Google+ Followers

Sabtu, 09 November 2013

10 Sosok Terkenal dalam Mitologi Suku Inca

1st : APOCATEQUIL

Adalah dewa petir suku Inca

2nd : COCOMAMA

Dewi kesehatan, kegembiraan dan narkotika Inca

3rd : VIRACOCHA

Viracocha atau hanya disebut Viracocha, adalah salah satu pencipta kebudayaan, dan salah satu dewa penting Inka. Ensiklopedia Mythica menjelaskan Viracocha sebagai "Dewa Inka tertinggi, perpaduan dewa matahari dan dewa badai."

4th : INTI

Inti adalah dewa matahari bagi suku Inca kuno. Dipuja sebagai dewa pelindung dari Kekaisaran Inca, dia berasal dari mitologi yang tak diketahui. Cerita yang paling umum mengatakan bahwa ia adalah putra Viracocha, dewa peradaban

5th : ILYAPA
http://www.degerlidens.se/illapa.jpg
Ilyapa adalah dewa cuaca dari suku Inca kuno. Kakaknya adalah Bima Sakti, yang membawa kendi hujan. Ketika Ilyapa ingin hujan, dia akan menembak batu di kendi dengan ketapel dan memecahkan kendi, menyebabkan air jatuh dari langit. Suara guntur berasal dari pemecahan kendi.

6th : ACCLA
http://farm3.staticflickr.com/2835/9519537751_546b506c45_o.jpg
Aclla dalam agama Kekaisaran Inca, saat masih perawan dipilih untuk menjaga api suci pembakaran Inti. Mereka juga kadang-kadang dikorbankan juga. Tugas lain mereka termasuk pembuatan bir bir suku Inca dan pada kesempatan melayani sebagai sahabat untuk kaisar Inca.

7th : AXOMAMMA
http://www.shsverkko.com/images/4/4a/Axomamma.jpg
Axomamma adalah nama untuk anak perempuan Inca yang berarti Dewi Kentang.

8th : CHASCA

Seperti Venus Romawi, dia sangat muda, cantik dan juga pelindung perawan. Dia sangat menyukai putih dan kelembutan seperti awan putih, dia menikah dengan CHASCA-COYLLUR.

9th : CATEQUIL

Dewa Petir dan Kilat suku Inca

10th : MAMA-QUILLA
 
Mama Quilla ("ibu bulan") adalah dewa pelindung wanita menikah, berhubungan dengan festival dan kalender Inca. Ikonnya adalah disk emas dengan wajah manusia pada disk tersebut. Istri kaisar Inca Tawantin Suyu menghadirkannya di bumi. Pada salah satu legenda Inca, ia adalah anak perempuan Viracocha dan Mama Cocha dan istri Inti. Ia adalah ibu dari Inca pertama, Manco Capac, istrinya Mama Ocllo, dan Kon. Ia juga menjadi ibu Pacha Camac pada agama Inca.

1 komentar: