Kita semua tahu bagaimana anggota keluarga Kardashian sangat agresif
mengembangkan kekayaan mereka. Kim , Kourtney , dan
Khloe sukses menjalankan bisnis fashion lewat Kardashian Kollection yang mulai dijual
secara global. Ketiga kakak beradik ini
kabarnya sedang menggodok kerjasama untuk memasukkan produk mereka ke
perusahaan retail Inggris, Lipsty bulan Oktober ini.
" Kami tak sabar untuk melihat respon para fans di seluruh dunia melihat
produk fashion yang akan kami keluarkan,” kata Kim
Kardashian dalam sebuah jumpa pers.
Menurut Daily Mail, klan Kardashian
bernilai sekitar 800 milyar rupiah, dengan Kim yang mengumpulkan setengahnya.
Kim menuntut budget sekitar 100 juta rupiah untuk setiap penampilannya di
publik. Ini tak masalah karena setiap tampil, Kim dihargai 10 milyar
rupiah. Namun, sejak pernikahan kilat
Kim dengan Kris Humphries, para penggemar acara reality show keluarga ini
menurun. Jadi, kenapa keluarga ini masih laku?
“Saya rasa, kami bisa membuat orang
merasa kondisi keluarga mereka lebih baik, karena kami dinilai sebagai keluarga
yang sangat aneh, gila dan sinting,” ucap Khloe kepada ABC News. “Kami membuat
orang lain merasa normal, dan mereka akan bersyukur sambil mengucap, “Terima
kasih Tuhan, keluarga kami tidak seperti itu,” tapi jujur deh, acara ini memang
seru untuk ditonton.” Entah Anda mencintai atau membenci mereka, pada
kenyataannya tetap saja keluarga ini banyak diendorse. Yuk kita lihat lebih
dekat apa saja yang dikomersilkan.
Entertainment
E! Entertainment
TV
Keluarga Kardashian mulai melejit di tahun 2007 ketika reality show
mereka muncul di E! Kini, memasuki season 8 acara ini terus berlanjut.
Di tahun 2012, keluarga ini menandatangani kontrak senilai Rp400milyar
dengan E! untuk membuat setidaknya 3 season baru acara “Keeping Up With
The Kardashian. Kim meraup setidaknya Rp800 juta setiap episodenya.
Selain itu mereka masing-masing juga memiliki acara sendiri: “Kourtney
and Khloe Take Miami,” lalu ada “Kourtney and Kim Take New York,” dan
“Khloe & Lamar.” Sang Ibu Kris Jenner yang bertindak sebagai manager
keluarga ini mengurus sendiri keuangan seluruh keluarga, dan baru-baru
ini ia juga memiliki talk show sendiri berjudul “Kris” yang menuai
banyak kritik.
Rating: B+ (Akuilah, kadang-kadang show mereka memang menghibur untuk
ditonton)
Parfum
Parfum
Sepertinya rezeki keluarga Kardashian pun semerbak mewangi, dengan nilai
setidaknya sekitar Rp500 milyar secara total. Kim memiliki 3 parfum:
Gold, Love, dan True Reflection, dengan nilai bersih Rp200 juta dalam
penjualannya. Untuk Love, hanya diproduksi 1000 botol saja. Ini adalah
wewangian yang menjadi tema pernikahannya di tahun 2011. Kim
mengenakannya saat menyusuri altar dan 200 buah lagi dibuat untuk acara
bridal showernya. Sisanya ada 799 buah yang tersedia untuk dibeli para
fansnya. Khloe dan suaminya Lamar Odom juga memiliki 2 parfum unisex:
Unbreakable dan Unbreakable Joy.
Rating: B-
Busana
Buku dan Majalah
Buku dan Majalah
Di tahun 2010, Kim, Khloe, dan Kourtney meluncurkan buku mereka yang
pertama, “Kardashian Konfidential.” Seminggu sekali usai dilansir, buku
ini pun masuk ke daftar nomor 4 New York Best Seller. “Wow, ini adalah
mimpi yang jadi kenyataan,” ujar Kim kepada celbuzz.com. “Kami tak
pernah membayangkan kita akan memiliki buku yang akan masuk ke daftar NY
Times Best Seller. ” Sebagai tambahan, 3 bersaudari ini juga sering
muncul di sampul majalah yang diperkirakan mengumpulkan uang sekitar
puluhan milyar rupiah.
Rating: C-
Brand
kecantikan
Kecantikan
Kardashian Beauty: Begitu diluncurkan dengan nama Khroma Beauty, brand
kecantikan ini dihadapi tuntutan sebesar Rp100 milyar dari brand Kroma
asal Florida yang dimiliki oleh Lee Tillet Inc. Beberapa bulam kemudian,
keluarga Kardashian menggantinya menjadi Kardashian Beauty dan
mengadakan peluncuran ulang. Produk yang tersedia di ulta.com ini
terdiri dari bulu mata palsu, bronzer, eyeliner dan mascara.
Rating : B-
Kartu Kredit
Prepaid mastercard
Mungkin ini belum banyak diketahui oleh public, tapi keluarga Kardashian
mengeluarkan kartu debit prepaid di tahun 2010. Dikenal dengan sebutan
“Kardashian Kards,” dihargai sebesar Rp600 ribu untuk aktivasi selama 6
bulan, plus Rp15 ribu setiap kali pengambilan uang tunai di ATM. Ada
juga biaya sekitar Rp1000 untuk mengecek saldo dan Rp1500 untuk setiap
pelayanan telpon pelanggan, semua berdasarkan informasi dari Consumers
Union. Keluarga Kardashian kemudian membatalkan bisnis ini dan
mengeluarkan pernyataan kepada publik melalui pengacara mereka.
“Keluarga Kardashian telah bekerja keras dan lama untuk menciptakan
opini positif dari publik yang menarik, terutama publik berusia muda,”
ucap Dennnis Roach, pengacara untuk perusahaan Dash Dolls mereka.
Rating: D
Pil Diet
Pil Diet
Di bulan Januari 2010, Kim memberi tahu OK! Magazine ia sering
menggunakan produk diet dari Quick Trim yang segera menurunkan bobotnya
hingga 30an kg dalam beberapa minggu. Khloe juga dilaporkan bobotnya
menyusut sekitar 50an kg setelah menggunakan produk ini. Dengan
mengendors produk ini, kedua kakak beradik itu melambungkan penjualan
pil tersebut hingga Rp450 milyar. Produk QuickTrim yang terdiri dari pil
dan minuman bubuk mengklaim dapat membersihkan sekaligus mendetoks
tubuh dengan mengeluarkan kelebihan air yang menyebabkan badan
membengkak. Produk ini tersedia di seluruh Amerika lebih dari 25000
toko. Namun, tak banyak orang yang mempercayai klaim ini. Kantor
pengacara Bursor &Fisher mengajukan tuntutan sebesar Rp50 milyar
terhadap Kim, Khloe, dan Kourtney atas nama 4 pelanggan yang mengatakan
QuickTrim hanya memberikan janji palsu.
Rating: F
Sponsor
Serangan sponsor saat Kim
menikahi Kris Humpries : Sementara banyak orang yang berusaha berhemat
untuk memiliki pernikahan yang mereka impikan, Kim justru banyak
menerima aneka barang gratisan dari para sponsor dengan imbalan
publisitas. Menurut starcasm.net ini termasuk : Rp20 milyar cincin
kawin, tiga buah gaun Vera Wang seharga Rp200 juta, sebuah kue pengantin
bersusun senilai Rp150 juta, champagne seharga Rp4 milyar, hidangan
senilai Rp7.5 milyar , undangan seharga Rp100 juta, dan Rp20 milyar
karangan bunga dari Mark Gardens.
Sisa dari budget pernikahan itu sendiri sekitar Rp5 milyar. Sementara
Kim meraup sekitar Rp180 milyar untuk penjualan foto ekslusif upacara
pernikahan dan liputan khusus oleh E!. Malangnya, pernikahan itu
berakhir dalam 72 hari. Kris Jenner mengklaim bahwa Kim tak mencari
keuntungan dari pernikahannya. Kim juga tegas mengatakan bahwa
pernikahannya bukan sebuah publisitas belaka dan ia menulis dalam
blognya bahwa ia akan mendonasikan uang yang didapat dari hadiah
pernikahan mereka ke Dream Foundation. “The New York Times melaporkan
bahwa kedua pengantin menyumbang sekitar Rp100 juta.
Rating: D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar