Google+ Followers

Sabtu, 09 November 2013

10 Sosok Terkenal dalam Mitologi Celtic

1st : MORRIGAN

Kisah Morrigan, dewi perang tertinggi adalah salah satu yang sangat menarik. Dia adalah Ratu hantu dan setan, bentuk-shifter. Dia sering mengambil bentuk burung gagak gagak atau bangkai. Dia adalah seorang dewi triple di Irlandia, yang terdiri dari Babd, aspek ibu, terkait dengan kuali, gagak dan gagak dan kehidupan, kebijaksanaan, inspirasi dan pencerahan. Aspek kedua adalah Macha, para pembela wanita dalam perang seperti dalam damai, dewi perang dan kematian. Licik, kekuatan fisik semata, seksualitas, fertilitas, dominasi atas laki-laki. Dan aspek ketiga, Nemain-Celtic Dewi panik dan perang.

2nd : AONGHUS

Dalam mitologi Irlandia, Óengus (Old Irlandia), Aengus (Irish Tengah), atau Aengus atau Aonghus (modern Irlandia), adalah anggota dari Tuatha De Danann dan mungkin dewa cinta, pemuda dan inspirasi puitis. Ia juga disebut Aengus OG ("Aengus muda"), Mac ind OG ("anak muda"), Mac OG ("anak muda") atau Maccan.

3rd : DANU

Dalam mitologi Irlandia, Danu ([danu]; Irlandia modern Dana [D ˠ sebuah ˠ ə]) adalah dewi ibu dari Tuatha De Danann (Old Irish: "Orang-orang dari dewi Danu"). Meskipun terutama dilihat sebagai sosok leluhur, beberapa sumber Victorian ini juga mengasosiasikan dirinya dengan tanah.

4th : DAGDA

Dalam mitologi Irlandia, Dagda adalah seorang pendeta tinggi yang memiliki harpa besar dan indah. Selama perang, satu suku musuh mencuri harpa Dagda dan membawanya ke sebuah kastil yang ditinggalkan. Dagda mengikuti suku itu dan dipanggil untuk menuju letak kecapinya. Dagda datang untuk kecapi dan ia mulai memainkan chordnya. Kecapi itu mengeluarkan musik yang memilukan dan semua orang di istana mulai menangis. Dagda memukul chord lagi dan memainkan kecapi, Musik Mirth dan semua prajurit mulai tertawa. Kemudian Dagda memainkan chord akhir dan kecapi mengeluarkan musik yang menidurkan semua orang, sehingga Dagda bisa melarikan diri dengan harpa gaibnya tanpa terluka.

5th : CUCHULAINN
File:Cuslayshound.jpg
CU Chulainn, juga dieja CU Chulaind atau Cúchulainn, Irlandia untuk "Culann's Hound") dan kadang-kadang dikenal dalam bahasa Inggris sebagai Cuhullin, adalah seorang pahlawan mitologi Irlandia yang muncul dalam cerita-cerita dari Siklus Ulster, serta di Skotlandia dan cerita rakyat Manx. putra dewa Lugh dan Deichtine (adik Conchobar mac Nessa), nama masa kecilnya adalah Setanta.

6th : BRIGIT

Dalam agama Celtic dan mitologi Irlandia, Brigit atau Brighid adalah putri dari Dagda dan salah satu Tuatha De Danann. Dia adalah istri Bres dari Fomorians, dengan siapa ia memiliki seorang putra, Ruadán. Dia telah disembah oleh orang-orang Celtic sebagai Saint selama lebih dari seribu lima ratus tahun, dan sebagai Dewi jauh sebelum invasi Romawi dari Inggris dan kelahiran Kristus. Kultus nya itu begitu kuat sehingga Celtic Gereja Kristen harus mengadopsi dia sebagai Saint, dan Gereja Katolik Roma mengikuti, bagi bangsanya tidak akan meninggalkan dia. Nama 'Inggris' adalah derivasi dari nama Brigit. Inggris bernama untuk suku Celtic kuno, Brigantes, yang menyembah Brigit dan suku Celtic terbesar untuk menduduki kepulauan Inggris pada masa pra-Romawi

7th : ARAWN
http://www.members.tripod.com/nemesisnight/arawn.jpg
Dalam mitologi Welsh, Arawn adalah raja dari alam otherworld dari Annwn, muncul menonjol dalam cabang pertama, dan disinggung di keempat. Dalam tradisi kemudian, peran raja Annwn sebagian besar disebabkan oleh psychopomp Welsh, Gwyn ap Nudd. Namun, memori Arawn yang disimpan dalam pepatah tradisional yang ditemukan dalam cerita rakyat Cardigan tua:

8th : CERNUNNUS

Cernunnos adalah nama konvensional diberikan dalam studi Celtic untuk penggambaran "bertanduk dewa" dari Celtic kemusyrikan. Nama itu sendiri hanya dibuktikan sekali, pada abad ke-1 Pilar dari pengemudi perahu, namun penggambaran sosok bertanduk atau antlered, sering duduk bersila dan sering dikaitkan dengan hewan dan memegang atau memakai TORCS, diketahui dari kasus lain.
Tidak ada yang diketahui tentang dewa dari sumber-sumber sastra, dan rincian tentang namanya, kultus atau makna dalam agama Celtic tidak diketahui. Interpretasi spekulatif mengidentifikasi dirinya sebagai dewa alam atau kesuburan.


9th : TUATHA-DE-DANANN

The Tuatha De Danann ("orang-orang dari dewi Danu") adalah ras orang dalam mitologi Irlandia. Dalam invasi tradisi yang dimulai dengan Lebor Gabála Érenn, mereka adalah kelompok kelima untuk menyelesaikan Irlandia, menaklukkan pulau dari Bolg Fir.
The Tuatha De Danann diperkirakan berasal dari dewa pra-Kristen dari Irlandia. Ketika cerita hidup ditulis, Irlandia sudah Kristen selama berabad-abad, dan Tuatha De diwakili sebagai fana raja, ratu dan pahlawan dari masa lalu, namun ada banyak petunjuk status Dewa mereka sebelumnya. Sebuah puisi dalam Kitab Leinster daftar banyak dari mereka, tetapi akhirnya "Meskipun [penulis] menyebutkan mereka, ia tidak menyembah mereka." Goibniu, Creidhne dan Luchta disebut sebagai Tri Dana ("tiga dewa keahlian"), dan nama Dagda itu ditafsirkan dalam teks-teks abad pertengahan sebagai "dewa yang baik." Bahkan setelah mereka terlantar sebagai penguasa Irlandia, karakter seperti Lugh, yang Morrigan, Aengus dan Manannan mac Lir muncul dalam kisah berlatar abad kemudian, menunjukkan semua tanda-tanda keabadian. Mereka juga memiliki banyak persamaan di seluruh dunia Celtic: Nuada adalah serumpun dengan Inggris dewa Nodens, Lugh adalah refleks dari pan-Celtic dewa Lugus, Tuireann berkaitan dengan Galia Taranis, Ogma ke Ogmios, the Badb to Catubodua.


10th : ABANDINUS
 
Abandinus adalah nama yang digunakan untuk merujuk kepada dewa Celtic atau roh laki-laki yang disembah di Godmanchester dan Cambridgeshire selama periode Romano-Celtic.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar