Google+ Followers

Sabtu, 15 Juni 2013

10 Tempat Yang Luar Biasa

Lumpur mendidih, gunung cokelat, dan bukit pasir berwarna-warni, hanyalah segelintir karakteristik dari beberapa tempat terunik di dunia. Terus baca untuk mengetahui 10 tempat paling luar biasa di planet ini.

1. Beppu, Jepang


Terletak di pulau Kyushu, Jepang, Beppu adalah kota yang berada tepat di tengah laut dan pegunungan. Beppu terkenal akan mata air panasnya, yang disebut onsen dalam bahasa Jepang. Di sini Anda akan menemukan delapan titik panas bumi yang berbeda, sering dijuluki sebagai `delapan neraka Beppu.` Jumlah mata air panas yang luar biasa itu, yang berkumpul di satu wilayah kecil, adalah faktor yang membuat Beppu begitu unik dibandingkan dengan wilayah lain di Jepang dan di dunia. Beppu masih menjadi tempat wisata yang populer bagi wisatawan setiap tahun. 


2. Gunung Roraima, Amerika Selatan

Dengan tebing setinggi 400 meter di semua sisi, Gunung Roraima adalah ciptaan yang benar-benar luar biasa. Gunung ini merupakan yang tertinggi dari Pakaraima Chain di Amerika Selatan dan menjadi pembatas antara Venezuela, Brazil dan Guyana. Banyak dari spesies tanaman yang tumbuh di puncak gunung ini tidak bisa ditemukan di tempat lain di bumi. Hanya pemanjat tebing sangat berpengalaman yang mampu memanjat tebingnya yang menantang itu. 


3. Danau Nakuru, Kenya

Karena banyaknya jumlah ganggang di dalam air, Danau Nakuru terkenal karena menarik salah satu populasi flamingo yang terbesar di dunia. Pada saat tertentu, mulai dari puluhan ribu sampai jutaan flamingo berjajar di tepinya. Tidak ada tempat lain di dunia ini di mana kita bisa menyaksikan kawanan flamingo sebanyak itu. 


4. Racetrack Playa, Death Valley, California, Amerika Serikat

Seolah-olah mereka berpindah sendiri, batu-batu besar seberat ratusan kilogram meninggalkan jejak saat mereka meluncur di sepanjang tanah datar di Racetrack Playa. Kering hampir sepanjang tahun, tanpa vegetasi, Racetrack adalah rumah bagi sailing stones yang merupakan fenomena geologi. Telah ditemukan bahwa batu-batu tersebut hanya bergerak sekali setiap dua sampai empat tahun, meninggalkan jejak yang berbeda di belakang. Bagaimana bisa? Yang paling masuk akal adalah batu-batu itu mungkin didorong oleh angin yang kekuatannya melebihi 145 km/jam ketika suhu turun di bawah titik beku. Pembentukan es di tanah, karena penurunan suhu, menyebabkan tanah padat dengan tekstur seperti tanah liat. Hal tersebut memungkinkan batu meluncur dengan mudah. Namun, beberapa teori masih dipikirkan dan tidak ada konsensus umum tentang bagaimana persisnya batu itu bergerak. 


5. Pamukkale, Turki

Selama ribuan tahun, wisatawan telah mandi di kolam renang mewah di Pamukkale, yang diterjemahkan sebagai `Kastil Kapas.` Kota kuno Yunani-Romawi dan kota Bizantium, Hieropolis pernah berada di atas mata air panas Pamukkale yang megah itu. Sejak itulah, hotel-hotel dibangun di atas reruntuhan kota kuno itu, menyebabkan kerusakan parah pada tempat bersejarah tersebut. Saat ini menjadi Situs Warisan Dunia, tempat indah dan unik ini terbuka untuk wisatawan, membuatnya menjadi salah satu tujuan wisata yang luar biasa di dunia. 


6. Seven Coloured Earths, Mauritius

Ditemukan di Dataran Chamarel di Mauritius, formasi geologi Seven Coloured Earth merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Mauritius. Pasir ini terbagi menjadi tujuh warna: biru, ungu, kuning, merah, coklat, ungu muda dan hijau. Bagian yang paling luar biasa dari formasi itu adalah bahwa warna tersebut tampaknya menetap di lapisan mereka sendiri. Bahkan jika Anda mengambil segenggam pasir dan mencampur semua warna bersama-sama di tangan Anda, pasir itu tetap membentuk formasi berlapis, satu lapisan untuk setiap warna. Fenomena di balik formasi berbeda ini masih tetap misteri. 


7. Perito Moreno Glacier, Argentina

Bertempat di Taman Nasional Los Glaciares di barat daya Santa Cruz, gletser raksasa itu merupakan salah satu dari tiga gletser Patagonian yang benar-benar bertumbuh. Pakar gletser belum mampu menyepakati penyebab pertumbuhan itu. Gletser tersebut berukuram 250 km2 dan masih menjadi salah satu tempat wisata paling populer di Argentina. Pengunjung bisa mendaftar untuk tur perjalanan dengan berjalan menyusuri gletser raksasa itu, yang berlokasi hanya dua jam perjalanan dari kota El Calafate dengan bus. 


8. Rotorua, Selandia Baru

Tempat yang paling unik, Rotorua City berada di utara Selandia Baru. Rotorua City terkenal akan aktivitas panas buminya, menimbulkan mata air panas, seperti Pohutu Geyser di Whakarewarewa, dan kolam lumpur. Kolam lumpur mendidih yang unik itu menarik perhatian wisatawan dari seluruh dunia setiap tahunnya. Kota itu juga terkenal sangat bau seperti telur busuk, akibat aktivitas panas bumi di daerah tersebut, yang menyebabkan sulfur dilepaskan ke atmosfer.  


9. Danau Plitvice, Kroasia

Salah satu tempat pertama di dunia yang dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, Danau Plitvice, yang terletak di Plitvice Lakes National Park, adalah pemandangan yang luar biasa dan unik untuk disaksikan. Setiap tahun, lebih dari 1,2 juta wisatawan dari seluruh dunia melakukan perjalanan ke Kroasia untuk melihat danau yang mengalir itu. Apa yang membuat air terjun ini begitu menakjubkan adalah bahwa mereka semua saling berhubungan dan mengikuti aliran yang sama. Keenam belas danau ini bisa dilihat dari atas. Danau itu juga terkenal karena warnanya yang cantik, mulai dari biru laut sampai kehijauan. 


10. Bukit Cokelat di Bohol, Filipina
 
Ketika rerumputan di puncak lebih dari 1.200 gunung ini mengering, gunung tersebut berubah warna menjadi coklat, membuat bukit tersebut tampak seperti cokelat. Sebagai tempat wisata yang terkenal di Filipina, Bukit Cokelat unik dan luar biasa karena bentuknya yang hampir simetris dan jumlahnya yang sangat banyak. Bukit tersebut masih menjadi misteri di kalangan ahli geologi terkait bagaimana gundukan yang berbentuk sempurna itu diciptakan pertama kali.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar