Google+ Followers

Sabtu, 09 November 2013

10 Sosok Terkenal dalam Mitologi Karibia

1st : BONDYE
http://joebrrgn72.files.wordpress.com/2010/04/post-3786-1231356195.jpg
Bondye adalah dewa tertinggi di Haiti Vodou. Kata ini berasal dari Perancis bon Dieu (Allah yang baik). Vodouisants menganggap Bondye sebagai pencipta segalanya. Bondye jauh dari penciptaan, menjadi dewa pandeist. Karena itu, ia menjauhkan diri dari setiap urusan hari dan Vodouisants tidak percaya bahwa mereka dapat menghubungi-Nya untuk bantuan.
Karena Bondye tidak bisa diakses, Vodouisants tujuan doa-doa mereka kepada badan lebih rendah, roh-roh yang dikenal sebagai loa, atau mistè. Yang paling menonjol loa termasuk Papa Legba (wali dari persimpangan jalan), Erzulie Freda (semangat cinta), Simbi (semangat hujan dan penyihir), Kouzin Zaka (semangat pertanian), dan The Marasa, kembar dianggap ilahi menjadi anak-anak pertama Bondye.
loa ini dapat dibagi menjadi 21 negara, yang meliputi Petro, Rada, Kongo dan Nago Petro dan kontras Rada paling dengan satu sama lain, karena Petro panas atau agresif dan gelisah, sedangkan Rada keren atau tenang dan damai.

2nd : BARON-SAMEDI

Baron Samedi adalah salah satu dari roh Voodoo Haiti. Samedi adalah roh orang mati, bersama dengan Baron berbagai inkarnasi lain Baron Cimetière, Baron La Croix, dan Baron Kriminel. Dia adalah kepala keluarga Guede dari Loa, atau aspek dari mereka, atau mungkin ayah rohani mereka. 'Samedi' berarti 'Saturday' dalam bahasa Prancis. Istrinya adalah Loa Maman Brigitte.

3rd : LOA

Loa (juga Lwa atau L'wha) adalah roh dari Haiti Vodou. Mereka Juga Disebut sebagai Mystères dan Invisibles, di mana adalah perantara Antara Bondye (Bon Dieu, atau dewa yang baik) Sang Pencipta, yang jauh dari dunia dan kemanusiaan. Tidak seperti orang-orang suci atau malaikat namun, mereka adalah perantara jarak jauh untuk Bondye.

4th : ORICHAS

Orisha (juga dieja Orisa atau Orixa) adalah roh atau dewa yang mencerminkan salah satu manifestasi Tuhan dalam sistem spiritual atau agama Yoruba. Agama ini telah menemukan jalan di seluruh dunia dan sekarang dinyatakan dalam praktek beragam seperti Santeria, Candomblé, Trinidad Orisha, Anago dan Oyotunji, serta dalam beberapa aspek Umbanda, Winti, Obeah, Vodun dan sejumlah orang lain. Varietas ini, atau silsilah spiritual sebagaimana mereka disebut, telah dijalankan di seluruh wilayah Nigeria, Republik Benin, Togo, Kuba, Republik Dominika, Brasil, Guyana, Haiti, Jamaika, Puerto Rico, Suriname, Trinidad dan Tobago, Amerika Serikat , Uruguay, Argentina dan Venezuela antara lain. Sebagai bunga dalam agama-agama pribumi Afrika (sistem spiritual) tumbuh, masyarakat Orisha dan garis keturunan dapat ditemukan di bagian Eropa dan Asia juga. Sementara estimasi dapat bervariasi, beberapa sarjana percaya bahwa mungkin ada lebih dari 100 juta penganut tradisi spiritual ini di seluruh dunia.

5th : AIDA-WEDO

Dalam Vodou, terutama di Benin dan Haiti, Aida-Weddo adalah Roh kesuburan, pelangi, angin, air, api, dan ular. Ayida-Weddo dikenal sebagai Rainbow Serpent. Varian dari nama Ayida-Weddo meliputi Aida-Weddo, Ayida-Wedo, Aido quedo, dan Aido Hwedo.

6th : OGOUN

Adalah orisha (dewa) dan loa (roh) yang memimpin besi, berburu, politik dan perang. Dia adalah pelindung pandai besi, dan biasanya ditampilkan dengan sejumlah atribut: golok atau pedang, rum dan tembakau. Dia adalah salah satu dari para suami Erzulie, Oshun, dan Oya dan seorang teman untuk Eshu.

7th : ERZULIE

Dewi cinta, romansa, kecantikan dan feminisme karibia.

8th : BARON-CIMETIERE

Baron Cimitière (Baron Cemetery) adalah salah satu penjaga roh orang mati, bersama dengan Baron Samedi dan Baron La Croix. Dia dikatakan menjadi wali laki-laki dari pemakaman, melindungi kuburan nya.

9th : MAMAN-BRIGITTE

Maman Brigitte (Grann Brigitte, Manman, Manman Brigit, Manman Brijit) adalah Dewa kematian loa, istri Baron Samedi. Dia minum rum diresapi dengan paprika panas dan dilambangkan oleh ayam hitam. Seperti Baron dan Ghede, dia menggunakan kata-kata kotor.
Dia melindungi batu nisan di kuburan jika mereka benar ditandai dengan salib.


10th : DAMBALLAH
 
Dalam Vodou, Damballah adalah salah satu yang paling penting dari semua loa (juga dieja lwa). Damballah adalah Dewa langit dan dianggap pencipta primordial dari semua kehidupan. The veve dari Damballah terdiri dari dua ular menonjol di antara lambang lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar