Google+ Followers

Sabtu, 09 November 2013

10 Sosok Terkenal dalam Mitologi Mesir

1st : HATHOR

Hathor merupakan nama dari seorang dewi.Ia merupakan dewi yang berasal dari mitologi bangsa Mesir. Secara literer, nama hathor berarti rumah dari kebijaksanaan.Hathor mempunyai suami yang bernama Horus, yang merupakan pemegang kekuasaan di surga. Hathor dianggap sebagai ibu dari isis. Hal ini dikarenakan ada kemiripan-kemiripan antara Isis dengan hathor. Hathor termasuk dalam kategori ibu dari para dewi. ia disembah sebagai wanita dari langit dan juga dewi dari segala kecantikan, keceriaan, cinta, dan lainnya. Bagian tubuh dari Hathor mempunyai arti dan masing-masing arti tersebut menunjuk pada identitas dari Hathor. Hathor juga dikenal sebagai pemelihara yang baik oleh karena itu ia ditunjukkan dengan kepala sapi.Sebagai dewi langit, di kepalanya terdapat matahari yang terletak di antara kedua tanduknya. Sebagai penghancur, ia mempunyai model kepala yang mirip dengan singa. Bulan muncul dari antara payudaranya dan matahari muncul dari rahimnya.Tubuhnya juga melambangkan empat pilar yang menopang seluruh dunia.

2nd : BAST

Bast (namanya juga dieja Bast, Baast, Ubasti atau Baset) adalah dewi perlindungan dan kucing di Mesir Kuno. Ia adalah putri dari Ra, sang dewa matahari. Dewi ini dipuja semenjak masa Dinasti Kedua.
Pusat pemujaannya terletak di Per-Bast (Bubastis dalam bahasa Yunani).
Bastet digambarkan sebagai seorang perempuan dengan kepala kucing yang jinak. Namun, sampai 1000 SM ia digambarkan sebagai singa betina. Ketika Ra menghancurkan musuhnya Apep, Bastet biasanya digambarkan sebagai kucing. Ketika digambarkan sebagai kucing, dia dihubungkan dengan bulan (anaknya Khonsu adalah dewa bulan). Ketika ditampilkan sebagai singa betina, ia dikaitkan dengan sinar matahari.
Bast adalah dewi api, kucing, pelindung rumah dan wanita hamil. Menurut salah satu mitos, dia adalah personifikasi jiwa Isis. Dia juga disebut sebagai "Putri dari Timur".
Bastet seperti halnya kucing memiliki dua sisi kepribadiannya, jinak dan agresif. Dia jinak dan lembut dipandang di samping tugasnya sebagai pelindung rumah, dan wanita hamil, serta agresif karena sifat alaminya.

3rd : THOTH
http://fc00.deviantart.net/fs70/i/2012/187/b/e/thoth_by_janiceduke-d563s02.jpg
Thoth (diucapkan / θoʊθ / atau / toʊt /) adalah salah satu dewa paling penting di peradaban Mesir Kuno. Dalam seni, ia sering digambarkan sebagai orang dengan kepala sebuah ibis atau babon. Mitra femininnya adalah Seshat. Kuil utama untuk Thoth terletak di kota Khmun, yang kemudian diubah namanya menjadi Hermopolis Magna semasa era Greco-Roman. Kuil-kuil lain untuknya juga dibangun di kota Abydos, Hesert, Urit, Per-Ab, Rekhui, Ta-ur, Sep, Hat, Pselket, Talmsis, Antcha-Mutet, Bah, Amen-heri-ab, and Ta-kens.

4th : ISIS

Isis atau Aset (bahasa Yunani Kuno: Ἶσις) adalah dewi pada kepercayaan Mesir Kuno. Ia dipuja sebagai ibu dan istri yang ideal, dan juga sebagai ibu dari alam dan sihir. Isis merupakan sahabat bagi budak, pendosa, tukang, dan orang yang tertekan. Ia juga mendengarkan doa-doa orang kaya, aristokrat, dan penguasa. Isis merupakan dewi keibuan, sihir, dan kesuburan.
Dewi Isis (ibu dari Horus) adalah putri pertama Geb, dewa Bumi, dan Nut, dewi langit.

5th : ANUBIS
Anubis God of the Dead in Egyptian Mythology
Isis atau Aset (bahasa Yunani Kuno: Ἶσις) adalah dewi pada kepercayaan Mesir Kuno. Ia dipuja sebagai ibu dan istri yang ideal, dan juga sebagai ibu dari alam dan sihir. Isis merupakan sahabat bagi budak, pendosa, tukang, dan orang yang tertekan. Ia juga mendengarkan doa-doa orang kaya, aristokrat, dan penguasa. Isis merupakan dewi keibuan, sihir, dan kesuburan.
Dewi Isis (ibu dari Horus) adalah putri pertama Geb, dewa Bumi, dan Nut, dewi langit.

6th : RA

Ra (Re atau Amun-Ra) adalah dewa Matahari Mesir Kuno. Ra juga dianggap sebagai dewa tertinggi dalam kebudayaan Mesir Kuno.
Bangsa Mesir kuno meyakini bahwa Ra adalah substansi pertama yang diciptakan dengan semua makhluk lain dilahirkan kemudian atau menjadi keturunannya.

7th : OSIRIS

Osiris (Asar, Asari, Aser, Ausar, Ausir, Wesir, Usir, Usire, Ausare) adalah dewa tanaman di Mesir Kuno, seperti halnya Demeter di Yunani. Itulah kenapa wajahnya digambarkan berwana hijau, seperti warna sungai Nil yang airnya membuat orang Mesir dapat menghasilkan panen yang baik. Osiris adalah putra sulung dari dewa bumi Geb dan dewi langit Nut. Ini terkait dengan kenyataan bahwa tanaman tumbuh berkat kerjasama antara bumi dan langit. Sebagai raja para dewa, Osiris mengenakan mahkota firaun dan membawa pelengkung dan pemukul gembala untuk memukuli jelai. Seperti Demeter, Osiris memiliki saudara dan saudari. Ia menikahi saudarinya sendiri, Isis.

8th : SHU

Shu merupakan dewa udara, dikaitkan dengan Dewa Atum.
Peradapan Mesir telah wujud lebih 3,000 tahun dan perkembangan ugama di Mesir kuno telah membantu mewujudkan banyak dewa dewi yang disembah bagi pelbagai sebab, dan pelbagai upacara keugamaan yang telah diamalkan pada masa tersebut.

9th : AMUN-RA

Di dalam kepercayaan Mesir kuno, Amun-Ra merupakan Dewa Matahari sekaligus Dewa Bulan. Amun-Ra merupakan Dewa yang banyak dipuja dan dianggap sebagai Dewa tertinggi pada kebudayaan Mesir Kuno.
Ra atau Re berarti Dewa Matahari, Amun atau Amon berarti Dewa Bulan. Amun, dalam bahasa Mesir direkonstruksi dari Yamānu, dieja dengan Amon, Amoun, Amin, dan kadang Imen atau Yamun, Yunani Ἄμμων Amon, dan Ἅμμων Hamon, dianggap sebagai Tuhan dalam Mitologi Mesir dan Mitologi Berber, yang dalam bentuk Amun-Ra menjadi sebuah sistem yang fokus dan paling kompleks dalam teologi di Mesir Kuno.

10th : SET
http://psuvanguard.com/wp-content/uploads/2013/05/Cruz-UribeLecture011.jpg
Set (juga ditulis Seth, Setesh, Sutekh, Setekh atau Suty) adalah dewa gurun, badai, dan orang asing dalam agama Mesir kuno. Dalam mitos selanjutnya ia juga adalah dewa kegelapan, dan kekacauan. Di Yunani kuno, nama dewa ini disebut Σήθ (Seth). Dalam mitologi Mesir kuno, Set digambarkan sebagai pemberontak perebut kekuasaan yang membunuh dan memotong-motong jenazah Osiris, saudaranya sendiri. Isis, istri Osiris mengumpulkan dan menyatukan jenazah Osiris. Horus, putra Osiris menuntut balas kepada Set, dan pertempuran antara mereka menjadi tema yang populer dalam mitologi Mesir.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar