Google+ Followers

Sabtu, 09 November 2013

10 Sosok Terkenal Dalam Mitologi Roma

1st : VENUS

Venus adalah salah satu yang terkenal dalam sejarah mitologi Romawi. Dewi ini diasosiasikan dengan cinta dan kecantikan, identik dengan Afrodit dan Etruscan deity Turan dari mitologi Yunani. Image Venus merupakan gabungan di antara keduanya. Selain itu terdapat dewi sejenis Tlahuizcalpantecuhtli di peradaban Aztec, atau Kukulcan di peradaban Maya.
Pengaruh pemujaan dewi ini berawal di Ardea dan Lavinium, Latium. Pada 18 Agustus 293 SM, tempat pemujaannya yang tertua dibangun. Tanggal ini menjadi perayaan Vinalia Rustica. Tanggal 23 April 215 SM kuil pemujaan lainnya dibangun di bagian luar Gerbang Collina, sekaligus sebagai peringatan kekalahan tentara Romawi dalam peristiwa Battle of Lake Trasimene.
Nama Venus mempunyai kemiripan dengan bahasa Sanskerta vanas yang berarti (kecintaan, gairah). Hal ini menimbulkan dugaan bahwa konsep Venus berasal dari pengaruh Proto-Indo-Eropa.

2nd : JUPITER
http://www.stargazerpaul.com/Jupiter_Smyrna_Louvre_pub%20dom.jpg
Jupiter adalah raja para dewa, dan dewa langit dan petir. Dalam mitologi Yunani Yupiter memiliki kedudukan yang serupa dengan Zeus. Ia dipanggil Iuppiter (atau Diespiter) Optimus Maximus ( "Dewa Terbaik dan Terbesar"). Sebagai dewa pelindung Romawi kuno, ia memerintah hukum dan tatanan sosial. Dia adalah dewa pemimpin dalam Triad Kapitoline bersama istrinya Yuno. Yupiter juga adalah ayah dari dewa Mars dari hubungannya dengan Yuno. Oleh karena itu, Yupiter adalah kakek dari Romulus and Remus, pendiri kota Roma. Yupiter dihormati di agama Romawi kuno, dan masih dihormati di Neopaganisme Romawi. Ia adalah putra dari Saturnus, saudaranya adalah Neptunus dan Pluto. Dia juga merupakan suami dari Keres, saudara dari Veritas, dan ayah dari Merkurius. Ayahnya adalah seorang dewa yanh berprofesi sebagai pengemis

3rd : PLUTO

Dalam mitologi Romawi, Pluto adalah dewa dunia bawah. Dalam mitologi Yunani dia disebut Hades. Pluto juga adalah dewa kekayaan karena berlian dan berbagai batu mulia berasal dari bawah tanah.
Pluto menculik Proserpina, anak Ceres, ke dunia bawah untuk dijadikan istrinya. Ceres bersedih dan menangis sehingga tanaman di bumi tidak tumbuh dan membuat manusia menderita. Akhirnya Jupiter menemui Pluto dan memintanya mengembalikan Proserpina. Mereka kemudian bersepakat bahwa selama enam bulan, Proserpina akan bersama ibunya di bumi lalu selama enam bulan berikutnya Proserpina akan tinggal bersama Pluto di dunia bawah. Hal inilah yang menyebabkan pergantian musim semi dan musim dingin.

4th : MARS

Mars dalam mitologi Romawi adalah dewa perang, putra dari Yuno dan Yupiter, suami Bellona, dan kekasih Venus. Dia adalah dewa militer yang utama dan disembah oleh legiun Romawi. Prajurit Romawi menganggapnya sebagai dewa terpenting kedua setelah Yupiter. Festival untuknya digelar pada bulan Maret dan Oktober.
Nama Mars kemungkinan beasal dari dewa pertanian mitologi Etruska, Maris. Di Romawi, Mars awalnya adalah dewa pertanian dan pelindung ternak, ladang, dan petani. Hal ini disebabkan karena rakyat Roma pada awalnya adalah petani. Ketika Romawi semakin lama semakin kuat dalam peperangan, Mars beralih fungsi dan disembah sebagai dewa pertempuran dan dihubungkan dengan Ares dari mitologi Yunani. Mars adalah pelindung kota Roma dan dianggap sebagai leluhur dari semua orang Romawi.

5th : BACCHUS

Bacchus adalah dewa Romawi kuno yang identik dengan Dionysus dari Yunani. Dia biasanya ditampilkan sebagai dewa panen, anggur, kesuburan, dan teater. Sebagian tradisi mengasosiasikan Bacchus dengan kegilaan, mungkin karena hubungannya dengan minuman anggur yang membuat mabuk. Dalam mitologi Romawi, Bacchus diyakini merupakan putra Jupiter, raja para dewa, dan wanita fana bernama Semele.
Juno, istri Jupiter, cemburu dengan affair suaminya. Juno berusaha meyakinkan Semele untuk meminta Jupiter menampilkan wujud aslinya dalam bentuk dewa. Sayangnya, sebagai manusia, Semele tidak mampu melihat wujud asli Jupiter dan tewas segera setelah melihatnya.
Jupiter lantas mengambil Bacchus yang belum lahir dan menjahitkannya di pahanya sendiri, sehingga mengarah pada keyakinan bahwa dewa ini terlahir dua kali.
Di masa mudanya, Bacchus diyakini menemukan minuman anggur dan memulai budidaya tanaman anggur.

6th : LUCIFER

Lucifer adalah nama yang seringkali diberikan kepada Setan dalam keyakinan Kristen karena penafsiran tertentu atas sebuah ayat dalam Kitab Yesaya. Secara lebih khusus, diyakini bahwa inilah nama Setan sebelum ia diusir dari surga.
Dalam bahasa Latin, kata "Lucifer" yang berarti "Pembawa Cahaya" (dari lux, lucis, "cahaya", dan "ferre", "membawa"), adalah sebuah nama untuk "Bintang Fajar" (planet Venus ketika muncul pada dini hari). Versi Vulgata Alkitab dalam bahasa Lain menggunakan kata ini dua kali untuk merujuk kepada Bintang Fajar:

7th : CUPID
http://blog.beliefnet.com/angelsonyourshoulder/files/2012/02/cupid.jpg
Cupid adalah dewa cinta Romawi. Sebutan lainnya bagi dewa ini adalah Amor. Sebagai Amor, ia digambarkan sebagai anak kecil bersayap yang nakal, serta membawa busur dan panah, yang dapat membuat manusia maupun dewa jatuh cinta.
Para penulis Romawi mengadaptasi Cupid sebagai dewa yang nakal dari Eros pada masa Hellenistik, alih-alih dari penulis Yunani awal, yang memandang Eros sebagai makhluk promordial.
Cupid adalah putra Venus dan Mars.
Cupid membuat banyak orang jatuh cinta, termasuk para dewa seperti Jupiter dan Apollo.

8th : RHEA-SILVIA

Seorang perawan yang menjadi istri dari Mars dan ibu dari si kembar Romulus and Remus. Dia adalah anak perempuan Numitor, raja Alba Longus.

9th : HERCULES

Herkules adalah tokoh dalam mitologi Romawi. Dalam mitologi Yunani dia dikenal sebagai Herakles. Begitu banyak cerita dan versi tentang lelaki yang diidentikkan dengan kekuatan dan kedewaannya. Legenda menyebutkan bahwa Herkules adalah putra dewa Yupiter (Dalam mitologi Yunani disebut Zeus), pemimpin para dewa dengan Alkmene yang seorang wanita biasa. Ini membuat Yuno (dalam mitologi Yunani disebut Hera), istri Yupiter cemburu dan menumpahkan kekesalannya pada Herkules dengan berusaha membunuhnya. Kisah yang terkenal adalah upaya Hera membuat Herkules menderita dan diharuskan menjalankan 12 macam tugas berat, yang semuanya bisa dilalui. Herkules bahkan pernah dibuat gila sehingga membunuh istri pertamanya Megara dan kedua anaknya.

10th : DIANA

Diana adalah dewi perburuan, keliaran, perawan, dan bulan dalam Mitologi Romawi. Diana dalam Mitologi Yunani disebut sebagai Artemis dan dalam Mitologi Etruska disebut sebagai Artume. Diana merupakan anak dari Jupiter dan Latona serta kakak kembar dari Apollo. Tidak hanya dipuja sebagai dewi masyarakat Romawi Kuno, Diana kemudian dipuja oleh Nova Romana, sebuah perkumpulan yang ingin mengembalikan masa kejayaan Romawi Kuno, Neo Pagan dan Wika Dianik. Selain itu, Diana banyak dijadikan ikon feminis karena ketangguhannya. Diana menjaga anak - anak prempuan yang masih perawan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar