Google+ Followers

Sabtu, 09 November 2013

10 Sosok Terkenal dalam Mitologi Suku Maya

1st : CHAC

Chac adalah nama dari dewa hujan suku Maya. Dengan kapak kilat, Chaac menubrukan awan dan menghasilkan petir dan hujan. Chaac sama dengan Tlaloc yaitu dewa suku Aztec.

2nd : AH-PUCH

Ah Puch adalah nama untuk penguasa Mitnal, dunia bawah terendah, dan untuk Dewa Kematian suku Maya. Sementara nama ini secara luas diterima, tampak bahwa itu sebenarnya satu salah. Versi yang lebih benar dari namanya adalah Ah Pukuh.
Ah Puch biasanya digambarkan sebagai sosok kerangka, mungkin dengan kepala burung hantu. Hal ini dikarenakan kepercayaan suku Maya bahwa ketika seekor burung hantu meneriakan seseorang meninggal. Ia sering digambarkan merokok cerutu. Dia juga mengenakan lonceng dalam tubuhnya untuk mengingatkan manusia akan kehadirannya, bagaimanapun, ini mungkin sekali tidak perlu karena dia adalah seorang mayat yang membusuk, dan salah satu dari banyak nama Kisin nya dapat diterjemahkan sebagai The Flatulent One.


3rd : KINICH-AHAU

Kinich Ahau (K'inich Ajaw) adalah nama Yucatec abad ke-16 dari dewa matahari suku Maya, ditunjuk sebagai dewa G ketika mengacu pada naskah. Pada periode Klasik, dewa G digambarkan sebagai seorang pria setengah baya dengan hidung bengkok, mata persegi besar, juling, dan gigi seri diajukan di baris atas gigi. Di antara Lacandons selatan, Kinich Ahau terus memainkan peran penting dalam cerita di abad ke-20.

4th : EK-CHUAH
http://www.maya4you.com/images/maya/goetter/mayagott_ek_chuah_kriegsgott.jpg
Juga dieja Ek Chuah, para "pemimpin perang hitam" adalah dewa pelindung prajurit dan pedagang, digambarkan membawa tas di bahunya. Dalam seni, dia adalah seorang pria berkulit gelap dengan lingkaran di sekitar matanya, ekor kalajengking dan menggantung bibir bawah. Dalam penelitian modern awal seni Maya dan ikonografi, ia kadang-kadang disebut sebagai Tuhan M sebelum identitasnya mapan.

5th : IXCHEL

Ixchel atau Ix Chel adalah nama dari abad ke-16 usia dewi jaguar kebidanan dan kedokteran dalam budaya suku Maya kuno. Dia sesuai, lebih atau kurang, untuk Toci Yoalticitl "Nenek kami Dokter Nocturnal", seorang dewi bumi Aztec mendiami sweatbath, dan berhubungan dengan dewi Aztec yang lain dan dipanggil saat lahir, yaitu. Cihuacoatl (atau Ilamatecuhtli) Dalam revisi Schellhas-Zimmermann klasifikasi dewa codical, Ixchel sesuai dengan dewi O.

6th : ALPHABET-GODS
http://the-kundalini.com/wp-content/uploads/2012/11/Mayan-Alphabet-Gods.jpg
Dewa Alphabet suku Maya: Di hari terakhir pencarian arkeologi, pada saat mesin terbang itu masih menjadi misteri, hingga, tak seorang pun punya ide yang sama dengan nama Dewa yang telah ada.
Jadi untuk alasan manajemen, mereka telah diakui oleh karakter alfabet.
"Ini adalah gambar Tuhan A, dan di bawah adalah Allah B. dan sebagainya"
Ini dewa tertentu A to Z awalnya diterbitkan oleh Paul Schellhas pada tahun 1904, dengan berbagai macam update muncul selama bertahun-tahun. Sebagai rincian lebih lanjut terungkap, Godologists telah semakin mampu menemukan nama masing-masing dari setiap Dewa.
Di sini mereka memiliki Dewa dalam urutan abjad. Antara lain
Alphabet God A: AH-PUCH
Alphabet God A’: KAM
Alphabet God B: CHAC
Alphabet God C: XAMAN-EK
Alphabet God CH: XBALANQUE
Alphabet God D: ITZAMNA
Alphabet God E: YUM-KAAX
Alphabet God F: BULUC-CHABTAN
Alphabet God G: KINICH-AHAU
Alphabet God H: CHICCAN
Alphabet God I: Incognito Goddess of Love :)
Alphabet God J: Er, try XBALANQUE
Alphabet God K: BOLON-TZAKAB
Alphabet God L: VOTAN
Alphabet God M: EK-CHUAH
Alphabet God N: UAYEB
Alphabet God O: IXCHEL
Alphabet God P: FROG-Alphabet God
Alphabet God Q: ETZNAB
Alphabet God R: BULUK-KAB
Alphabet God S: HUNAHPU
Alphabet God T: None
Alphabet God U: None
Alphabet God V: None
Alphabet God W: None
Alphabet God Y: EK-ZIP
Alphabet God Z: AH-TZUL


7th : VOTAN

Dalam mitologi Maya, Votan adalah dewa bumi dan gendang  awalnya seorang pahlawan manusia yang didewakan), menikah dengan Ixchel.

8th : XBALANQUE

Dalam mitologi Maya, Ixbalanque atau Xbalanque awalnya putra Hun Hunahpu dan Bulan Darah perawan. Kembarannya adalah Hunahpu. Keduanya adalah pahlawan kembar suku Maya dan bersama-sama, kisah mereka membentuk sebagian besar dari Popol Vuh, mendokumentasikan mitos penciptaan suku Maya. Xbalanque dan saudaranya Hunahpu cukup dapat dipisahkan dalam kehidupan mereka, bersama-sama mempermainkan dewa arogan dan para bangsawan dari bawah suku Maya, Xibalba. Meskipun tidak secara eksplisit dinyatakan dalam Popol Vuh, Hunahpu tampaknya telah menjadi salah satu yang dominan di antara saudaranya, sering yang melakukan pembicaraan dan perencanaan, meskipun Xbalanque itu bukan hanya saudara yang malang. Xbalanque dikreditkan dengan menyelamatkan nyawa kakaknya setidaknya sekali. Xbalanque naik ke langit setelah kematiannya dan menjadi terkait dengan bulan purnama. Xbalanque kadang-kadang disebut sebagai dewi bulan suku Maya, setelah beralih jenis kelamin dalam versi mitos.

9th : ITZAMNA

Dalam mitologi Maya Yucatec, Itzamna (pengucapan Maya : Itsamna) adalah nama Dewa pencipta yang dianggap berada di langit. Sedikit yang diketahui tentang nya, tapi referensi tersebar hadir dalam laporan awal kolonial Spanyol (Relaciones) dan kamus. Abad k-20 pengetahuan Lacandon  termasuk cerita tentang dewa pencipta (Nohochakyum atau Hachakyum) yang mungkin menjadi akhir penerus untuk Itzamna. Pada periode pra-Spanyol, Itzamna, diwakili oleh dewa D, sering digambarkan dalam buku dan dalam adegan keramik yang berasal dari buku-buku tersebut. Pada Dewa Aztec yang sesuai dengan Itzamna adalah Tonacatecuhtli.

10th : CAMA-ZOTZ
http://www.blueroadrunner.com/Images/Camazotz.gif
Dalam mitologi Maya, Camazotz (/kämäsots ) (ejaan alternatif Cama-Zotz, Sotz, Zotz) adalah dewa kelelawar. Camazotz berarti "kelelawar kematian" dalam bahasa K'iche '. Dalam Mesoamerika kelelawar dikaitkan dengan malam, kematian, dan pengorbanan.

1 komentar: