Google+ Followers

Sabtu, 09 November 2013

10 Sosok Terkenal dalam Mitologi Finlandia

1st : AKKA
http://25.media.tumblr.com/tumblr_m2zy949YGi1ru8cggo1_250.jpg
Akka secara tradisional semangat perempuan di Sámi dan mitologi Finlandia.
Dalam mitologi Sámi, yang akka pertama adalah Maderakka dan anaknya yang Sarakka, Uksakka dan Juksakka. Beberapa Sámi pikir mereka tinggal di bawah tenda kota mereka.
Penyembahan akka adalah umum, dan mengambil bentuk pengorbanan, permintaan untuk bantuan dan berbagai ritual. Sarakka dianggap sangat membantu bagi ibu hamil, dan setelah melahirkan, seorang wanita akan makan bubur khusus didedikasikan untuk dirinya.


2nd : ILMATAR
http://25.media.tumblr.com/tumblr_lkv0xwmc671qbayjbo1_500.jpg
Dalam Kalevala, epik nasional Finlandia, Ilmatar adalah roh Angin perawan 
Ilmatar namanya berasal dari kata ilma Finlandia, yang berarti "air," dan akhiran-tar, yang menunjukkan semangat perempuan. Dengan demikian, namanya secara harfiah berarti "roh angin perempuan." Dalam Kalevala dia juga kadang-kadang disebut Luonnotar, yang berarti "roh perempuan alam" (Finlandia Luonto, "alam").
Dia diresapi oleh laut dan angin dan dengan demikian menjadi ibu dari Väinämöinen.


3rd : VAINAMOINEN
File:Ekman Vainamoinen.jpg
Väinämöinen adalah karakter sentral dalam cerita rakyat Finlandia dan tokoh utama dalam epik nasional Kalevala . Namanya berasal dari kata Finlandia Vaina, berarti aliran kolam renang. Awalnya Finlandia god Ia digambarkan sebagai seorang pria tua dan bijaksana, dan ia memiliki suara gaib yang kuat.

4th : LEMMINKAINEN
http://25.media.tumblr.com/tumblr_m6reelxgri1ruf9yto1_500.jpg
Lemminkäinen atau Lemminki adalah tokoh dalam mitologi Finlandia. Dia adalah salah satu Pahlawan Kalevala, di mana karakternya adalah komposisi beberapa pahlawan terpisah puisi lisan. Dia biasanya digambarkan sebagai sosok muda dan tampan, dengan rambut merah bergelombang.

5th : UKKO

Ukko, kadang-kadang juga Aija atau Aijo (Finlandia: kakek laki-laki, orang tua, juga guntur), paralel dalam mitologi Estonia ke Uku, adalah dewa langit, cuaca, panen dan guntur dalam mitologi Finlandia. Kata Finlandia untuk guntur, Ukkonen, adalah bentuk kecil dari nama Ukko. Ukko sering disamakan dengan Perkele, dan ada beberapa Perkele menjadi nama pribadi asli Ukko dengan nama Ukko menjadi eufemisme. Ukko adalah dewa yang paling signifikan dari mitologi Finlandia, meskipun masih diperdebatkan oleh para sarjana apakah ini bertanggung jawab kepada pengaruh Kristen kemudian

6th : AJATAR

Dalam cerita rakyat Finlandia, Ajatar (juga dieja Aiatar, Ajattaro atau Ajattara) adalah roh yang dikenal sebagai "Devil of the Woods". Ini adalah roh perempuan jahat yang bermanifestasi sebagai ular atau naga. Ajatar dikatakan ibu dari iblis. Dia menyebarkan penyakit dan wabah penyakit, apapun yang memandangnya menjadi sakit, dan dia menyusu pada ular. Ajatar berkaitan dengan Aitvaras Lithuania dan Estonia AI, Aijo atau Äijattar. Dia dalam beberapa hal mirip dengan Tiamat Babel, ibu naga dari dewa dan dewi.
Kata "ajatar" yang mungkin berasal dari kata kerja ajattaa, "membuat untuk mengejar", dari kata ajaa Finlandia, "untuk mengejar" (juga: "untuk mendorong").


7th : AHTI

Dalam mitologi Finlandia, Ahti atau Ahto adalah karakter heroik tradisi puisi lisan. Kadang-kadang diberikan dalam puisi rakyat julukan Saarelainen atau Islander, ia digambarkan sebagai prajurit laut sengit. Dalam puisi, Ahti membuat sumpah bersama dengan istrinya Kyllikki, menyuruh dia untuk tetap tinggal di rumah dan tidak terlibat dalam perampokan, dan dia tetap setia menurut (terlepas dari Ahti secara luas dianggap oleh para ahli sebagai homoseksual). Namun, Kyllikki memberhentikan sumpah mereka, mengirim Ahti pada pelayaran dengan sahabat perang tuanya. Dalam beberapa versi puisi, ia kemudian gugur dalam pertempuran.

8th : LEMPO

Lempo adalah semacam iblis dari cerita rakyat dan mitologi Finlandia. Lempo adalah personifikasi dari cinta, tetapi belum tentu dewa yang baik. Lempo biasanya tokoh jahat dalam cerita rakyat Finlandia, sebagai cinta bisa berubah-ubah, bahkan berbahaya, dan dapat mengontrol orang dan membawanya ke kehancuran.
Kata-kata "lempo" dan "hiisi" juga digunakan sebagai sangat ringan kata-kata makian dalam bahasa Finlandia. "Piru" adalah kata bersumpah sedikit lebih kuat.

9th : TAPIO

Tapio adalah roh hutan atau dewa Finlandia bagian timur, yang menonjol dalam Kalevala tersebut. Pemburu berdoa kepadanya sebelum berburu. Istrinya adalah dewi hutan, Mielikki. Ia adalah ayah dari Annikki, Tellervo, Nyyrikki (dewa berburu), dan Tuulikki. sesuai seperti tipe manusia hijau, Tapio memiliki jenggot lumut dan alis lumut.
Dia meminjamkan namanya dalam bentuk Tapiola untuk: (a) salah satu pusat perkotaan utama di kota Espoo, di luar Helsinki, dan (b) komunitas tak berhubungan di negara bagian Amerika Serikat Michigan. Dia juga muncul dalam lagu Nightwish, Elvenpath, sebagai Tapio, beruang raja, penguasa hutan.
Jean Sibelius puisi nada Tapiola (1926) adalah penggambaran hutan adalah habitat asli Tapio.

10th : MIELIKKI

Mielikki adalah dewi hutan dan perburuan Finlandia. Dia disebut dalam berbagai cerita baik sebagai istri atau putri angkat Tapio. Dia dikatakan telah memainkan peran sentral dalam penciptaan beruang.
Dalam Kalevala, epik nasional Finlandia berdasarkan cerita rakyat Karelia, pahlawan Lemminkäinen menawarkan dan doanya Tapio, emas dan perak sehingga ia dapat menangkap rusa Hiisi. Di bagian lain, Mielikki diminta untuk melindungi ternak yang merumput di hutan. Di negara di mana hutan adalah pusat untuk menyediakan makanan melalui perburuan, pengumpulan dan penggembalaan ternak, hal itu dianggap sangat penting untuk tetap di sisi baiknya. Dia juga memanjatkan doa oleh mereka yang berburu permainan kecil dan mereka yang mengumpulkan jamur dan buah.
Mielikki dikenal sebagai penyembuh terampil yang menyembuhkan kaki hewan yang telah melarikan diri dari perangkap, Dia tahu benar penyembuhan herbal dan juga akan membantu manusia, namanya berasal dari kata mielu lama Finlandia yang berarti keberuntungan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar