Google+ Followers

Sabtu, 09 November 2013

10 Sosok Terkenal dalam Mitologi Yunani

1st : MOIRAI

Moirai (Bahasa Yunani: Μοῖραι) dalam mitologi Yunani adalah tiga orang dewi takdir. Mereka mengendalikan nasib setiap manusia sejak lahir hingga mati. Dalam mitologi Romawi dikenal sebagai Parkae atau Fata.

2nd : ATLAS

Atlas adalah putra dari Titan Iapetos dan Okeanid atau Klyménē (Κλυμένη). Atlas menikahi Pleione dan memiliki tujuh orang anak yang disebut Pleiades.
Ia dihukum oleh Zeus berdiri di bagian barat Gaia (Bumi) dan memegang Ouranos (langit) pada bahunya. Terdapat miskonsepsi bahwa Atlas terpaksa memegang Bumi pada bahunya, tetapi hal ini tidak benar. Seni klasik menunjukan Atlas memegang bola langit, bukan dunia. Dan beberapa cerita juga mengatakan kalau Atlas dihukum untuk menopang langit (bukan bola langit) dipuncak sebuah gunung.

3rd : ZEUS

Zeus (Yunani: Ζεύς) atau Dias (Δίας) adalah raja para dewa dalam mitologi Yunani Dalam Theogonia karya Hesiodos, Zeus disebut sebagai "Ayah para Dewa dan manusia". Zeus tinggal di Gunung Olimpus. Zeus adalah dewa langit dan petir. Simbolnya adalah petir, elang, banteng, dan pohon ek. Zeus sering digambarkan oleh seniman Yunani dalam posisi berdiri dengan tangan memegang petir atau duduk di tahtanya. Zeus juga dikenal di Romawi Kuno dan India kuno. Dalam bahasa Latin disebut Iopiter sedangkan dalam bahasa Sanskerta disebut Dyaus-pita.

4th : ARES
Ares Greek God of War
Ares (Yunani kuno: Ἄρης [árɛːs], Yunani modern: Άρης [ˈaris]) adalah dewa perang dalam mitologi Yunani. Ares adalah anak dari Zeus dan Hera dan termasuk dalam 12 Dewa Olimpus. Dua pengawal utamanya adalah Fobos dan Deimos. Ares adalah dewa yang haus darah dan merupakan perwujudan dari pembunuhan. [1] Ares berkuasa atas alat-alat perang, penyerangan dan pertahanan kota, pemberontakan, penjarahan, kejantanan, serta keberanian. Burung hering dan anjing adalah binatang keramat bagi Ares.

5th : CRONOS

Kronos (bahasa Yunani: Κρόνος, Krónos) adalah salah satu Titan dalam mitologi Yunani. Dia merupakan pemimpin sekaligus yang termuda di antara para Titan generasi pertama. Kronos adalah putra dari Uranus (langit) dan Gaia (bumi). Kronos mengalahkan ayahnya dan memerintah dunia pada Zaman Emas sampai akhirnya dia dikudeta oleh anak-anaknya sendiri, lalu dikurung di Tartaros.
Kronos biasanya digambarkan dengan sabit, yang dia gunakan ketika mengalahkan ayahnya, Uranua. Di kota Athena, pada hari kedua belas di bulan Hekatombaion, digelar sebuah festival untuk Kronos yang disebut Kronia. Festival ini merupakan pearyaan panen, dan mengindikasikan bahwa Kronos dianggap sebagai pelindung panen. Ini diduga terjadi karena asosiasinya dengan Zaman Emas.

6th : HADES
Hades Greek God of the Underworld
Hades (bahasa Yunani: ᾍδης, Hadēs, atau Ἅιδης, Háidēs) adalah dewa dunia bawah dalam Mitologi Yunani. Hades merupakan putra tertua dari Kronos dan Rea. Dia bersama saudara-saudaranya mengalahkan para Titan dan mengambil alih kekuasaan atas dunia. Zeus, Poseidon dan Hades melakukan undian untuk menentukan tempat kekuasaan dan Hades mendapat dunia bawah. Karena asosiasinya dengan dunia bawah, Hades sering dianggap sebagai dewa kematian meskipun bukan. Hades juga kadang-kadang disebut sebagai dunia bawah itu sendiri.

7th : CHAOS

Chaos adalah salah satu Dewa yang besar dan hebat. Chaos merupakan keadaan awal kemunculan para dewa. Ia tidak memiliki orangtua ataupun keluarga lainnya, Ia adalah dewa pertama dalam Mitologi Yunani, namun ia tidak sendirian, karena pada akhirnya ia menciptakan pasangannya dan menikah dengan Nyx, dewi malam. Ia memiliki anak bernama Erebus yang kelak akan mengusirnya.

8th : APHRODITE

Aphrodite adalah Dewi Cinta, kindahan, keinginan dan kecantikan dalam mitologi yunani. Dalam legenda Romawi disebut sebagai Venus. Mengenai kelahiran, Aphrodeite mempunyai dua legenda. Legenda pertama sebenarnya legenda yang tidak begitu popular, mengatakan bahwa Aphrodite adalah putrid dari Zeus dan Dione. Sedangkan legenda kedua mengatakan bahwa kisah Aphrodite merujuk ketika Cronus mengalahkan Uranus Sang Titan dan melemparkannya ke lautan, kemudian Aphrodite muncul dari bih busa yang timbul dalam kerang, dengan kata lain Aphrodite lahir dari alat kelamin Uranus yang di kebiri oleh Cronus.

9th : EROS
http://images1.wikia.nocookie.net/__cb20110418221110/camphalfbloodroleplay/images/f/fd/Eros.jpg
Eros (bahasa Yunani: Ἔρως), dalam mitologi Yunani, adalah dewa cinta dan nafsu seksual. Dia juga disembah sebagai dewi kesuburan. Eros juga merupakan sebuah kata dalam bahasa Yunani yang berarti cinta berdasarkan hawa nafsu saja. Kata turunannya adalah erotis.
Dalam mitologi Yunani, Eros diceritakan sebagai anak dari Afrodit, dewi kecantikan (mitologi Romawi: Venus). Eros disebut juga Kupido atau Amor dan dilambangkan dengan anak kecil bersayap yang selalu membawa busur dan anak panah. Ada sebuah cerita yang mengatakan Eros bahkan memiliki hubungan antar pria dan wanita dengan ibunya sendiri.
Eros membantu manusia maupun dewa dalam urusan percintaan. Anak panahnya tidak akan meleset, hati yang tertembus olehnya akan dipenuhi oleh cinta.

10th : APOLLO

Apollo adalah dewa musik, ramalan, panahan, penyembuhan, dan masa muda. Dia adalah saudara kembar Artemis. Apollo merupakan putra Titan Leto, anak perempuan Titan Koios dan Foibe.
Ia terkenal dengan nama Foibos Apollo, dan dengan demikian dikenal pula sebagai dewa cahaya dan matahari. Apollo digambarkan dengan tubuh [ria yang sempurna; berotot namun muda. Patung Apollo tidak pernah digambarkan memiliki janggut.

4 komentar: