Google+ Followers

Sabtu, 09 November 2013

10 Sosok Terkenal Dalam Mitologi Amerika Utara

1st : APOTAMKIN
Apotamkin or rather, The Cold One
Apotamkin adalah makhluk dalam mitologi asli Amerika Salah satu interpretasi dari Apotamkin adalah bahwa itu adalah mitos yang digunakan untuk menanamkan rasa takut pada anak-anak untuk menjaga mereka dari bertualang ke daerah sendirian dan tanpa bimbingan orang tua.
Apotamkin ini direferensikan dalam film
populer Twilight, dieja sebagai "Apotampkin." Hal ini bisa dibilang cara baik.
Yang mengerikan Apotamkin sering diidentifikasi sebagai "vampir" oleh non-penduduk asli Amerika (terutama karena namanya sekilas di salah satu terbaru "Twilight" film.) Tapi dalam Maliseet aktual dan legenda Passamaquoddy, makhluk ini tidak ada hubungannya dengan vampir - Apotamkin adalah ular laut raksasa bertaring yang bersembunyi di Passamaquoddy Bay dan menyeret orang-orang, terutama anak kurang hati-hati, ke dalam air dan memakan mereka. Hal ini dikatakan memiliki rambut merah panjang, dan dalam beberapa cerita dulunya seorang wanita yang menjelma menjadi seekor ular.


2nd : RAVEN

Raven karakter umum dalam kisah-kisah tradisional dan mitologi di seluruh dunia, khususnya bagian dari Amerika Utara, Siberia, dan mitologi Nordik. Raven digambarkan sebagai seorang manusia yang mempunyai sayap hitam seperti gagak. Selain sebagai semangat, gagak dalam mitologi sering digambarkan sebagai penipu, atau bahkan sebagai pencipta manusia.

3rd : COYOTE

Coyote adalah karakter mitologi umum untuk budaya asli Amerika di Amerika Utara berdasarkan hewan dengan nama yang sama (Canis latrans). Karakter ini biasanya laki-laki dan umumnya antropomorfik meskipun mungkin memiliki beberapa ciri coyote seperti rambut, telinga runcing, mata kuning ekor dan cakar. Mitos dan legenda yang meliputi Coyote bervariasi dari budaya ke budaya.

4th : KWATEE
http://the-kundalini.com/wp-content/uploads/2012/11/kwatee-native-american-god-of-change.jpg
Kwatee: Juga disebut sebagai Kivati, Kwatyat, dan Xelas
Kwatee adalah Dewa
Perubahan dan perbaikan Amerika asli .Dia melakukan yang terbaik untuk meningkatkan dunia kuno, meskipun banyak perlawanan. Setiap kali ia melihat sesuatu yang buruk, dia melakukan sesuatu untuk memperbaikinya. Kotoran jelas hal yang buruk, sehingga ia mengubahnya ke manusia.
Dia paling dikenal luas telah menaklukkan raksasa di Danau Quinault, yang memakan ibunya. Dia meletakkan batu pembakaran panas ke dalam air dan merebus binatang itu hingga mati.
Sementara itu Tihtipihin saudaranya ditelan oleh binatang dalam operasi penyelamatan berani. Dia memotong perut raksasa itu, menyelamatkan ibunya, dan setelah itu tiba-tiba berubah menjadi ayah dari semuakpiting


5th : NANABOZHO

Dalam mitologi Anishinaabe, khususnya di kalangan Ojibwa, Nanabozho juga dikenal sebagai Nanabush adalah roh, dan tokoh menonjol dalam cerita rakyat, termasuk kisah penciptaan dunia. Nanabozho adalah sosok penipu Ojibwe dan pahlawan budaya (kedua arketipe sering digabungkan menjadi sosok tunggal dalam mitologi First Nations). Ia memainkan peran yang sama sebagai Saulteaux Wiisagejaak (Cree Wisakedjak). The Algonquin memiliki sosok serupa yang disebut Ganoozhigaabe (Abenaki Gluskabe).

6th : WENDIGO

Wendigo adalah makhluk yang muncul dalam mitologi orang Algonquian (suku Indian di Amerika Utara). Penggambaran tentang Wendigo sendiri cenderung beragam dan berbeda-beda, tapi secara umum dapat digambarkan bahwa makhluk ini berukuran besar, seperti alien dan berwajah seperti anjing. Makhluk ini jahat dan bersifat kanibal. Wendigo berasal dari daerah utara dan muncul pada saat musim dingin. Manusia dapat berubah menjadi Wendigo bila ia melakukan praktek kanibalisme. Ia akan kerasukan arwah jahat, biasanya dalam mimpi. Sekali berubah, ia akan menjadi jahat dan terobsesi untuk makan daging manusia. Monster ini sangat rakus dan serakah. Mereka tidak pernah puas hanya dengan membunuh dan memakan satu orang. Wendigo akan selalu mencari korban-korban baru. Makhluk ini dikategorikan sebagai raksasa, karena manusia yang berubah menjadi Wendigo selain secara fisik menjelma menjadi sosok mengerikan, ukuran tubuhnya pun akan berubah secara drastis. Makhluk ini mendiami daerah berhutan lebat, dan daerah pegunungan. Belakangan ini Wendigo menjadi populer dalam cerita horor, sama halnya seperti vampir, manusia serigala, atau zombi.

7th : AHAYUTA-ACHI
http://us.123rf.com/400wm/400/400/fotokostic/fotokostic1205/fotokostic120500085/13840119-wrath-of-the-god-of-lightning.jpg
Ayahuta-Achi adalah Dewa perang kembar. Theya adalah saudara kembar. Ahayuta sama dengan Achi, jadi kami akan menjelaskan Ahayuta bukan Achi. Mereka Dewa Matahari, untuk melindungi orang-orang pertama dari musuh-musuh mereka, dengan menggunakan tali pusat Kilat .Mereka dilambangkan "axis mundi", pusat atau pusar dunia, dengan kekutan kilat penghancur mereka untuk terus melayani Zuni dan semua orang.

8th : AAKULUUJJUSI
http://the-kundalini.com/wp-content/uploads/2012/11/aakuluujjusi-native-american-mother-goddess.jpg
Aakuluujjusi kadang-kadang disebut sebagai A'akuluujjusi. Ibu dari Semua ciptaan. Dan dia adalah pencipta dari semua nama yang rumit. Aakuluujjusi adalah ibu pencipta besar bagi Inuit. Dia membuat satwa liar dari pakaiannya.
Pertama, dia membuat karibu dengan taring walrus ditambah dengan tanduk.
Tapi seperti itu, mereka terlalu mengancam untuk pemburu mengejar mereka. Jadi dia merevisi keputusannya dan menukar mereka.Dia menemukan walrus itu dengan gading
terbaik. Namun, karibu itu berjalan terlalu cepat untuk ditangkap oleh pemburu, akibatnya, ia berbalik melawan angin untuk memperlambat dia turun dengan perlahan.

9th : SEDNA

Sedna adalah salah satu dewi utama Inuit, yang dikenal sebagai Bunda Hewan Laut.Ada beberapa legenda tentang asal-usul Sedna dan semua memiliki kesamaan fakta bahwa dia hidup sebagai manusia yang cantik dengan ayahnya.
Menurut salah satu legenda tersebut, Sedna muncul sebagai seorang manusia, yang tergoda oleh seorang pemburu yang tampan di sebuah kano. Ketika ia naik sampan, dia menyadari bahwa ia telah keliru berkata pada pemuda tampan itu dan mengungkapkan dirinya sebagai roh-burung dan memaksanya untuk menikah dengannya.
Waktu berlalu dan ayah Sedna datang mengunjunginya,kemudian menyadari bahwa putri kesayangannya tinggal di tempat yang kotor. Ia menaiki sebuah perahu untuk membawahnya kembali ke rumahnya. Namun, roh dipanggil badai burung Arktik untuk menggagalkan melarikan diri.
Kemudian sang ayah putus asa dan melemparkan Sedna ke laut. Sedna meraih tepi perahu dan ayahnya memotong jari-jari mereka. Jari-jari terputus menjadi hewan laut seperti anjing laut, ikan paus dan singa laut.


10th : WAKAN-TANKA
 
Dalam mitologi asli Amerika, Wakan Tanka (Misteri Besar) adalah makhluk tertinggi dan pencipta Sioux Lakota. Kadang-kadang disebut Roh Agung, ia mirip dengan makhluk tertinggi ditemukan dalam mitos banyak orang di Amerika Utara.
Menurut mitos Lakota, Wakan Tanka ada sebelum penciptaan dalam kekosongan besar yang disebut Han (gelap). Merasa kesepian, dia memutuskan untuk menciptakan sahabat untuk dirinya sendiri. Pertama, Roh Agung memfokuskan energi ke dalam sebuah kekuatan yang kuat untuk membentuk Inyan (rock), dewa pertama. Selanjutnya, ia digunakan untuk membuat Inyan Maka (bumi) dan kemudian dikawinkan dengan que dewa untuk menghasilkan Skan (langit). Skan membawa Wi (matahari) dari Inyan, Maka, dan dirinya sendiri. Keempat dewa terpisah dan menjadi kuat, tetapi Mereka semua bagian dari Wakan Tanka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar