Google+ Followers

Minggu, 10 November 2013

10 Sosok Terkenal Dalam Mitologi Slavia dan Baltic

1st : CHERNOBOG
http://ferrebeekeeper.files.wordpress.com/2012/03/chernobog.jpg
Iblis perbudakan yang namanya memiliki arti: Dewa hitam. Dia membawa semua hal jahat di malam hari

2nd : BYELOBOG
http://slavyans.narod.ru/panteon/belobog.gif
Dalam mitologi Slavia ( Slavia Barat ) Byelobog ( " dewa putih" ) adalah dewa matahari dan keberuntungan . Dia disebutkan oleh sejarawan pada abad pertengahan Gelmold dalam " sejarah Slavia " . Gelmold mengatakan Byelobog yang berdiri dalam oposisi terhadap Chyernobog ( " dewa hitam " ) .

3rd : VELES
http://blog.slavicsouvenirs.com/images/mythology/gods/god-veles/veles1.jpg
Veles juga dikenal sebagai Volos (Rusia: Волос) (terdaftar sebagai seorang santo Kristen di Old teks Rusia) adalah kekuatan supranatural utama Slavia bumi, air dan dunia bawah, terkait dengan naga, sapi, sihir, musisi, kekayaan dan tipu daya. Dia adalah lawan Agung dewa guntur dewa Perun, dan pertempuran antara dua dari mereka merupakan salah satu mitos yang paling penting dari mitologi Slavia. Tidak ada riwayat penjelasan hidupnya, tetapi rekonstruksi berspekulasi bahwa ia dibayangkan sebagai (setidaknya sebagian) serpentine, dengan tanduk (banteng, ram atau herbivora peliharaan lainnya ), dan jenggot panjang.

4th : BABA-YAGA
http://www.destinationsdreamsanddogs.com/wp-content/uploads/2011/08/Baba_Yaga2.jpg
Baba Yaga adalah karakter jelek dalam cerita rakyat Slavia. Dia terbang dan juga menculik anak-anak kecil serta memakannya juga. Ia tinggal di sebuah gubuk kecil. Dalam cerita rakyat Slavia, ia digambarkan sebagai tokoh antagonis. Nama Baba Yaga terdiri dari dua elemen. Baba berarti "wanita tua" atau "nenek" yang digunakan dalam bahasa Slavia. Unsur kedua adalah Yaga yang berarti pemalas.

5th : BOGATYR

Bogatyr adalah sebutan yang digunakan untuk serdadu Rusia pada masa kuno. Serdadu Bogatyr juga merupakan tokoh utama dalam epik kuno yang telah diceritakan turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya.  Asal muasal dari kata (byl, berarti kenyataan dalam bahasa Rusia) memberi kesan bahwa hampir dari para pejuang tersebut pernah ada dalam kehidupan nyata. Kata  bogatyr sendiri, telah diriset dari asal muasal kata tersebut. Beberapa peneliti mengatakan  bahwa bogatyr bersumber dari kata dalam bahasa Tatar ? bagatyr dan batyr, yang berarti ?pejuang?; maksud lainnya ada dalam bahasa sansekerta baghadhara yang berarti ?seseorang yang memiliki kebahagiaan dan keberuntungan.

6th : PERKUNAS

Perkunas (Lithuanian: Perkunas, Latvia: Pērkons, Prusia: Perkūns, Finlandia: Perkele, Yotvingian: Parkuns) adalah dewa guntur Baltic, salah satu dewa paling penting di Baltik. Dalam mitologi Lithuania dan Latvia , ia didokumentasikan sebagai dewa petir, hujan, pegunungan, pohon ek dan langit.

7th : YARILO
http://2.bp.blogspot.com/_laDCgp63eks/TNVELUaNZxI/AAAAAAAAAE4/Jz07rBK0zaU/s1600/jarilo.jpg
Jarilo (Cyrillic: Ярило atau Јарило, Polandia: Jaryło, Kroasia: Jura atau Juraj, Serbia: Đurilo, Slavia: Jarovit), alternatif Yarilo, Iarilo, atau Gerovit, adalah dewa kesuburan dan musim semi Slavia.

8th : DIEVAS

Adalah Dewa Dewi dari Bangsa Lithuania

9th : PERUN

Dalam mitologi Slavia, Perun (Cyrillic: Перун) adalah dewa tertinggi dari dewa-dewa guntur dan kilat. Sifat-Nya yang lain adalah kebakaran, gunung, pohon ek, iris, elang, cakrawala (dalam bahasa Indo-Eropa, ini bergabung dengan gagasan langit batu), kuda dan gerobak, senjata (palu, kapak (Axe dari Perun ), dan panah), dan perang. Dia pertama kali dikaitkan dengan senjata yang terbuat dari batu dan kemudian dengan orang-orang dari logam.

10th : ALKLHA
 
Seekor Raksasa, Dikatakan bahwa rakasa ini di langit yang menelan matahari dan bulan pada saat gerhana. Dalam beberapa kisah, kadang-kadang dikenal sebagai Alklha, Alka, Alka, Arakho atau Arakho.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar