Google+ Followers

Sabtu, 27 Juli 2013

10 Benda Medis Mengerikan Yang Tetap Disimpan

Apakah kamu tahu jika banyak sekali kondisi medis yang sangat aneh di dunia ini? Dan hal-hal yang menarik perhatian itu terkadang lebih dipilih untuk disimpan oleh para dokter atas nama ilmu pengetahuan.
Namun karena menjadi bukti anehnya kondisi medis, barang-barang yang disimpan itu memang tampak mengerikan dan cukup mengganggu saat dilihat. Penasaran? Lihat berikut ini, namun jangan sambil makan ya.

1. Anatomi Jari Tangan
Anatomi Jari Tangan
Di sebuah ruang bawah tanah di Kapel Sansevero di Naples ada dua penemuan paling mengerikan di Eropa. Ada sosok pria dan wanita hamil yang berdiri berdampingan dan terbungkus kaca dengan sistem peredaran yang bisa dilihat dengan mata telanjang. Sosok itu adalah mayat yang pengawetannya paling sempurna. Saking sempurnanya, kamu bisa melihat anatomi jari tangan yang sangat jelas.

2. Buku Kulit Manusia
Buku Kulit Manusia
Dua manusia paling mengerikan asal Skotlantia adalah William Hare dan William Burke yang menjadi pembunuh dan menjual bagian tubuh korban. Namun Burke sepertinya memperoleh karma atas itu. Di mana bagian kulit tubuhnya dijadikan bahan kertas untuk sebuah buku yang disimpan di sebuah museum di Edinburgh.

3. Usus Besar Raksasa
Usus Besar Raksasa
Usus besar yang membesar ini merupakan usus besar yang terkena penyakit Hirschprung. Penyakit itu dimulai saat ujung syaraf usus gagal berkembang sehingga otot-otot tertentu tak menerima sinyal untuk menggeser limbah pencernaan dan bisa disebut sembelit ekstrim. Hasilnya, usus ini menjadi sepanjang 8 kaki yang ada di museum Mutter, Philadelphia - Amerika Serikat.

4. Bayi Mata Satu
Bayi Mata Satu
Duo ayah-anak ahli anatomi di abad ke-19, Gerardus dan Willem Vrolik melakukan penelitian atas manusia mutan. Pada 1834, Willem membuat makalah medis mengenai cyclopia. Cyclopia adalah cacat lahir langka di mana embrio belum benar membentuk kedua mata yang terpisah sehingga mata itu menyatu dalam satu rongga. Untuk penelitian itu, Vrolik mengumpulkan kelahiran cyclopia, 5 manusia dan 19 hewan yang disimpan di museum Vrolik di Departemen Anatomi dan Embriologi Universitas Amsterdam, Belanda.

5. Gumpalan Rambut
Gumpalan Rambut
Pernah mendengar kasus gumpalan besar ditemukan di perut? Rupanya kejadian itu juga ditemukan di manusia. Tepatnya dari perut gadis berusia 12 tahun yang memiliki kebiasaan makan rambut dan rupanya tak bisa dicerna sehingga menjadi gumpalan besar. Dan foto ini gumpalan rambut yang dikeluarkan dari perutnya dan disimpan di Museum Kesehatan dan Medis Nasional Maryland, Amerika Serikat.

6. Kepala Tertembak Peluru
Kepala Tertembak Peluru
Di beberapa tembok rumah sakit tertua Thailand terdapat Museum Kematian. Disebut demikian karena museum itu memiliki enam bagian berbeda yakni patologi, forensik, sejarah medis Thailand, parasitologi, anatomi, dan prasejarah. Salah satu yang menarik adalah kepala terpenggal manusia asli yang diawetkan. Di mana kepala itu digergaji setengah untuk melihat bagian peluru yang pernah menembus kepala itu.

7. Mumi Pengendara Kuda
Mumi Pengendara Kuda
Di Paris ada sebuah karya seni yang diciptakan dari mayat. Ya, sosok itu adalah seorang pria yang mengendarai kuda. Di mana mayat kuda dan manusia itu dikuliti sampai kemudian diawetkan dengan bagian otot menonjol mengering. Ya, berharap saja kedua sosok itu tidak tiba-tiba hidup karena pasti mengerikan.

8. Setoples Tikus Tanah
Setoples Tikus Tanah
Setoples tikus tanah? Ya betul. Di toples ini ada 18 tikus tanah yang menjadi salah satu permata medis berharga di London. Selain tikus tanah, di museum hewan London ini juga ada spesimen diawetkan untuk anakonda, tulang burung dodo sampai otak yang diawetkan.

9. Kanker Ovarium
Kanker Ovarium
Berada di Universitas New South Wales, di museum penyakit manusia ini kamu akan menemukan berbagai bentuk daging manusia yang terjangkit penyakit termasuk spesimen hati dan paru-paru yang rusak. Salah satunya adalah sel telur (ovarium) yang terkena teratoma (kanker) jinak. Teratoma ini membuat ovarium menyerupai bentuk janin yang cacat dan mengerikan.

10. Cacing Pita Terpanjang
Cacing Pita Terpanjang
Museum Parasit Meguro di Tokyo - Jepang ini menjadi salah satu lokasi di mana banyak parasit mengerikan yang disimpan. Salah satunya adalah cacing pita terpanjang yang pernah ditemukan di tubuh manusia sepanjang 8,8 meter. Cacing pita ini ditemukan dari seorang pria Jepang yang mengeluh sakit perut setelah makan ikan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar