Jumat, 14 Juni 2013

8 Cover Album Yang Dicekal Karena Menghina Agama

Peran cover pada sebuah album selalu dianggap penting. Selain merefleksikan isi pikiran sang musisi, cover album juga bisa dijadikan sebagai ikon dari album itu sendiri.
Namun beberapa musisi justru 'sukses' menciptakan kontroversi lewat cover album. Beberapa nama berikut ini justru menimbulkan kontroversi setelah cover albumnya dianggap menghina agama.

1. Dio – Holy Diver
http://www.nuclearblast.de/static/articles/132/132552.jpg/1000x1000.jpg
Banyak gereja-gereja yang tersinggung dengan cover album milik Dio, HOLY DIVER yang dirilis tahun 1983 silam. Dalam album ini digambarkan seolah-olah seorang pendeta tengah disiksa sesosok monster.

2. Poison – Open Up and Say...Ahh!
http://userserve-ak.last.fm/serve/_/50723425/Open+Up+And+Say+Ahh+PoisonOpen_Up_and_Say_Ahh_Orig.jpg
Sampul album OPEN UP AND SAY...AHH! milik Poison juga dianggap menyerang gereja. Poison menampilkan sesosok yang digambarkan sebagai setan dengan lidah yang menjulur panjang. Gambar ini dikhawatirkan memberi pengaruh buruk bagi generasi muda. Apalagi Poison saat itu sedang berada di popularitasnya.

3. Killing Joke – Laugh? I Nearly Bought One!
http://userserve-ak.last.fm/serve/_/80268865/Laugh+I+nearly+bought+one+KillingJokeLaughINearlyBoughtO.jpg
Sangat bisa dimengerti bila ada yang tersinggung dengan cover album buatan Killing Joke, LAUGH? I NEARLY BOUGHT ONE!. Cover album rilisan 1992 ini menunjukkan bagaimana seorang pendeta berada di tengah-tengah barisan tentara Nazi. Tak heran bila band ini akhirnya diboikot di Glasgow, Skotlandia.

4. Deicide – Once Upon the Cross
http://www.metal-archives.com/images/6/3/0/630.jpg
Entah apa yang dipikirkan para personel Deicide kala merilis cover album ONCE UPON THE CROSS. Bagaimana tidak, mereka menampilkan gambar Yesus dengan isi perut yang terlihat vulgar. Cover album ini akhirnya direvisi seperti yang terlihat pada foto di atas. Kami memutuskan untuk tidak menampilkan cover album original karena terlalu vulgar.

5. Aerosmith – Nine Lives
http://eil.com/images/main/Aerosmith+-+Nine+Lives+-+CD+ALBUM-83014.jpg
Superband macam Aerosmith pun ternyata juga pernah tersandung masalah cover. Tahun 1997 silam, cover album mereka dianggap menyakiti perasaan umat Hindu. Aerosmith segera tanggap. Cover album segera diganti dan mereka pun telah meminta maaf secara terbuka.

6. Marilyn Manson – The Last Tour On Earth
http://www.nuclearblast.de/static/articles/112/112633.jpg/1000x1000.jpg
Kontroversi memang selalu melekat pada rockstar yang satu ini, Marilyn Manson. Cover album THE LAST TOUR ON EARTH rilisan 1999 dihujat banyak orang. Bagaimana tidak, Marilyn memasang gambar salib yang dilahap api.

7. Slayer – God Hates Us All
http://www.jesus-is-savior.com/Evils%20in%20America/Rock-n-Roll/slayer-god_hates_us_all-album_cover.jpg
Sebuah Injil dipaku, penuh darah dan terdapat tulisan 'Slayer'. Tentu saja cover ini dihujat oleh banyak orang. Menyadari ada yang tak beres, Slayer pun akhirnya mengubah cover tersebut. Tapi tetap saja masih terasa kontroversial di cover barunya.

8. Tenacious D – Tenacious D
http://en.academic.ru/pictures/enwiki/67/Cover1361_15027.jpg
Cover Album Tenacious D yang juga berjudul TENACIOUS D mendapat kritikan keras. Di sana ditunjukkan sebuah parodi kartu Tarot The Devil. The Devil digambarkan telanjang yang hanya ditutupi oleh gitar akustik. Karena dianggap kontroversial, album ini akhirnya dicekal di berbagai retail, termasuk Wal-Mart.

1 komentar:

  1. Kabar untuk pencinta Game android
    Bulan ini adalah Bulan special Terliris Game baru Action Mobile
    untuk download dan mendapatkan Aplikasinya silahkan klik link ini

    Http://bit.do/game-tebaru

    BalasHapus