Google+ Followers

Sabtu, 09 November 2013

10 Sosok Terkenal Dalam Mitologi Nordik

1st : LOKI
Loki God of Mischief in Norse Mythology
Loki/ Loke (Loki Laufeyjarson) adalah seorang dewa, keturunan Jotun yang suka mangacau dan memberi tipu muslihat, putera raksasa Fárbauti dan Laufey, dan saudara angkat Odin. Ia dijuluki sebagai “Si pencari masalah”. Ia dengan leluasa berbaur dengan para Dewa, sebelum diangkat menjadi saudara Odin. Menurut mitologi, Loki bukan seorang Dewa. Dia tidak dianggap termasuk golongan Æsir ataupun golongan Vanir, karena ia berasal dari golongan Jotun. Namun karena dia memiliki kedekatan dengan Odin, maka dia dianggap golongan Æsir.
Loki adalah Dewa cerdik yang memperdaya Hodhr, saudara Balder yang buta untuk membunuh Balder.

2nd : ODIN
http://www.gothambynight.com/scion/Odin.jpg
Dalam Mitologi Nordik, Odin adalah pemimpin para Dewa. Namanya konon berasal dari kata “óðr” (baca: Odhr), yang berarti “perangsang”, “kemarahan”, dan “puisi”. Sebagai pemimpin para Dewa, ia memiliki banyak peran: Dewa kebijaksanaan, Dewa perang, Dewa pertempuran, dan Dewa kematian.

3rd : THOR
Thor Norse God of Thunder
Dalam Mitologi Nordik, Thor (bahasa Norwegia kuno: Þórr; bahasa Inggris kuno: Þunor) adalah "si janggut berambut merah" yang bergelar sebagai Dewa Petir. Thor adalah putera Dewa Odin dan raksasa Jord. Selama Ragnarök, Thor dan Jörmungandr akan saling membunuh satu sama lain.

4th : BALDUR
http://getasword.com/blog/wp-content/uploads/2010/04/Baldur-Viking-gods.jpg
Balder (bahasa Norwegia kundo: Baldr, bahasa Islandia dan Faroe: Baldur, bahasa Norwegia modern, Swedia, Denmark adalah Baldr) adalah Dewa kedamaian, keindahan, kegembiraan, dan kesucian dalam Mitologi Nordik. Dia adalah putera kedua Odin. Istrinya Nanna dan putranya bernama Forseti. Balder memiliki kapal terbesar yang pernah dibuat, bernama Hringhorni, dan sebuah balairung yang bernama Breidablik.
Ia mati karena ulah Loki yang memperdaya Hodhr.

5th : MAGNI
http://the-kundalini.com/wp-content/uploads/2012/11/Magni-Norse-God-of-Strength.jpg
Magni adalah anak Thor dari raksasa perempuan bernama Jarnsaxa yg berhasil selamat dari Ragnarök dan mewarisi palu Thor, Mjollnir.

6th : FREYA

Freyja (kadangkala disebut Freya atau Freja) adalah adik Freyr, puteri dari Njord, yang sering disebut sebagai Dewi kesuburan dalam Mitologi Nordik. Ia memiliki wajah yang jelita dan bahkan pernah dinobatkan sebagai dewi tercantik diseluruh valhalla. Semua makhluk hidup yang ada di dunia mengagguminya dan banyak yang ingin mendapatkan cintanya.

7th : ASGARD

Dalam mitologi Nordik, Asgard (bahasa Norwegia kuno: Asgarðr) adalah kerajaan para Dewa yang terpisah dari dunia para manusia, Midgard. Tembok besar yang mengelilingi Asgard dibuat oleh raksasa.
Dataran Idavoll merupakan pusat dari Ásgard. Para Æsir berkumpul di sana untuk membicarakan hal yang penting. Para Dewa berkumpul di balairung yang disebut Gladsheim, dan para Dewi bertemu di balairung yang disebut Vingolf. Mereka juga berkumpul sehari-hari di “Mata air Urd” di bawah Yggdrasil.

8th : HEIMDALL

Heimdall merupakan sang penjaga gerbang Asgard, heimdall merupakan anak "misterius dari 9 ibu dan odin". heimdall mempunyai julukan god of Light, the shining god atau White god.
Heimdall mempunyai Terompet (sangkakala) GIALAR yang bunyi dapat di dengar ke seluruh sembilan dunia, Heimdall meniupnya ketika tanda Ragnarok dimulai. heimdall mempunyai kuda bernama GULLTOP (Golden Tuft) dan pedang bernama HOFUND. Heimdall tinggal di bentengnya bernama HIMINBJORG (Cliffs of Heaven).
Heimdall Mempunyai kemampuan yang luar biasa, penglihatnya sangat tajam, ia dapat melihat sampai radius 100 mil, 360 derajat tanpa blind spot. dalam beberapa cerita bahkan dikatakan bahwa dia dapat melihat lebih jauh dari itu, dan mempunyai "Future Sight", agar dapat melihat siapa yang akan datang melewati BIFROST.

9th : RAGNAROK

Ragnarok (takdir para dewa) adalah suatu bagian dari mitologi Nordik tentang pertempuran di akhir dunia. Pertempuran antara Æsir, yang dipimpin oleh Odin dan para iblis (raksasa api dan berbagai monster yang dipimpin oleh Loki), Iris .Pertempuran terjadi di suatu daerah bernama Vigrid plain. Makna dari pertempuran ini tidak hanya pertempuran antara dewa, raksasa, dan monster, tetapi juga melibatkan seluruh alam semesta. Dari pertempuran ini banyak dewa-dewi yang mati termasuk Odin.

10th : TYR

Tyr (bahasa Norwegia kuno: Týr) adalah Dewa pertempuran dan kemenangan yang berlengan satu dalam Mitologi Nordik. Dalam Edda Islandia, dia merupakan putera Odin dan Hymir. Ia mengorbankan tangannya kepada serigala yang bernama Fenris sehingga ia hanya memiliki satu tangan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar