Rabu, 19 Juni 2013

10 Fakta Aneh dan Menarik Pergi ke Luar Angkasa

Apakah kamu termasuk orang-orang yang ingin melakukan perjalanan luar angkasa? Jika iya, maka kamu tak sendiri. Perjalanan melintasi bintang-bintang di jagad raya memang sudah menarik banyak orang sejak lama.
Seperti yang terlihat di banyak film Holllywood soal perjalanan ke luar angkasa, pergi sebagai astronot rupanya bukan sebuah pekerjaan yang mudah. Begitu juga dengan hal-hal yang terjadi selama perjalanan di sana atau dampak yang akan terjadi nantinya.
Penasaran seperti apa? Sebelum kamu memutuskan pergi berwisata ke luar angkasa seperti Justin Bieber. Intip dulu hal-hal unik dan menarik selama melihat bintang-bintang nanti!

1. Makanan Luar Angkasa
http://thumbs.ifood.tv/files/images/space%20food%202.jpg
Seperti apakah makanan di luar angkasa? Sebetulnya karena gaya gravitasi nol di angkasa sana, maka astronot hanya bisa membawa dan disediakan makanan dalam jumlah kecil dan minim cairan. Karena cairan di luar angkasa bisa melayang-layang sehingga membayangkan makan sate di luar angkasa sepertinya harus kamu tunda.

2. Pidato Nixxon
http://all-that-is-interesting.com/wordpress/wp-content/uploads/2012/06/apollo-11-quarantine-richard-nixon.jpg
Misi Apollo 11 membuat Presiden Amerika Serikat, Richard Nixxon begitu terpukau dengan keberanian Neil Armstrong dan Edwin Aldrin. Hal itu diungkapkan Nixxon dalam pidatonya, "Takdir telah menetapkan bahwa orang-orang yang pergi ke Bulan bisa mengeksplorasi dan tinggal di sana dalam damai. Mereka adalah orang pemberani. Armstrong dan Aldrin tahu bahwa tak ada harapan untuk pemulihan mereka, namun mereka tahu bahwa ada harapan bagi umat manusia atas pengorbanan mereka. Mereka mencari kebenaran dan pemahaman bagi seluruh manusia,"

3. Pajak Astronot
http://storage0.dms.mpinteractiv.ro/media/1/186/3929/10775777/2/pavel-vinogradov.jpg?height=400&width=600
Apakah kamu pikir menjadi astronot tidak terkena pajak penghasilan? Lupakan. Karena salah satu astronot misi Apollo 13 yakni Jack Swigert rupanya lupa melaporkan pajak penghasilannya. Lucunya, kelakar astronot lain menyebutkan bahwa pajak penghasilan itu dibuat untuk bahan bakar pesawat ke luar angkasa. Hmm, berarti pastinya pajak itu besar ya?

4. Dapat Mobil Gratis
http://www.corvetteblogger.com/images/content/051611_2b.jpg
Menjadi astronot memang dibayar, namun NASA tak pernah menyebut berapa besarnya. NASA hanya menyebut melalui situs mereka bahwa astronot sipil mendapat gaji tahunan antara USD 64 ribu - USD 141 ribu (Rp 639 jutaan - Rp 1,3 miliar) beserta tunjangan lain. Namun astronot Alan Shephard muncul dengan mobil Corvette 1957 yang membuat banyak orang berpikir jika itu adalah kemewahan lain menjadi astronot. Mau?

5. Quote Populer
http://listverse.com/wp-content/uploads/2013/05/Screen-Shot-2013-05-20-at-7.43.30-PM.jpg
“Houston, we’ve had a problem here.”
Sebagian besar orang pasti teringat sosok Tom Hanks jika mendengar kalimat tersebut. Kenyataannya itu adalah quote ketika komandan misi Apollo 13, Jim Lovell, mengalami masalah gagal sistem ketika menuju ke bulan. Jim Lovell berhasil pulang ke bumi dengan selamat.

6. Toilet Astronot
http://122.155.0.199/jabchai/images_joke/14658/14658-1.jpg
Stasiun Internasional Luar Angkasa adalah sebuah proyek multinasional yang dibagi menjadi dua bagian yakni lokasi milik Amerika dan Rusia. Awalnya tempat itu dipakai secara damai oleh kedua negara, namun pertengkaran dimulai saat masalah penggunaan kamar mandi di bangunan itu. Di mana astronot Amerika melarang astronot Rudia memakai WC mereka yang membuat pihak Rusia menyumbat toilet milik Amerika. Lucu-lucu saja ya.

7. Penyakit Dari Bulan
http://www.historyplace.com/unitedstates/apollo11/work.jpg
Saat Neil Armstrong dan Buzz Aldrin sukses mendarat di bulan, semua orang menjadi bangga namun juga khawatir jika kedua astronot itu membawa penyakit berbahaya dari bulan. Hal itu membuat mereka berdua harus mengalami masa karantina selama 21 hari sampai setelah itu boleh bertemu dengan orang. Sungguh merepotkan ya.

8. Aroma Luar Angkasa
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhsYMvEO9DxbY9YX9H3uvRNp3gU9NpgesmrOHPeUrWNnAIY8_ol24nQBYr5uM8XFbfWPTF1GBea1hLaWgI_6KjTc3vq0Asm6neeEZsZtL4wzoBLTNe-DxxVX3w0iz77FaUW8GanvztLU2E/s400/PSC0211_FY_355.jpg
Jika ditanya seperti apakah bau luar angkasa? Mungkin sebagian dari kamu berpikir kalau luar angkasa berbau seperti ozon namun rupanya jawaban dari para astronot justru berbeda. Sebagian dari mereka mengaku bahwa luar angkasa berbau seperti logam-logam panas, meski sampai saat ini masih tak ada astronot yang bisa mengungkapkannya.

9. Foto Untuk Asuransi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQlYIHVXYZkrVZUA1_DH823QN8dC1mQ7CNnBjnmfEtRwi9UoXnn5Ri2uez1mWrCNrXGk2q2vqLNCpVTs5NbvPQqvK11YUkP7aJeH0P3g2fs6gqEADuG3ArOaTghkRLVR-VT4ToenIlkNNl/s1600/apollo11-crew_l.jpg
Misi Apollo 11 bisa dibilang kegagalan Amerika Serikat dalam menjamin kehidupan para astronot. Tidak adanya perusahaan asuransi dunia yang hendak menyetujui misi bunuh diri ke luar angkasa itu membuat banyak pihak memikirkan bagaimana astronot harus memiliki warisan untuk keluarga mereka. Dengan cara apa? Yaitu para astronot harus meninggalkan banyak tanda tangan untuk dijual ke publik saat mereka tewas di misi tersebut. Untungnya kini banyak astronot yang kembali dengan aman.

10. Pesawat Luar Angkasa Tercepat di Dunia
http://sharingdisini.com/wp-content/uploads/2012/11/pesawat-luar-angkasa-tercepat.png
Adalah pesawat non-awak bernama New Horisons milik NASA. Pesawat luar angkasa ini menjalani misi mempelajari Planet Pluto dan bulannya, Charon, Nix dan Hydra. Walaupun dinyatakan sebagai pesawat luar angkasa tercepat di dunia, New Horizons yang diluncurkan pada 19 Januari 2006 akan mendekati orbit Pluto pada 14 Juli 2015.

2 komentar: