Google+ Followers

Selasa, 02 Juli 2013

10 Alat Musik Tradisional India

Setiap negara memiliki keragaman budayanya masing-masing, termasuk di dalam seni musik. India, negeri epos para dewa, brahmana dan ksatria pun demikian. Negeri yang mayoritas masyarakatnya beragama Hindu, memiliki peradaban musik sangat unik, terlihat dari bentuk dan bunyinya yang menarik. Musik selain mengajak orang disekitarnya untuk menari juga dapat menjadi media spiritual yang menghubungkan jiwa manusia dengan Sang Penciptanya. Mungkin itulah kenapa orang-orang India sangat menikmati musik dan menarikannya dengan baik. Berikut 10 alat musik tradisional India:

1. Bansuri
http://images.bidorbuy.co.za/user_images/017/413017_zenflute8.jpg
Bambu merupakan tanaman yang mudah ditemui di daratan Asia, sehingga tidak heran apabila banyak alat musik tradisional yang terbuat dari bambu. Di India, suling yang dikenal dengan nama bansuri menjadi alat yang hampir mendominasi komposisi musik tradisional India. Pandit Pannalal Ghosh, Hari Prasad Chauria merupakan beberapa peniup bansuri yang popular di India.

2. Tampura
http://snsvo1.seekandsource.com/Sharmaandco/productimages/prod2-Tampura.jpg
Sobat unik mungkin sepintas alat musik tradisional ini mirip dengan sitar, namun tampura atau tanpura memiliki karakter suara dan penggunaan yang berbeda. Tampura merupakan alat musik tradisional yang digunakan untuk mengiringi sebuah nyanyian. Fungsinya sebagai alat musik pengiring membuat para pemainnya harus teliti dan konsentrasi. Karena suara tampura sangat unik maka sentuhan dan petikannya pun harus dijaga. Harmonisasi yang dihasilkannya sanggup untuk menghipnosis penyanyi dan pendengarnya hingga larut dalam alunan musik.

3. Tabla
http://www.sitarsencat.com/imatges/tabla%20decorada.jpg
Nah alat musik tradisional India yang satu ini sangat popular bahkan di dunia, banyak musisi dunia yang memasukan bebunyian tabla di dalam album-album mereka, sebut saja the Beatles untuk lagu ‘Inner Light’ dalam single album ‘Lady Madonna’. Alat tradisional yang memiliki bentuk seperti gendang Sunda atau Jawa, memiliki bunyi yang unik sehingga mampu mengajak para pendengarnya untuk menari terlebih dipadukan bersama suara tampura dan sitar. Salah satu musisi tabla India yang mendunia adala Zakir Hussain dan Anoushka Shankar.

4. Sarangi
http://guitarkadia.com/wp-content/uploads/2009/08/sarangi.jpg
Alat musik tradisional India yang satu ini dimainkan dengan cara digesek dengan menggunakan piyul layaknya biola dan cello. Sarangi merupakan alat musik yang identik dengan musik rakyat Rajasthani. Seperti gitar namun lebing cembung (memiliki tiga ruang), memiliki tiga senar melodi dan 35 senar simpatetis. Salah satu maestro sarangai adalah Ustad Sultan Khan, Ikram Khan dan Ram Narayan

5. Sarod
http://www.hmtrad.com/catalog/strings/images/sarod.jpg
Sarod berasal dari bahasa Persia yang artinya ‘melodi’ atau ‘suara yang indah,’ keberadaanya sangat penting dalam khazanah musik Hindustan (India). Cara memainkan sarod hampir sama dengan tampura dan sitar, dipetik. Salah satu maestro sarod yang popular adalah Amjad Ali Khan dan keluarganya. Suara sarod sangat indah, dalam dan introspektif.

6. Mridangam
http://stealmydrums.com/wp-content/uploads/2013/03/12370240115L.jpg
Alat musik tradisional India yang satu ini terbuat dari sebuah batang kayu, masyarakat Hindustan mengenalnya dengan nama mridangam. Perkusi yang memiliki dua permukaan pukulan, digunakan untuk mengiringi musik melodi dalam komposisi tradisional India. Seperti halnya tabla, bisa digunakan dengan ketukan jemari, telapak tangan dan pukulan menekan ke dalam permukaan membran kulit. Namun perlu kemampuan dan ketelitian dalam tuning membran kulitnya, sehingga memiliki suara yang baik. Keberadaan instrumen mridangan sangat penting untuk mengiringi musik tradisional khas Indian bagian selatan (karnatis).

7. Dholak
http://www.dholak.com/images/dholak.jpg
Keberadaan dholak sangat penting dalam komposisi musik tradisional khusus India bagian utara. Dholak memiliki bentuk hampir sama dengan mridangam, tabla ataupun gendang, hanya saja membrannya dituning sangat kencang sehingga suaranya nyaring. Sementara kekecangan dan kedalaman membran sangat ditentukan oleh tuning yang menggunakan tali kulit sebagai tarikannya.

8. Shehnai
http://www.shankarshehnai.com/images/shehnai01.gif
Alat musik tiup yang satu ini dipopularkan oleh musisi legendaris Ustad Bismillah Khan. Shehnai memiliki bentuk perpaduan antara seruling dengan trompet, namun terbuat dari kayu pilihan. Shehnai merupakan alat musik yang digunakan untuk mengiringi prosesi keagamaan, seperti pernikahan.

9. Sitar
http://www.buckinghammusic.com/sitar/Surbahar.jpg
Sitar merupakan alat musik tradisional yang mengharumkan India di khazanah musik dunia. Tentu saja hal ini dimungkinkan atas perjuangan para musisi kontemporer berdarah India, yang mencintai musik nenek moyangnya. Sebut saja Ravi Shankar, Pandit dan generasi muda seperti Anoushka Shankar, mereka memainkan Sitar dengan indah mewakili sisi kedamaian dan spiritual India. Sitar dimainkan dengan cara dipetik layaknya tampura dan sarod. Sitar merupakan alat musik tradisional yang mendominasi musik rakyat India.

10. Ghatam 
http://indian-instruments.com/drums_and_percussion/images/medium_premium_ghatam.jpg
Jangan mengira gerabah atau kendi yang satu ini hanyalah wewadahan beras atau palawija, karena di India Ghatam (kendi) merupakan alat musik tradisional. Ghatam merupakan alat musik tradisional yang memberikan warna khas pada musik India bagian selatan. Bahkan beberapa sumber menyebutkan ghatam telah ada sejak zaman Ramayana, sehingga dimasukan ke dalam salah satu alat musik tradisional tertua di India. Cara memainkan ghatam hampir sama dengan tabla, dholak dan mridangam, dengan jari ataupun telapak tangan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar