Google+ Followers

Sabtu, 09 November 2013

10 Sosok Terkenal dalam Mitologi Jepang

1st : AKUMA
http://fc02.deviantart.net/fs48/f/2009/220/b/7/Akuma_Onis___King_by_Athayar.jpg
Monster dari Jepang ini biasanya juga disebut sebagai Toori Akuma atau Ma. la adalah monster jahat yang menakutkan, dengan kepala api yang besar dan mata yang menyerupai batubara. [a bisa terbang di udara sambil membawa pedang. Orang yang melihat Akuma dipercayai akan mendapatkan kesialan.

2nd : BENTEN

Adalah nama Jepang untuk Dewi Saraswati dalam kepercayaan Hindu. Pemujaan Benzaiten hadir di Jepang selama abad ke-6 hingga ke-8, terutama melalui penerjemahan Sutra Cahaya Emas dari bahasa Cina, yang ada pembahasan mengenainya. Dia juga disebut dalam Sutra Teratai dan sering digambarkan memegang biwa, semacam kecapi tradisional Jepang, berbeda dengan Saraswati yang memegang alat musik petik yang dikenal sebagai veena. Benzaiten adalah entitas yang sinkretis dengan ajaran Buddha maupun Shinto.

3rd : AMATERASU
http://3.bp.blogspot.com/-jCaeqLdRRXQ/ULHJDwhHg2I/AAAAAAAAAok/lZY7G7kvQ9g/s1600/Amaterasu2.jpg
Amaterasu-ōmikami  atau Ōhiru-menomuchi-no-kami dalam mitologi Jepang adalah dewa matahari dan merupakan dewa ( kami) Shinto yang paling penting. Ia lahir dari mata kiri Izanagi.
Ia juga dikatakan berhubungan secara langsung dengan garis silsilah rumah tangga kerajaan Jepang dan kaisar.
Dalam budaya populer, dalam serial Naruto, Itachi menggunakan jurus bernama Amaterasu.

4th : SHICHI-FUKU-JIN

Shichifukujin merupakan dewa dalam salah satu kepercayaan masyarakat Jepang yang sangat populer. Dewa-dewa dalam Shichifukujin terdapat dewa-dewa yang mendapat pengaruh dan mengalami asimilasi dari dewa Hindu di India dan dewa Buddha di Cina. Hotei (kesenangan dan kebahagiaan) merupakan dewa yang mendapat pengaruh dari dewa Budai dalam agama Buddha di Cina. Sedangkan Daikokuten (dewa kekayaan),Benzaiten (dewi seni dan musik) dan Bishamonten (dewa pelindung dan kekayaan) mendapat pengaruh dari dewa Mahakala,Sarasvati dan Kuvera dalam agama Hindu

5th : SUSANOO

Susano'o atau juga disebut Tatehaya Sosano wo no Mikoto adalah dewa laut dan badai dalam agama Shinto. Susano'o adalah saudara dari Amaterasu (dewi matahari) dan Tsukuyomi (dewa bulan). Mereka bertiga adalah anak dari Izanagi yang lahir ketika Izanagi membersihkan dirinya (mencuci wajahnya). Susano'o lahir ketika Izanagi mencuci hidungnya. Pada suatu hari, Izanagi memerintahkan Susano'o untuk pergi ke dunia meninggalkan surga. Sebelum kepergiannya, Susano'o pergi kepada Amaterasu untuk mengucapkan selamat tinggal. Amaterasu merasa curiga terhadap kedatanggannya, maka dari itu, Susano'o mengajukan sebuah tantangan untuk menunjukkan ketulusan hatinya. Amaterasu setuju. Susano'o dan Amaterasu saling bertukar benda, dan dari benda tesebut mereka harus melahirkan dewa-dewi. Amaterasu melahirkan 3 dewi dari pedang Susano'o, sedangkan Susano'o melahirkan 5 dewa dari kalung Amaterasu. Amaterasulah yang menang karena barang milik Amaterasu melahirkan 5 dewa. Hal ini membuat Susano'o marah. Kemudian Susano'o mengahncurkan sawah milik saudaranya itu dan membunuh salah satu pengikutnya.Setelah kejadian itu, Amaterasu bersembunyi di dalam Ama-no-Iwato (Goa batu surga). Karena Amaterasu bersembunyi, otomatis langit menjadi gelap karena matahari tidak muncul. Susano'o dihukum di sebuah desa.

6th : IZANAGI
http://kkcdn-static.kaskus.co.id/images/2012/11/28/3549148_20121128122052.jpg
Izanagi juga dikenal sebagai dewa matahari. Dia juga dikenal sebagai “laki-laki yang mengajak”. Ayahnya adalah Inn dan ibunya Gaea. Putra-Nya Emma-O, Takamimusubi, Susunawo, Tsukiyomi, Shinatsuhiko dan Kagutsuchi. Putri-Nya Uke Mochi dan Amaterasu. Izanagi memiliki kekuatan super dan mengendalikan energi kosmik. Izanagi dan istrinya dan adik Izanami menciptakan dunia. Keduanya berdiri di jembatan apung dari langit dan mengaduk samudra dengan menggunakan tombak permata. Tetes jatuh dari tombak menciptakan pulau pertama Jepang yang disebut Onogoro. Izanagi dan Izanami menikah satu sama lain dan menghuni pulau tersebut. Sayangnya keturunan pertama mereka lahir cacat. Selanjutnya delapan anak lahir yang berubah menjadi pulau-pulau Jepang. Mereka memiliki lebih banyak anak yang menjadi gunung-gunung, sungai, lembah dan banyak fitur fisik lainnya dari Jepang. Izanami terbakar saat melahirkan dewa api Kagutsuchi. Air matanya membentuk allah lain dan dia meninggal.

7th : ADACHIGAHARA
http://nihonjinron.files.wordpress.com/2011/05/adachigahara1.jpg
Onibaba adalah hantu dari cerita rakyat Jepang yang memiliki penampilan seorang wanita tua yang sangat suka memakan manusia. Onibaba bermukim di gua kecil di Adachigahara, Ia lebih dikenal dengan sebutan Hantu Wanita tua dari Adachigahara.
Menurut cerita Onibaba seorang wanita tua yang keriput. Dengan rambut yang acak-acakan seperti orang gila, dan mulut yang menganga lebar, terkadang digambarkan dengan memegang pisau dan duduk dengan segulung benang yang disampingnya terdapat panci yang berisikan rebusan air. Dia sering menyembunyikan penampilan setan nya untuk mengelabui korbannya dengan menyamar sebagai nenek tua yang menyendiri.
Diceritakan bahwa onibaba membunuh korbannya dengan mengambil ginjal dan hati mereka secara hidup-hidup lalu merebus dan memakannya tetapi yang lebih disenanginya yaitu meminum darah janin bayi manusia.
Ada sebuah museum kecil di Adachigahara yang dikatakan menyimpan panci dan pisau Onibaba yang digunakan untuk membunuh dan memasak korbannya.

8th : TSUKIYOMI

Tsukuyomi atau Tsukiyomi (月読 dikenal pula dengan sebutan Tsukiyomi-no-mikoto), adalah dewa bulan di agama Shinto dan mitologi Jepang. Nama Tsukuyomi –no-Mikoto adalah kombinasi dari huruf-huruf Jepang yaitu : “bulan” (tsuki) dan “membaca/menghitung” (yomu). Sumber lain menyabutkan bahwa nama tersebut adalah kombinasi dari “malam terang bulan” (tsukiyo) dan “melihat” (miru). Ada pula yang menyebutkan gabungan dari kanji “membungkuk/menyembah” (yumi) yang lama kelamaan menjadi “yomi”. “Yomi” sendiri bisa berarti dunia bawah, tetapi hal ini sama sekali tidak sesuai dengan gambaran sosok dewa bulan ini.

9th : BISHAMON

Bishamon dianggap sebagai dewa perang. Dia perisai manusia dari setan dan penyakit. Bishamon digambarkan menunggang setan, mengenakan baju besi dengan tombak di tangannya. Ayahnya adalah Izanagi dan ibu Marish-sepuluh. Putra-Nya Jorojin, Hotei, Fukrokuju dan Daikaiku. Bishamon musuh adalah yang Mikaboshi setan. Akhir-akhir ini, di beberapa komik itu menunjukkan bahwa Bishamon, bersama dengan dewa-dewa lain dari Jepang, membantu para dewa dari Olympus untuk mengalahkan Mikaboshi. Dia juga disebut Bishamonten, Tamon dan Bishamon-Temo. Bishamon adalah bagian dari Fukujin Shichi, tujuh dewa keberuntungan yang melambangkan panjang umur, popularitas, keramahan, keberuntungan, kemurahan hati, martabat dan keterusterangan. Di antara kekuatan Bishamon adalah kekuatan super dan pengetahuan seni mistis. Bishamon dianggap sebagai nenek moyang kaisar ilahi Jepang.

10th : AIZEN-MYOO

Aizen Myoo adalah Dewa Cinta yang berasal dari Jepang dipuja oleh para pelacur, tuan tanah, penyanyi dan musisi, dewa cinta yang mengubah nafsu menjadi keinginan utk mencapai pencerahan atau belas kasih bagi seluruh makhluk hidup

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar