Google+ Followers

Sabtu, 09 November 2013

10 Sosok Terkenal dalam Mitologi Australia

1st : RAINBOW-SNAKE

The Rainbow Serpent atau Rainbow Snake adalah dewa umum, sering dewa pencipta, dalam mitologi dan motif umum dalam seni Aborigin Australia Ini adalah nama untuk identifikasi yang jelas antara bentuk pelangi dan bentuk ular. Beberapa sarjana telah menyarankan bahwa hubungan antara ular dan pelangi menunjukkan siklus musim dan pentingnya air dalam kehidupan manusia Ketika pelangi terlihat di langit, dikatakan.. menjadi Rainbow Serpent bergerak dari satu hamparan yang lain, dan konsep ilahi menjelaskan mengapa beberapa lubang air tidak pernah kering saat kemarau melanda.Ada nama-nama yang tak terhitung dan cerita yang berhubungan dengan ular, semua yang mengkomunikasikan arti dan kekuatan ini sedang dalam tradisi Aborigin. Hal ini dipandang sebagai pemberi kehidupan, melalui kerjasama dengan air, tetapi dapat menjadi kekuatan destruktif jika marah  The Rainbow Serpent merupakan salah satu keyakinan terus tertua agama di dunia  dan terus menjadi budaya. mempengaruhi hari ini.

2nd : WANDJINA

Dalam mitologi Aborigin, Wondjina atau Wandjina adalah awan dan roh hujan dalam mimpi, dibuat atau mempengaruhi lanskap dan penduduknya. Ketika mereka menemukan tempat yang mereka akan mati, mereka melukis gambar mereka di dinding gua dan memasuki hamparan dekatnya. Wondjina berasal dari sekitar 3800 BP, menyusul berakhirnya kekeringan panjang milenium yang memberikan cara untuk iklim yang lebih basah dipengaruhi oleh angin musim reguler.

3rd : DREAMTIME
http://www.crystalinks.com/dreamtime.jpg
Dalam budaya Aborigin Australia, kehidupan didasarkan atas dasar keyakinan yang disebut Dreamtime, atau Mimpi. Ini satu set kompleks ide dengan level makna. Mimpi memiliki empat bagian: awal dari segalanya, kehidupan dan kekuatan leluhur, cara hidup dan kematian, dan kekuasaan dalam kehidupan. Mimpi adalah keempat hal ini pada saat yang sama karena lebih kuat daripada waktu dan ruang. Di dalamnya segala hal yang ada sekaligus. Masyarakat Aborigin panggilan Dreamtime beberapa kali karena mereka pikir itu adalah masa lalu, sekarang, dan masa depan sekaligus. Ini adalah awal yang tidak memiliki akhir.

4th : ALTJIRA
http://www.comicbookreligion.com/img/a/l/Altjira.jpg
Dalam mitologi Aborigin Australia, Altjira adalah dewa langit dari Arrernte tersebut. Dia adalah dewa utama dari Dreamtime (disebut Alchera oleh Aranda) yang menciptakan bumi, kemudian pensiun ke langit.
Dalam seni, dia digambarkan sebagai memiliki kaki burung Emu. Istri dan putrinya memiliki kaki anjing.
 

5th : ADNOARTINA
http://i291.photobucket.com/albums/ll318/Holmgardr/Ulurucopy.gif
Adnoartina dikenal sebagai penjaga kadal Uluru, atau Ayers Rock. Penduduk asli Australia yang tinggal di sekitar Uluru memberitahu banyak legenda tentang Adnoartina dan kadal lain yang muncul dari batu.
Ini mungkin terkait dengan Megalania prasejarah yang tinggal di Australia dengan awal penduduk asli Australia.


6th : BAIAME

Dalam mitologi Aborigin Australia Baiame (Baayami atau Baayama) adalah Dewa Pencipta dan Bapa langit  dalam bermimpi dari beberapa kelompok bahasa (misalnya Kamilaroi, Eora, Darkinjung, dan Wiradjuri), Penduduk Asli Australia selatan-timur.

7th : EINGANA
http://artsearch.nga.gov.au/IMAGES/MED/180687.jpg
Dalam mitologi Aborigin Australia, Eingana adalah dewi pencipta dan ibu dari semua air, hewan, dan manusia. Dia adalah dewi ular kematian yang tinggal di waktu mimpi. Dia tidak memiliki alat kelamin, dia hanya tumbuh dalam ukuran dan mampu melahirkan kehidupan dalam dirinya, saat dewa Barraiya membuat lubang dengan tombak di dekat anusnya, sehingga tenaga kerja dapat dimulai. Eingana memegang otot yang melekat pada setiap makhluk hidup, jika dia melepaskan salah satu, maka makhluk mati.

8th : ULURU

Dunia ini pernah menjadi tempat berbentuk. Tidak ada tempat kita tahu ada sampai pencipta makhluk, dalam bentuk manusia, tumbuhan dan hewan, bepergian secara luas di seluruh negeri. Kemudian, dalam proses penciptaan dan kehancuran, mereka membentuk lanskap seperti yang kita kenal sekarang. Dunia Anangu masih dihuni oleh roh-roh dari puluhan makhluk pencipta leluhur yang disebut sebagai Tjukuritja atau Waparitja.Uluru dibangun selama periode penciptaan oleh dua anak laki-laki yang bermain di lumpur setelah hujan. Ketika mereka selesai permainan mereka, mereka melakukan perjalanan ke selatan ke Wiputa ... Berjuang bersama, dua anak laki-laki membuat jalan mereka ke meja puncak Gunung Conner, di atas tubuh mereka yang diawetkan sebagai batu.

9th : YARA-MA-YHA-WHO

Yara-ma-yha-who adalah makhluk dari cerita rakyat Aborigin Australia. Makhluk ini menyerupai seorang pria merah kecil dengan kepala yang sangat besar dan mulut besar, tidak ada gigi. Di ujung tangan dan kaki adalah pengisap. Ia tinggal di pohon-pohon ara dan tidak berburu makanan, tetapi menunggu sampai wisatawan tidak curiga dan bersembunyi di bawah pohon. Kemudian turun ke korban dan menguras darah mereka menggunakan pengisap pada tangan dan kaki, membuat mereka lemah. Setelah memakan orang, minum air, dan kemudian tidur siang. Ketika Yara-ma-yha-who terbangun, dia memuntahkan korban, meninggalkan lebih pendek dari sebelumnya. Kulit korban juga memiliki warna kemerahan memastikan bahwa hal itu tidak memiliki sebelumnya Ini mengulangi proses ini beberapa kali.. Akhirnya, korban berubah menjadi Yara-ma-yha-whojuga. Menurut legenda, Yara-ma-yha-who hanya akan memangsa orang hidup, jadi ketika akan bertemu dengan rakasa ini kita bisa "berpura-pura mati" sampai matahari terbenam, makhluk itu hanya berburu di siang hari.

10th : DARAMULUM
http://images4.wikia.nocookie.net/__cb20120914153103/marveldatabase/images/d/df/Daramulum_(Earth-616).jpg
Dalam beberapa budaya Aborigin Australia selatan-timur seperti Wiradyuri, Kamilaroi, Eora, Darkinjung, dan Guringai, Daramulum ("berkaki satu") adalah anak Baiame dan istri emu,Birrahgnooloo.
Dia sering digambarkan di Rock Engravings Sydney di semi-profile, dengan satu tangan, punggung emu (yaitu pantat runcing), dan klub kaki. Ia sering ditampilkan dekat dengan emu, yang mungkin anaknya, atau mungkin terkait dengan keturunan emu nya. Dia memiliki kemampuan untuk mengubah penampilannya dari seorang raksasa besar menjadi sebuah hewan kecil atau burung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar