Google+ Followers

Sabtu, 09 November 2013

10 Sosok Terkenal dalam Mitologi Suku Aztec

1st : QUETZALCOATL

Quetzalcoatl adalah dewa pencipta dan langit Aztek. Namanya adalah gabungan dari kata quetzal, burung Mesoamerika berwarna cerah, dan coatl, berarti ular. Quetzalcoatl sering dirujukkan sebagai Ular Bersayap dan berhubungan dengan planet Venus. Kini, Quetzalcoatl adalah dewa Aztek yang paling terkenal, dan sering dianggap sebagai kepala dewa Aztek. Namun, Quetzalcoatl hanya satu dewa dari pantheon Aztek, tidak dianggap lebih besar dari yang lainnya.

2nd : HUITZILOPOCHTLI

Pada mitologi Aztek, Huitzilopochtli, juga disebut Uitzilopochtli, ("Kolibri Selatan", "Dia dari Selatan", "Kolibri di kiri (selatan)", atau "Burung Kolibri Bertangan kiri" – huitzilin adalah huruf bahasa Nahuatl untuk Kolibri), adalah dewa perang dan dewa matahari dan pelindung kota Tenochtitlan. Ia juga merupakan dewa nasional Tenochtitlan.

3rd : CHANTICO
http://images.vector-images.com/clipart/xl/290/chantico_c_rios.jpg
Di dalam sebuah mitologi Nahuatl terdapat seorang dewi yang bernama Chantico ia adalah dewi api dan gunung berapi. Dalam sebuah cerita, Chantico melanggar kewajibannya untuk berpuasa dengan memakan paprika,paprika merupakan makanan yang dilarang, dan ikan bakar. Maka sebagai hukumannya Tonacatecuhtli mengutuknya menjadi seekor anjing.

4th : OMETECUHTLI

Ometecuhtli, (Nahuatl: "Dua-Tuhan") dewa Aztec, "Lord of the Duality" atau Lord of Life, yang mewakili salah satu aspek dari dualisme kosmis dari tradisi Aztec. Dengan rekan wanitanya, OmecĂ­huatl ("Dua-Lady" atau "Lady of Duality ini"), Ometecuhtli tinggal di Omeyocan ("Dua-Place" atau "Surga ganda"), tanggal 13 dan tertinggi Aztec surga. Faktor-faktor yang berlawanan di alam semesta Aztec termasuk pria dan wanita, terang dan gelap, gerak dan ketenangan, dan ketertiban dan kekacauan. Ometecuhtli adalah satu-satunya dewa Aztec kepada siapa ada candi itu didirikan, juga tidak ada kultus resmi aktif dalam namanya. Melihat dia sebagai jauh di langit, suku Aztec diasumsikan ia tidak akan pernah berinteraksi dengan mereka secara langsung, tapi mereka menyadari kehadirannya dalam setiap tindakan ritual dan di setiap irama alam.

5th : TEZCATLIPOCA
File:Tezcatlipoca.png
Tezcatlipoca (Tez-ca-tlee-PO-ka), yang namanya berarti "Cermin Asap", adalah dewa Aztec malam dan ilmu sihir, serta dewa pelindung raja Aztec dan prajurit muda. Seperti banyak dewa Aztec, ia memiliki berbagai aspek yang berhubungan dengan langit, angin, utara, bumi, kerajaan, ramalan, dan perang. Untuk aspek yang berbeda ia diwujudkan, Tezcatlipoca juga dikenal sebagai Red Tezcatlipoca Barat, dan Black Tezcatlipoca Utara, dikaitkan dengan kematian dan dingin.

6th : ACOLMIZTLI

Adalah Dewa dari Neraka suku Aztec

7th : TLALOC

Tlaloc adalah dewa dalam agama Aztek. Ia adalah dewa hujan, kesuburan, dan air. Dewa Tlaloc adalah dewa yang memberikan kehidupan dan rezeki, tetapi juga ditakuti karena dapat mengirim hujan es, petir dan guruh. Ia juga menjadi penguasa elemen air yang kuat.
Dewa Tlaloc juga dikenal meminta pengorbanan anak-anak

8th : COATLICUE
http://putri2wotan.files.wordpress.com/2010/12/coatlicue-di-museum-antropologi-dan-sejarah-meksiko.jpg
Coatlicue adalah banyak segi. Seperti Coatlicue dia adalah dewi bumi Aztec, pencipta dan perusak bumi, ibu para dewa dan manusia, orang yang melahirkan bulan dan bintang-bintang. Tapi dia juga disebut Teteoinnan, "ibu para dewa," Toci, "leluhur kami," Cihuacoatl, dewi menakutkan persalinan dan pelindung wanita-wanita yang meninggal dalam kelahiran, Tonanantzin, "ibu kami," Tlazolteotl, dewi ketidakmurnian seksual dan perilaku salah dan sederhana, "Ular Perempuan." Selain itu dia juga dikenal sebagai dewi api dan kesuburan, kehidupan, kematian dan kelahiran kembali, dan ibu dari bintang-bintang selatan. Cocok untuk dewi makna yang luas seperti dan tanggung jawab, penampilannya adalah ... kompleks. Seperti ular melambangkan kesuburan, wajahnya dikatakan dua ular bertaring, roknya ular terjalin. Payudaranya digambarkan sebagai lembek, karena ia banyak gizi. Dan, seperti bumi mengkonsumsi semua orang yang mati, kalung terbuat dari hati manusia, tangan dan tengkorak. Ya, tidak persis potret seorang ibu yang penuh kasih.

9th : PIQUETE-ZINA
http://farm9.staticflickr.com/8363/8394512387_4946b5cf86_z.jpg
Aztec Dewa Kelelawar, yang dikenal sebagai Batman.
Sama seperti superhero Gotham, Batman memiliki rekan dengan nama dimulai dengan "R". Sayangnya "R" adalah kelinci yang sering mabuk, dan Piquete-Zina sering terlihat dengan Ometotchtli - pemimpin Centzon Totochtin.


10th : CHALCHIUHTLICUE

Pada Mitologi Aztek, Chalchiuhtlicue (juga disebut Chalciuhtlicue, atau Chalcihuitlicue) adalah dewi danau dan sungai kecil Ia juga merupakan seorang pelindung kelahiran dan memainkan peran dalam baptis Aztek. Pada mitologi lima matahari, ia memiliki kekuasaan terhadap dunia keempat, yang hancur akibat banjir besar yang ia buat untuk menghukum yang jahat. Ia juga mengetuai hari 5 Ular dan trecena 1 Reed.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar