Google+ Followers

Sabtu, 09 November 2013

10 Sosok Terkenal dalam Mitologi Mesopotamia

1st : TIAMAT
http://www.creationmyths.org/enumaelish-babylonian-creation/images/Tiamat.jpg
Tiamat adalah naga raksasa dalam mitologi Babilonia Dan Sumeria, mewakili Chaos dan laut air asin. Dalam persatuan dengan Apsu, air tawar (atau air manis), ia menjadi ibu dari para dewa, dan eksistensi.
Menurut puisi epik Enuma elish, yang tanggal kembali ke sekitar 1900 SM, decendants Tiamat dan Apsu menjadi menjengkelkan, sehingga Tiamat mengusulkan bahwa mereka membunuh anak mereka sendiri. Ea menemukan rencana ini dan membunuh Apsu saat ia sedang tidur.
Tiamat mengambil permaisuri baru, anaknya Kingu, dan menciptakan pasukan monster untuk membalas kematian Apsu. Marduk memimpin para dewa melawan pasangan baru dan mengalahkan Tiamat, memotong tubuhnya menjadi dua. Dari bagian atas, Marduk menciptakan langit, dan dari bagian bawah, bumi. Dari darah Kingu itu, Marduk menciptakan manusia pertama.


2nd : ISHTAR
File:British Museum Queen of the Night.jpg
Ishtar adalah dewi kesuburan, cinta, perang, dan hubungan seksual. Dalam susunan masyarakat dewa Babilonia, ia adalah "dewi perwujudan planet Venus".
Ishtar terutama dihubungkan dengan seksualitas sebagai wujud kesuburan: upacara untuk pemujaan Ishtar melibatkan tindakan pelacuran religius; kota suci baginya adalah kota Uruk yang dijuluki sebagai "kota para pelacur suci"; sedangkan Ishtar sendiri dijuluki "pelacur para dewa".Ishtar memiliki banyak kekasih; akan tetapi kekasih utamanya adalah Gilgamesh. Pada masa mudanya Ishtar mencintai dan menjadi pasangan Tammuz, dewa panen. Cinta Ishtar dikenal sangat fatal dan berbahaya bahkan bagi para dewa sekalipun, karena cinta Gilgamesh pada Ishtarlah yang membunuh Tammuz. Ishtar adalah anak dewa Sin atau Anu. Dewi ini sangat dipuja di kota Nineveh dan Arbela (Erbil).Simbol dewi Ishtar adalah bintang bersudut delapan

3rd : ENKI

Enki atau Ea adalah Dewa Air, tapi lebih dikenal sebagai Dewa Pengetahuan dan Kebijaksanaan, karena Enki adalah Dewa yang mengajari manusia tentang pengetahuan. Enki berarti Lord (En) of Earth (Ki). Enki juga dikenal sebagai Dewa Kehidupan dan Pelestari, dan dilambangkan mengalirkan air dari bahunya.

4th : MARDUK

Marduk (ejaan Sumeria dari bahasa Akkadia: "sapi Matahari"; Alkitab: Merodakh) adalah nama bahasa Babilonia untuk dewa dari Mesopotamia kuno dan dewa pelindung kota Babilonia. Ketika Babilonia menjadi pusat politik di lembah sungai Efrat pada masa pemerintahan Hammurabi (abad ke-18 SM), ia mulai menjadi dewa utama Babilonia.

5th : APSU
http://fc00.deviantart.net/images2/i/2004/07/5/6/ABZU__God_of_the_Abyss.jpg
Abzu juga disebut engur, harfiah, ab = 'laut' zu = 'tahu' atau 'dalam' adalah nama Dewa untuk air tawar dari air bawah tanah yang diberi kualitas agama dalam mitologi Sumeria dan Akkadia. Danau, mata air, sungai, sumur, dan sumber air tawar dianggap mengambil air dari Abzu.

6th : ANU

Dalam mitologi Sumeria, Anu adalah dewa langit, penguasa rasi bintang, raja dewa, roh-roh dan setan, dan tinggal di daerah surgawi tertinggi . ia percaya bahwa ia memiliki kuasa untuk menghakimi orang-orang yang melakukan kejahatan, dan bahwa ia telah menciptakan bintang-bintang sebagai tentara untuk menghancurkan orang fasik. atribut-Nya adalah tiara kerajaan. petugas dan menteri nya negara adalah dewa Ilabrat .

7th : HUMBABA

Humbaba, Hubaba,Huwawa merupakan suatu nama dalam mitologi Mesopotamia. Namun demikian, Humbaba juga dikenal di daerah Babilonia. ia juga dikenal dalam beberapa kisah mitologi yang terdapat di Sumeria.Di daerah Mesopotamia, ia dikenal sebagai penjaga dari suatu hutan. Hutan tersebut berada di daerah barat yang sekarang adalah daerah Libanon. salah satu dari bagian tubuh Humbaba merupakan usus dari manusia. Humbaba kemudian mati dibunuh oleh Gilgames dan Enkidu. Gilgames dan Enkidu memotong kepala dari Humbaba.Nama Humbaba mempunyai hubungan dengan nama Hobab dan Keni yang mempunyai hubungan dengan Musa.Nama Humbaba sendiri di daerah Babilonia dikenal dengan nama Huwawa. Ia dikenal sebagai iblis yang tidak mempunyai belas kasihan. Ia merupakan iblis yang berkuasa atas petir.Namun demikian, petir yang ia kuasai atas kekuatan angin yang dimiliki oleh Enkidu dan kekuatan matahari yang dimiliki oleh Gilgames.Humbaba dibunuh oleh Gilgames dan Enkidu karena mereka berdua harus melewatinya untuk dapat melawan menjempur Uruk.

8th : INANNA
http://inanna.virtualave.net/BLR82.jpg
Inanna dapat dianggap sebagai dewa perempuan paling menonjol di Mesopotamia kuno. Pada awal periode Uruk (ca. 4000-3100 SM), Inanna dikaitkan dengan kota Uruk. Yang terkenal Uruk Vase (ditemukan dalam deposit objek kultus periode Uruk III) menggambarkan deretan laki-laki telanjang membawa berbagai benda, mangkuk, kapal, dan keranjang dari produk pertanian, dan membawa domba dan kambing, untuk menghadap sosok perempuan penguasa. Angka ini berdesain berpakaian untuk pernikahan dewa, dan dihadiri oleh seorang hamba. Sosok perempuan memegang simbol dua buluh kusen pintu, menandakan Inanna dibelakangnya, sementara sosok laki-laki memegang kotak dan tumpukan mangkuk, kemudian tanda runcing menandakan En, atau imam tinggi candi. Terutama pada periode Uruk, simbol dari kusen pintu cincin berkepala dikaitkan dengan Inanna

9th : GILGAMESH

Gilgames, menurut Daftar raja Sumeria, adalah raja kelima Uruk (Dinasti Awal II, dinasti pertama Uruk), anak laki-laki Lugalbanda, yang memerintah sekitar 2650 SM. Menurut legenda, ibundanya adalah Ninsun, (yang kadang-kadang disebut Ramat Ninsun), seorang dewi. Yang membingungkan, ceritanya menggambarkan bahwa Gilgames dua-pertiga dewa dan sepertiga manusia.
Menurut sebuah dokumen lain, yang dikenal sebagai "Sejarah Tummal", Gilgames, dan akhirnya anak lelakinya, Urlugal, membangun kembali tempat penyembahwan dewi Ninlil, yang terletak di Tummal, satu blok dari kota Nippur. Dalam mitologi Mesopotamia, Gilgames dipuji sebagai makhluk setengah manusia yang mempunyai kekuatan super-manusia, yang membangun dinding besar untuk melindungi rakyatnya dari ancaman-ancaman dari luar. Cerita ini dapat dikatakan sebagai ekuivalen dari cerita Yunani tentang Heracles.

10th : ERESHKIGAL

Ereshkigal, yang menurut kepercayaan Bangsa Sumeria merupakan dewa perempuan yang menguasai maut dan bertahta di Bawah Tanah. Suami Ereshkigal ,Gugalanna , tewas tanpa setahu Ereshkigal dan Inanna (adiknya) pergi ke dunia Bawah Tanah untuk memberikan penghormatan dia untuk adiknya. Ereshkigal takut bahwa Inanna sebenarnya datang untuk mengambil alih Bawah Tanah hingga akhirnya Inanna sampai di pintu gerbang Bawah Tanah, Ereshkigal menyerang adiknya dan menggantung tubuhnya di belakang singgasananya.
Mitos lain dari Ereshkigal bercerita tentang bagaimana dia memiliki suami kedua, Nergal, Dewa perang dan wabah. Nergal pertama kali dikirim ke Bawah Tanah dengan pesan dari para dewa lain untuk Ereshkigal. Dia begitu terkesan bahwa ia mengajukan petisi kepada Tuhan untuk membiarkan dia mengunjungi kedua kalinya, dan Tuhan mengijinkan dengan peringatan untuk tidak makan atau minum apa pun di Bawah Tanah dan untuk tidak terlalu dekat dengan Ereshkigal.
Namun, Ereshkigal tergoda Nergal dan mereka tinggal di tempat tidur selama tujuh hari. Nergal kemudian meninggalkan Bawah Tanah dan kembali ke langit. Ereshkigal Patah hati mengancam akan membangkitkan orang-orang mati sampai mereka kalah jumlah hidup, jika para Dewa lain tidak akan mengirim kembali Nergal untuk ke Bawah Tanah dan lalu menikahinya.
Ereshkigal menggambarkan sifat dasar kaum wanita, yang pada dasarnya bersifat serakah dan bodoh. Digambarkan jelas bahwa Ereshkigal adalah seorang wanita yang gila kekuasaan, kejam (bahkan tega membunuh adik kandungnya karena keegoisannya), dan akal pikirannya selalu terkalahkan oleh nafsunya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar