Google+ Followers

Rabu, 12 Juni 2013

Evolusi Simbol 'S' Superman Dari Masa ke Masa

Simbol 'S' yang dikenakan Superman di kostum bagian dadanya punya sejarah panjang dalam pembuatannya. Terhitung sejak tahun 1938, simbol ini sudah berganti desain beberapa kali. Meski demikian simbol tersebut sangat melekat pada sosok manusia baja tersebut.
Tunjukkan simbol tersebut kepada penonton film dari usia 8-80 tahun, maka sebagian besar dari mereka bakal mengenalinya sebagai simbol sang pahlawan super dari planet Kripton tersebut. MAN OF STEEL yang hadir di bioskop 14 Juni mendatang pun menggunakan simbol tersebut sebagai strategi promo yang efektif meski dalam judulnya tak menyertakan kata "Superman".
Menyambut perilisan filmnya dalam waktu dekat, berikut ini evolusi lambang Superman beserta fakta-fakta yang menyertainya.

1. Simbol pertama Superman
http://static.neatorama.com/images/2006-09/action-comics-superman-1.jpg
Tokoh Superman pertama kali muncul dalam Action Comics #1 di tahun 1938. Kala itu, sang manusia baja mengenakan simbol dengan perpaduan warna merah, biru, dan kuning. Desainnya sendiri dibuat mirip dengan badge polisi. Hal tersebut menyiratkan bahwa Superman adalah penegak keadilan dan pemberantas kejahatan.

2. Lambang diamond
http://media.imaginefx.futurecdn.net/sites/imaginefx.com/files/imagecache/article_top_image/articles/article/2012/12/fleischer_superman2.jpg
Di tahun 1940-an, studio animasi Fleischer membuat serial kartun sang Superman dengan memberi sedikit perubahan pada lambangnya. Lambang tersebut untuk pertama kalinya berbentuk diamond (permata segi lima) dengan warna hitam dan huruf S warna merah. Lambang ini nyatanya jarang digunakan hingga saat ini.


3. Simbol dua warna
http://www.underthegunreview.net/wp-content/uploads/2013/05/sm9.jpg
Serial televisi Superman Kirk Alyn dan George Reeves membuat perubahan besar dalam evolusi simbol Superman. Lewat serial televisi ini, Superman memiliki simbol yang lebih sederhana dengan paduan warna merah dan kuning. Ke depannya simbol ini yang terus digunakan sebagai dasar dalam setiap desain.

4. Simbol super besar
http://i1.ytimg.com/vi/J1p1sVsmM6E/maxresdefault.jpg
Dalam film layar lebar pertamanya di tahun 1978, Superman (Christopher Reeve) mengenakan lambang yang super besar di dadanya dan juga diperbaharui maknanya. Dalam film tersebut lambang S tersebut adalah lambang marga El dari planet Krypton.

5. Logo lebih solid
http://goodcomics.comicbookresources.com/wp-content/uploads/2013/04/supernominee93.jpg
Di era 80-an, kisah dalam komik Superman diulangi kembali ke masa awal kemunculannya di Bumi. Untuk menandai penceritaan ulang tersebut John Byrne menggunakan simbol sama seperti yang dipakai Christopher Reeve dalam film layar lebarnya. Hanya saja kali ini simbol S dibuat lebih solid dan gemuk. Dalam cerita pula diceritakan bahwa simbil tersebut dirancang bersama oleh Clark dan Jonathan Kent.

6. Superman Elektro
http://klimg.com/resized/476x/p/simbolsupes6.jpg
Di akhir tahun 90-an, DC Comics membuat cerita bahwa Superman terpisah menjadi dua entitas karena energi matahari. Yang satu berwana merah dan satunya biru. Jika yang merah lebih beringas, maka Superman biru lebih tenang. Satu hal yang sama, keduanya sama-sama mempunya tenaga listrik maha dahsyat sehingga sampai perlu mengenakan kostum khusus berlogo S mirip petir. 

7. Superman Kingdom Come
http://fc09.deviantart.net/fs38/f/2008/339/b/f/Superman_Kingdom_Kome_by_DanielGoettig.jpg
Dalam dunia alternatif yang diciptakan komikus Mark Waid dan Alex Ross ini, Superman nampak lebih tua dan terus berkabung atas kematian Lois Lane di tangan Joker. Simbol S juga terlihat lebih ramping, tegas, dan juga berwarna lebih gelap. Simbol yang dipakainya tersebut bisa jadi merupakan upaya Superman dalam berkabung atas kematian kekasihnya tersebut.

8. Superman Returns
http://www.superiorpics.com/movie_pictures/mp/2006_Superman_Returns/md/2006_superman_returns_016.jpg
Setelah 19 tahun vakum dari layar lebar, Superman kembali lewat film SUPERMAN RETURNS. Dalam film garapan Bryan Singer ini Superman (Brandon Routh) hadir dengan logo yang lebih ramping dan kecil.

9. Simbol Man of Steel
http://filmphage.files.wordpress.com/2013/07/man-of-steel-cavill.jpg
Alih-alih mengenakan kostum, jubah sang Superman (Henry Cavill) dalam film dikisahkan sebagai pakaian keseharian penduduk Krypton. Logo S yang ada di pakaiannya itu perlambang "harapan" dan juga simbol dari keluarga El. Warna merah dan kuning masih tetap dipakai meski tak lagi secerah dulu.

10. Logo teranyar
http://media.dcentertainment.com/sites/default/files/styles/578x_post_detail/public/SM75_Vert_Preferred_Color_FINAL_1.jpg?itok=juLlfTrr
Tepat di ulang tahun ke-75, Superman mendapat logo baru dari DC Comics. Simbol yang benar-benar fresh karena menggunakan perpaduan warna yang berbeda, yakni biru dan putih. Bagaimana menurutmu?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar