Google+ Followers

Sabtu, 29 Juni 2013

Dewa Dewi di Jepang

Jepang adalah bangsa yang unik, jika dikaitkan dengan sistem kepercayaanya. Secara umum, kepercayaan bangsa Jepang akan dewa yang dipuja dan dipercaya memiliki kekuatan jauh melampaui manusia dipengaruhi oleh 3 kepercayaan, yaitu: Shinto, Buddhinisme, dan Taoisme.
Atau bahkan Hindu.
Kesemuanya itu melebur menjadi bagian dari mitologi Jepang .
Nah, apa aja dewa yang memiliki pengaruh cukup besar dalam mitologi Jepang??
Langsung aja dimari..

Aizen Myo-o
http://ascentaday.files.wordpress.com/2012/01/aizen-myoo-the-wisdom-king-of-passion-14th-century-painting-artwork-print.jpg
Adalah dewa cinta yang mengubah nafsu menjadi keinginan utk mencapai pencerahan atau belas kasih bagi seluruh makhluk hidup

Amaterasu
http://2.bp.blogspot.com/-5LzbyVa-i7A/T9hKJveti_I/AAAAAAAAAI4/tmitCOoWNrU/s1600/amaterasu-omikami5.jpg
Disebut Dewi Matahari, merupakan dewi terpopuler dalam mitologi jepang (kaya di naruto ) namanya dapat diartikan sebagai "dialah yang membuat kahyangan bersinar"

Ame no uzume

Dikenal dengan nama Uzume, merupakan dewi fajar yang berhasil membujuk Amaterasu keluar dari persembunyian dengan tariannya. Ada versi yang menceritakan bahwa Uzume menikah dengan pangeran kera

Bimbogami
http://4.bp.blogspot.com/_1oc51K1_SKA/S4yGY-JimfI/AAAAAAAABvk/jcSkbukBxyo/s320/bimbo-gami.jpg
Menjauhlah dari dewa yg satu ini karena dia adalah dewa kemskinan Dewa ini digambarkan sbg lelaki berjanggut dengan pakaian compang-camping dan kotor. Dikatakan kalo dewa ini masuk ke dalam rumah akan sulit utk diusir dan mereka akan mengalami kemiskinan tak berkesudahan

Ekibiogama
Dewa penyakit mewabah [epidemi], tidak diketahui seperti apa penggambarannya namun ia merupakan dewa yang tidak populer

Emma-O

Biasa disebut Enma atau Yama, yang merupakan penguasa Neraka dan alam kematian yang bertugas mengadili dosa-dosa manusaia semasa hidup. Ia dibantu saudara perempuannya, 18 jendral dan ribuan tentara.

Fujin
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/93/Taiyuin-Fujin-Dsc3719.jpg/401px-Taiyuin-Fujin-Dsc3719.jpg
Dewa Angin berjanggut putih yang diceritakan selalu berdiri diatas gunung membawa kantung angin besar.

Kami-Kaze

Dewa angin topan. Nama nya kemudian menjadi nama salah satu topan yang melanda jepang, dan dikenal sbg topan yang pernah membantu Jepang dalam invasi mongol pada tahun 1281. Istilah Kamikaze juga digunakan sebagai sebutan taktik serangan bunuh diri

Kishimo-Jin

adalah Dewi ibu segala setan, yang gemar menyantap anak-anak. Pada akhirnya Kishimo-Jin bertobat setelah diberi pelajaran oleh Buddha dan menjadi pengikut Buddha. Ia kemudian menjadio pelindung anak-anak

Susano-Wo

Dewa badai dalam kepercayaan Shinto. Susano-Wo adalah dewa yang mebinasakan sebuah monster ular bernama Yamata no Orochi dan mendapatkan sebilah pedang bernama Kusanagi di ekor ular tersebut. Konon Ia dikisahkan memiliki perseteruan dengan Amaterasu.

Tsukiyomi
http://kkcdn-static.kaskus.co.id/images/2012/12/07/3549148_20121207061205.jpg
Dewa bulan, merupakan anak ke-3 dari Izanagi. Ada versi yang menceritakan tsukiyomi membunuh dewi makanan lalu memancing kemarahan Amaterasu. Amaterasu mengatakan ia tidak ingin melihat adiknya itu laghi. Sehingga pada saat itu matahari dan bulan tidak pernah muncul bersamaan.

Izanagi dan Izaname
http://3.bp.blogspot.com/-LlRkkeXpThc/UO-TxtddwfI/AAAAAAAADJY/9CH-bA-68p0/s1600/keyakinan+jepang.jpg
Dalam mitologi Jepang, 2 dewa-dewi Izanagi dan Izanami merupakan pencipta Jepang dan dewa-dewi lainnya. Jadi, merekalah asal usul dari segala sesuatu yang ada di Jepang. Di sebuah mitologi penting di Jepang, diceritakan mereka turun ke Yomitsu Kuni, dunia bawah atau disebut juga dunia kegelapan. Cerita tentang Izanagi dan Izanami diceritakan dalam 2 karya: Kojiki (catatan kuno) dan Nihongi (sejarah Jepang).
Menurut legenda, setelah kemunculan mereka, Izanagi dan Izanami berdiri di jembatan yang melayang ke surga dan meributkan laut dengan tombak berhiaskan berlian. Ketika mereka mengangkat tombaknya, butiran-butiran air kembali menjadi air dan membentuk tanah pertama, pulau yang disebut Onogoro. Izanagi dan Izanami turun ke pulau tersebut dan menjadi suami-istri. Anak pertama mereka cacat, dan dewa-dewi lain berkata kalau itu terjadi karena Izanami berbicara dahulu sebelum suaminya saat acara pernikahannya (semacam tradisi Jepang).

Pasangan tersebut kemudian menikah kembali. Izanami melahirkan 8 anak, yang kemudian menjadi pulau-pulau di Jepang. Izanagi dan Izanami juga menciptakan banyak dewa dewi yang melambangkan gunung, lembah, air terjun, sungai, angin, dan kenampakan alam lainnya. Tetapi saat kelahiran Kagutsuchi, sang dewa api, Izanami terbakar.

Ketika Izanami meninggal, Izanami pergi ke Yomitsu Kuni. Izanagi memutuskan untuk turun ke Yomitsu Kuni dan menyelamatkan belahan jiwanya dari dunia kematian tersebut. Ketika mendekati gerbang Yomi, Izanami menyambut Izanagi dari bayang-bayang. Izanami memperingatkan agar Izanagi tidak melihat dirinya dan berkata bahwa ia akan merencanakan pelariannya dari Yomi (dewa Yomitsu Kuni). Karena sangat merindukan istrinya, Izanagi menyalakan obor untuk mencari Yomi, tetapi ia sangat kaget ketika melihat bahwa Izanami sudah menjadi mayat busuk. Tak tahan melihatnya, Izanagi kabur.

Izanami marah, lalu ia mengirim setan-setan wanita, 8 dewa petir, dan sepasukan tentara menakutkan untuk mengejar Izanagi. Izanagi berusaha keluar dan memblokir jalan antara Yomi dan tanah kehidupan dengan batu besar. Izanagi dan Izanami bertemu di sana dan mereka bercerai.

Izanagi merasa dirinya tidak suci setelah berkontak dengan dunia kematian. Karena itu, dia mandi utnuk menyucikan dirinya kembali. Sejumlah dewa-dewi, baik jahat maupun baik, muncul dari pakaian yang dibuang oleh Izanagi. Dewi matahari Amaterasu muncul dari mata kirinya, dewa bulan Tsukiyomi dari mata kanannya, dan Susano-o dari hidungnya. Lalu, Izanagi membagikan kerajaannya kepada 3 anak kebanggaannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar