Google+ Followers

Sabtu, 15 Juni 2013

5 Patung Siwa Termegah di Dunia

Hari Raya Nyepi disambut meriah oleh segenap umat Hindu di seluruh dunia. Nyepi biasanya dirayakan setiap tahun Baru Saka yang jatuh pada hitungan Tilem Kesanga (IX) yang diyakini sebagai hari penyucian dewa-dewa yang berada di pusat samudera. Agama Hindu mengenal Trimurti sebagai dewa utama, yakni Brahma, Wisnu, dan Siwa. Nah, berikut adalah lima patung Siwa termegah di dunia, seperti dilansir Boldsky.
 
1. Kailashnath Mahadev
Sejak The Immortals Of Meluha menjadi populer, para pemuja Siwa datang dari berbagai daerah untuk berkerumun dan melihat sekilas kemegahan patung Kailashnath Mahadev di Nepal. Patung ini dibangun setinggi 43,5 meter (atau 143 kaki) dalam pose berdiri. Patung Dewa Siwa ini dapat ditemukan di Kathmandu, ibu kota Nepal.

2. Murudeshwara
Murudeshwara adalah sebuah kota di Taluk Bhatkal, distrik Uttara Kannada, di negara bagian Karnataka, India. "Murudeshwara" adalah nama lain dari Dewa Hindu Siwa. Kota ini memiliki daya tarik luar biasa yang menampilkan arca Siwa terbesar kedua di dunia yang dibangun setinggi 37 meter. Kota yang terletak di pantai Laut Arab ini dikenal karena Pura Murudeshwara. Bandara terdekat dari tempat ini adalah Murudeshwar Mangalore International Airport sejauh 160 km.

3. Mangal Mahadev
Patung Dewa setinggi 33 meter berdiri membawa trisula di pintu masuk Ganga Talao. Ini merupakan salinan patung Siwa dari Danau Sursagar di Vadodara, Gujarat, India. Arca megah ini diresmikan pada tahun 2007 dan dikenal sebagai patung tertinggi di Mauritius.

4. Har Ki Pauri
Har ki Pauri adalah salah satu tempat berdoa yang terkenal di sungai suci Gangga. Ini menjadi tempat di mana puluhan pemuja Siwa datang untuk berdoa. Di sini, wisatawan bisa menjumpai patung Siwa raksasa setinggi 30 meter dengan trisula di tangannya.

5. Kempfort Shiv Mandir
Kempfort Shiv Mandir yang terletak di Bangalore, India, merupakan sebuah Puri Siwa. Moto dari puri ini adalah percaya dan mencapai yang berarti apa yang Anda harapkan bisa menjadi kenyataan karena keyakinan yang kuat mengandung kekuatan pencipta. Puri ini juga memberikan pencerahan kepada semua umatnya bahwa mereka harus percaya pada keajaiban karena mukjizat adalah kekuatan magis yang memiliki kemampuan untuk membuat sesuatu yang tidak mungkin jadi mungkin. Hal itu digambarkan pada patung Siwa dalam posisi bersila setinggi 20 meter.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar