Selasa, 18 Juni 2013

10 Penemuan Luar Biasa Mesir Kuno

Selama ribuan tahun peradaban bangsa Mesir kuno berkembang begitu pesat, mereka mungkin dianggap sebagai peradaban paling maju di dunia yang pernah dikenal. Tidak sedikit perlengkapan yang sekarang kita kenal, jauh-jauh hari sudah digunakan oleh masyarakat Mesir Kuno. Kreasi mereka mengubah segalanya mulai dari fashion sampai teknologi pertanian yang pengaruhnya masih bisa kita rasakan hingga kini.

1. Pasta gigi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, orang Mesir memiliki banyak masalah dengan gigi mereka, sebagian besar karena roti yang mereka makan mengandung pasir di dalamnya, yang memungkinkan terselip diantara celah gigi mereka. Namun begitu, mereka melakukan beberapa upaya untuk menjaga kebersihan gigi mereka. Para arkeolog telah menemukan tusuk gigi terkubur bersama mumi, ditempatkan di sana agar mereka bisa membersihkan sisa-sisa makanan dari sela-sela gigi mereka di akhirat. Seiring dengan itu bangsa mesir juga menciptakan sikat gigi pertama, dari  ranting kayu.
Tapi Mesir juga memberikan kontribusi inovasi untuk kesehatan gigi, dalam bentuk pasta gigi. Bahan awalnya termasuk bubuk kuku sapi, abu, kulit telur dibakar dan batu apung, yang mungkin dibuat untuk ritual perawatan untuk menyegarkan gigi pagi hari. 

2. Kunci Pintu
Awal perangkat tersebut, dibuat sekitar 4000 SM, pada dasarnya adalah kunci pin-tumbler, di mana baut berlubang diluar pintu terhubung ke pin yang bisa memasukkan kunci. Ketika kunci didorong ke atas pada pin, akan menggerakan poros baut, yang memungkinkan pintu untuk ditarik.
Salah satu kelemahan dari ini kunci kuno adalah ukurannya.  Yang terbesar adalah sampai dengan 2 kaki (0,6 meter) panjangnya. Teknologi kunci Mesir sebenarnya lebih aman daripada kemudian yang dikembangkan oleh bangsa Romawi, yang menggunakan desain yang lebih sederhana. Kunci Romawi tersembunyi di dalam pintu, tapi dibandingkan dengan kunci Mesir, mereka relatif mudah.

3. Alat Cukur 
Orang Mesir Kuno memotong pendek rambut dan janggut mereka secara teratur. Untuk itu, orang Mesir menemukan apa yang mungkin telah menjadi alat cukur pertama, satu set pisau batu tajam dan kemudian digantikan orang dengan tembaga-berbilah pisau cukur. Mereka juga menemukan profesipenggunting rambut. Para tukang cukur pertama membuat panggilan rumah ke rumah bangsawan kaya, tempat duduk mereka di bangku di bawah pohon ara yang teduh.
Anehnya, meskipun mereka rajin bercukur, tapi penggunaan wig rambut dan janggut dari rambut bekas dan bulu domba, lazim digunakan oleh bangsa Mesir, terutama Raja dan Ratu. Jenggot palsu memiliki berbagai bentuk, untuk menunjukkan posisi martabat dan sosial pemakainya. Warga biasa mengenakan jenggot palsu kecil sekitar 2 inci (5 cm) panjang, sedangkan raja-raja mengenakan kumis palsu yang panjang. 

4. Bowling
Arkeolog telah menemukan sebuah ruangan yang berisi satu set jalur dan koleksi bola berbagai ukuran. Berukuran sekitar 13 kaki (3,9 meter) panjang, 7,9-inci-lebar (20-sentimeter), 3,8-inci-dalam (9,6 sentimeter) jalur menampilkan pembukaan persegi 4,7 inci (11,9 sentimeter) di pusatnya.
Tidak seperti bowling modern, di mana pemain bowling berusaha untuk merobohkan pin di ujung gang, Bowlers Mesir ditujukan untuk lubang di tengah. Pesaing berdiri di ujung-ujung jalur dan berusaha untuk melempar bola dengan ukuran yang berbeda ke dalam lubang pusat dan dalam proses juga menjatuhkan bola lawan mereka tentunya.

5. Nafas Mints 

Sama seperti di zaman modern, bau mulut di Mesir kuno sering merupakan gejala dari kesehatan gigi yang buruk. Bangsa Mesir memiliki spesialis untuk banyak masalah medis, tapi sayangnya, mereka tidak memiliki dokter gigi atau dokter bedah mulut untuk memperbaiki gigi dan gusi buruk. Ilmuwan yang pernah meneliti mumi telah menemukan kandungan yangmampu mengatasi bau yang tidak menyenangkan dari mulut mereka yang membusuk, Mesir menemukan permen pertama, yang merupakan kombinasi dari kemenyan, kayu manis direbus dengan madu dan dibentuk menjadi pasta.

6. Bajak

Sementara sejarawan tidak sepenuhnya yakin dari mana bajak berasal, bukti menunjukkan bahwa Mesir dan Sumeria adalah peradaban pertama yang menggunakan bajak sekitar 4000 SM.
Bajak merupakan sebuah alat di bidang pertanian yang digunakan untuk menggemburkan tanah sebelum melakukan penanaman dan penaburan benih, juga merupakan salah satu alat paling sederhana dan berguna dalam sejarah.
Adalah bangsa Mesir Kuno telah menggunakan bajak meninggalkan alat tradisional seperti sekop. Mereka m,emang  tinggal di daerah yang sangat subur seperti di tepi sungai Nil, di mana banjir tahunan selalu memperbaharui tanah di daerah tersebut. Tetapi, untuk secara teratur bercocok-tanam di daerah yang kurang subur, tanah harus digemburkan terlebih dahulu agar setelahnya dapat membuat alur untuk menabur benih.
Tujuan utama dari membajak adalah untuk membawa tanah bagian dalam yang subur ke permukaan. Bajak biasanya ditarik oleh seekor sapi. Walau demikian, di beberapa daerah, bajak ditarik oleh kuda.

7. Kalender

Banyak dari kita akan mungkin akan sedikit kacau tanpa keberadaan kalender, untuk membantu kita mengingat janji dan pertemuan penting, tetapi di masa Mesir kuno, kalender bisa berarti perbedaan antara pesta rakyat dan kelaparan. Tanpa kalender, Mesir kuno tidak punya cara untuk mengetahui kapan banjir tahunan sungai Nil akan dimulai. Tanpa pengetahuan itu, seluruh sistem pertanian mereka akan berisiko, sehingga beberapa ribu tahun sebelum era sekarang, mereka mulai menggunakan salah satunya.
Kalender bangsa Mesir terikat erat pada bidang pertanian. Dan mereka membagi menjadi tiga musim utama banjir, tumbuh dan panen. Setiap musim memiliki empat bulan, dengan setiap bulan dibagi menjadi 30 hari. Jika dihitung semuanya mendapatkan 360 hari setahun – sedikit lebih pendek dari acuan satu tahun kini. Untuk membuat perbedaan, Mesir menambahkan lima hari antara panen dan musim banjir. Lima hari tersebut, ditetapkan sebagai hari libur keagamaan guna menghormati para dewa.

8. Lembar Papirus 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgi6IQn2lyAr_x8td16q_7GKbFeMJUEEerEyhqaGE1-T5IxzOR-w-U7jSggJgAh3Rsv4w88RJvC5tIMhsBeEQadx02Hna08gvSPuiHRs5csMW6Q3VhX0FiIB3_tNZGI4KImiad__me3kqNu/s1600/Screenshot_12.png
Tidak ada yang akan menyangkal bahwa Cina merupakan peradaban pertama yang mengubah dunia selamanya dengan penemuan kertas di tahun 140 SM. Tetapi, tidak  banyak orang yang tahu bahwa peradaban Mesir Kuno telah mengembangkan “kertas” mengagumkan dari tanaman papirus jauh sebelumnya.
Papirus atau Papyrus adalah sejenis tanaman air yang dikenal sebagai bahan untuk membuat kertas pada zaman kuno. Tanaman ini umumnya dijumpai di tepi dan lembah Sungai Nil. Kira-kira 3500 SM, bangsa Mesir Kuno sudah memanfaatkan papirus. Mereka pada saat itu membuat kertas dari kulit-kulit tipis atau kulit-kulit halus papirus, sebelum kertas (seperti yang kita kenal sekarang) ditemukan.

9. Bahasa Tertulis

Sistem penulisan Mesir dimulai dengan Piktogram, berkisar pada 6000 SM. Piktogram adalah penggambaran sederhana dari kata-kata yang mereka wakili, tetapi mereka memiliki keterbatasan. Seiring waktu, Mesir menambahkan elemen lain untuk sistem penulisan mereka, termasuk karakter alphabetlike yang menggunakan karakter lain, yang memungkinkan mereka untuk menulis nama dan dan lainnya.Hari ini, semua orang tahu orang Mesir Kuno telah menciptakan hiroglif. Hieroglif Mesir adalah sistem tulisan formal yang digunakan masyarakat Mesir kuno yang terdiri dari kombinasi elemen logograf dan alfabet. Hieroglif Mesir merupakan salah satu sistem penulisan paling tua yang dikenal manusia. Beberapa dari tulisan tersebut berasal dari tahun 3000 sebelum masehi dan telah digunakan oleh bangsa Mesir selama lebih dari 3000 tahun. Masyarakat Mesir menggunakan hieroglif kursif untuk sastra keagamaan pada papirus dan kayu. Adapula variasi formal tulisan yang lebih kecil, yang disebut hieratik dan demotik, namun secara teknis tulisan tersebut bukan merupakan hieroglif.

10 . Riasan Mata

Tentu, riasan mata mungkin tidak masuk ke dalam peringkat paling penting dalam sejarah manusia, namun bangsa Mesir Kuno telah menggunakannya jauh-jauh hari. Karena praktik riasan mata telah digunakan sejauh 4000 SM. Bahkan lebih mengesankan, beberapa budaya kosmetik masih membuat riasan mata menggunakan teknik yang sama yang dipelopori ribuan tahun yang lalu oleh orang Mesir. Mereka dikombinasikan dengan jelaga mineral yang disebut galena untuk membuat salep hitam dikenal sebagai kohl, yang masih populer saat ini. Mereka juga bisa menciptakan riasan mata hijau dengan menggabungkan mineral yang disebut perunggu dengan galena untuk mewarnai salep.

2 komentar: