Google+ Followers

Kamis, 25 Juli 2013

10 Bangunan Indah Ini Simbol Agama di Seluruh Dunia

Agama adalah sebuah hal mendasar yang menjadi hak bagi siapapun manusia di dunia ini yang percaya dengan keberadaan Tuhan Yang Maha Kuasa. Dengan sudah ribuan tahun kehidupan manusia berjalan di bumi, sudah banyak sekali agama yang berkembang.
Karena banyaknya agama yang berkembang di dunia ini, sudah pasti setiap agama itu memiliki bangunan unik khas mereka masing-masing. Penasaran seperti apa bangunan indah milik tiap agama di dunia?

1. Baha'i
http://cdn.keajaibandunia.net/wp-content/uploads/2012/06/Bahai-580x386.jpg
Meski bukan menjadi kuil utama bagi umat Baha'i, Kuil Lotus di India adalah kuil terbaru yang memiliki desain arsitektur paling menarik. Kuil Lotus dibangun berbentuk seperti bunga teratai yang sangat cantik. Dibangun pada 1986, Kuil Lotus bisa dianggap baru jika dibandingkan situs keagamaan lain dalam daftar ini. Hebatnya, semua agama dipersilahkan masuk ke kuil Lotus meski tak boleh ada khotbah yang diucapkan dan alat musik juga tak boleh meski boleh adanya musik.

2. Buddha
http://asi.nic.in/images/wh_mahabodhi/images/003.jpg
Tempat paling penting dalam agama Buddha adalah kuil Mahabodhi yang dibangun di lokasi yang dipercaya sebagai Pusat Bumi. Di lokasi ini ada Pohon Bodhi, di mana Buddha pertama dikatakan mencapai pencerahan sekitar 528 SM. Kuil ini ada di negara bagian Bihar, India. Sayangnya dalam beberapa tahun terakhir, lokasi ini diganggu dengan tuduhan kecurangan atas sumbangan dan keuntungan penjualan benda suci.

3. Konghucu
http://media.vivanews.com/images/2011/09/29/125231_perayaan-ulang-tahun-konfusius-di-taiwan.jpeg
Kuil Konfusius di Qufu, China adalah kuil paling penting untuk umat Konghucu. Semenjak dibangun untuk pertama kalinya, kuil ini tetap menjadi yang terbesar dan kini merupakan situs warisan dunia. Sebagai situs budaya terbesar di China modern, kuil ini sudah mengalami perbaikan saat pembangunan Kota Terlarang.

4. Hindu
http://topyaps.com/wp-content/uploads/2013/01/Kashi-Vishwanath-Temple.jpg
Kashi Vishwanath adalah salah satu dari kuil paling suci bagi umat Hindu yang terletak di Varanasi (kota yang disebutkan dalam kitab suci Hindu dan menjadi rumah dari Dewa Siwa), India. Umat Hindu diwajibkan berkunjung setidaknya sekali dalam seumur hidup ke Varanasi dan menyebarkan abu keluarga yang meninggal di sungai Ganghes. Hindu percaya bahwa Varanasi adalah kota tertua dalam sejarah manusia. Kuil Kashi Vishwanath memiliki puncak menara emas setinggi 15 meter.

5. Jainisme
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/6d/Digambar_Jain_Lal_Mandir,_Chandni_Chowk,_Delhi.jpg
Sri Digambar Jain Lal Mandir, adalah kuil agama Jain terbesar dan tertua yang terdapat di New Delhi, India. Dibangun sejak 1656, ada beberapa aturan menarik bagi siapapun yang ingin ke sana. Aturan itu seperti tak ada makanan (bahkan remah-remah yang tersisa di mulut), tak ada bahan dari kulit makhluk hidup, tak boleh wanita menstruasi.

6. Yahudi
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/e/ef/Firenze_sinagoga_2.jpg
Meskipun tak ada kuil suci untuk umat Yahudi yang ditemukan, namun ada sebuah sinagoga (tempat ibadah orang Yahudi) yang cukup besar di Budapest, Hungaria. Sinagoga itu menjadi rumah ibadah terbesar di Eropa dan terbesar kelima di dunia. Rumah itu juga menjadi museum Holocaust, sekolah, serta pemakaman. Dibangun pada 1854, sinagoga itu mampu menampung 3.000 orang.

7. Pagan Romawi
http://4.bp.blogspot.com/-DlE4JS3FtLk/UZtEy0U53aI/AAAAAAAAA7s/fMkiy1DGTOc/s400/Rome+Pantheon%252C+Italia.jpg
Meski mungkin bukan menjadi agama di abad modern, namun ada sebuah kuil yang pernah dibangun umat manusia untuk Dewa dan Dewi dalam mitologi Romawi Kuno. Bangunan yang disebut Pantheon ini dibangun pada abad ke-27 SM. Bahkan Pantheon ini pernah diambil alih menjadi Gereja Katolik ketika agama Pagan Romawi goyah. Namun elemen Pagan tetap ada yang membuatnya tampak cantik.

8. Sikh
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/8/89/Sri_Harmandir_Sahib.JPG
Sri Harmandir Sahib adalah salah satu situs paling suci agama Sikh. Terletak di Punjab, India, bangunan ini dibangun pada 1574 Masehi. Di tempat ini terdapat tulisan suci untuk umat Sikh, Guru Granth Sahib yang merupakan kumpulan berbagai puisi, nyanyian, dan ajaran agama. Kuil ini juga disebut Kuil Emas lantaran lantai bagian atas yang mengandung emas asli.

9. Kristen
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/1/12/View_of_saint_Peter_basilica_from_a_roof.jpg
Basilika Santo Petrus ada di kota Vatikan dan sudah menjadi pusat Gereja Katolik semenjak dulu. Pada abad pertama Masehi, Santo Petrus dimakamkan di tempat itu setelah penyaliban Yesus, dirinya pun menjadi Paus pertama yang sangat diingat dan dihormati umat Kristen. Basilika dirancang oleh Donato Bramante, Michelangelo, Carlo Maderno, dan Gian Lorenco Bernini dan menjadi salah satu karya arsitektur renaisans terbesar saat ini.

10. Islam
http://amzar5.files.wordpress.com/2008/11/masjidil-haram-saat-menjelang-isya.jpg
Masjidil Haram adalah masjid terbesar dan paling suci bagi umat Islam yang ada di Mekah, Arab Saudi. Menjadi rumah dari Ka'bah (pusat kiblat Muslim sedunia), di dalamnya terdapat batu hitam yang dipercaya jatuh dari Surga untuk nabi Adam dan Siti Hawa. Dalam ajaran Islam, Masjidil Haram akan dijaga kesuciannya oleh ribuan malaikat dan tentunya Allah SWT sendiri sampai akhir jaman nanti. Subhanallah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar