bahwa akhirnya nanti Willy sang paus bisa dibebaskan dari penangkapan liar.  Penonton bisa langsung menebak akhir cerita dengan mudah. Tak ada yang perlu dilihat dari filmnya kalau begitu.

3. ENDER'S GAME (2013) 
http://www.apnatimepass.com/enders-game-movie-poster-1.jpg
Apa gunanya efek visual megah, kontroversi film yang menyertai, serta janji akan cerita yang menarik apabila poster satu ini mengungkap apa yang seharusnya terungkap di akhir cerita.  Sang tokoh utama, Enders dipastikan akan menghancurkan sebuah planet dan film akan berakhir.

4. TAKE SHELTER (2011) 
http://static4.thcdn.com/productimg/0/600/600/58/10568358-1326734284-369097.jpg
Film tentang bencana selalu menarik untuk diikuti. Pertama karena efek visualnya yang megah, dan kedua tak lain karena tema yang demikian selalu dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Efeknya lebih terasa pada penonton.  TAKE SHELTER sejatinya punya kisah yang terjalin apik akan tetapi penggarapan poster yang terkesan asal ini merusak semuanya.

5. STAR WARS EPISODE III - REVENGE OF THE SITH (2005) 
http://www.movieposter.com/posters/archive/main/28/MPW-14047
Sejak ATTACK OF THE CLONES, penonton bisa tahu bahwa tokoh Obi-Wan Kenobi dan Anakin Skywalker sering berselisih paham. Bahkan bisa dikatakan mereka benci satu dengan yang lain. Hanya saja tak pernah diketahui bahwa akhirnya mereka berdua bakal beradu pedang lightsaber dalam filmnya.  Lewat posternya kali ini, sang sutradara sudah membocorkan adegan yang punya potensi sebagai twist dalam filmnya tersebut.

6. PROMETHEUS 
http://cdn.mos.totalfilm.com/images/g/gorgeous-new-prometheus-poster-online-now-103157-470-75.jpg
Poster filmnya menampilkan para tokohnya sedang mendaki tebing dan di belakangnya ada pesawat alien meledak dengan hebatnya. Keren memang dan mengundang penasaran.  Hanya saja, pesawat tersebut adalah poin penting yang dari awal sengaja dirahasiakan dan nantinya ditampilkan di akhir-akhir film. Jadi, apa posternya memang disengaja mengumbar adegan penting dalam film?

7. ROCKY IV 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjlLm5r9mmN1VEt6isnHCcZ-jPGKcLY8goIGVtorGRLPB52pRX6CZgCgMmIUuNqTRYdJS6r7Nbx_-ssS8dasMru7Dc9Zex39Gnc9eyiOpC9dwiJyCpnZoGg1PgKeiXjZpeqBaRneD5dbso/s600/Rocky+IV+1985+In+Hindi+hollywood+hindi+dubbed+movie+Buy%252C+Download+trailer+Hollywoodhindimovie.blogspot.com+1.jpg
Ya, penonton memang sudah tahu bahwa Rocky Balboa sang tokoh utama telah banyak memenangkan pertandingan dalam film-film sebelumnya. Sang tokoh utama dalam film heroik tentu punya kans menang yang tinggi.  Tapi paling tidak biarkanlah penonton berimajinasi akan isi filmnya nanti. Kalau dari awal sudah dipaparkan tentang pose kemenangan sang petinju jagoan dalam film.

8. THE IMPOSSIBLE
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/b/b8/The_Impossible.jpg
Dengan memadukan judul film serta apa yang tersaji dalam posternya ini, penonton langsung bisa menebak bahwa keluarga dalam poster akan selamat dari bencdana yang menimpa. Apa yang mustahil bisa terjadi dalam film tentang bencana Tsunami di Thailand ini.

9. LONE SURVIVOR
http://www.moviecitizens.com/wp-content/uploads/2013/11/Lone_Survivor_Poster.jpg
Ayo main tebak-tebakan! Siapa menurutmu yang akan selamat di akhir cerita mengingat judulnya saja sudah penuh dengan clue, LONE SURVIVOR (Satu-satunya yang selamat). Tentu saja tokoh yang diperankan Mark Wahlberg. Sudah pasti demikian lantaran dalam posternya hanya terlihat sosoknya sendirian.

10. EXTRA TERESTRIAL
http://files.myopera.com/racsonala/albums/8615592/et-the-extra-terrestrial-poster.jpg
Dalam film anak-anak ini ada salah satu adegan yang sangat ikonik yakni sepeda yang melayang dengan latarnya pemandangan bulan purnama. Sangat menarik. Namun... setelah melihat poster ini lalu menonton filmnya, maka penonton akan kecewa lantaran apa yang tersaji dalam posternya tak lain adalah ending dari filmnya.

1 komentar: