Google+ Followers

Sabtu, 13 Juli 2013

7 Ritual Kecantikan Zaman Kuno

Jika Anda berpikir bahwa wanita jaman dulu tidak tahu cara menjadi cantik bahkan sebelum makeup modern ditemukan, maka Anda salah. Berikut ini adalah ritual-ritual kecantikan kuno aneh yang populer pada jaman dulu.

1. Bubuk Timah Hitam Sebagai Celak Mata
http://api.ning.com/files/mrVkGrwgnWZXwEPs7QJRqD1HBrMtdlQYWf0prPE2ORA9jdjp7cPC2Z86EWXCqSiiCx6QkffVn6ITi279ohYMkXLK3r4aQxDN/jualbatugalenamurahdijakarta.jpeg
Untuk membuat mata terlihat lebih menarik, wanita, khususnya yang tinggal di Mesir, menggunakan  bubuk timah hitam untuk digunakan sebagai celak mata. Namun hal ini dihentikan setelah mereka menyadari bahwa zat ini beracun.

2. Sepatu Menyakitkan
http://adipanca.com/wp-content/uploads/2013/05/cantik-cina-footbinding.jpg
Pada jaman Cina kuno, kaki yang kecil dianggap sebagai symbol keindahan. Wanita sengaja mengubah fraktur kaki mereka agar ukurannya lebih kecil dengan mengikatkan sepatu yang sangat sempit pada anak perempuan mereka. Proses ini menyakitkan dan dapat membuat kaki tidak efektif untuk berjalan.

3. Korset dari Tulang Ikan Paus
http://2.bp.blogspot.com/_4KSp-9Sq2jk/S_1AeY0tTkI/AAAAAAAAAOs/dJljrSnaKH4/s320/DVC00871.JPG
Ada beberapa ritual kecantikan yang konyol pada masa lalu. Contohnya di Inggris. Wanita-wanita Inggris memakai korset ketat yang terbuat dari tulang ikan paus. Korset ini dipercaya dapat membuat wanita terlihat lebih ramping, tetapi juga dapat menghancurkan tulang-tulang rusuk mereka. Ritual lain yang menjijikan adalah dengan mengonsumsi cacing pita berlendir. Dulu hama ini dipercaya dapat membuat tubuh menjadi langsing dan ramping.

4. Madu
http://2.bp.blogspot.com/-rtcwHCNRjdI/T71IO3jYk0I/AAAAAAAAAPA/hFIW5mMCHuM/s320/honey-usda-picture-wiki.jpg
Salah satu bahan kecantikan yang paling kuno di dunia adalah susu dan madu. Madu memiliki sifat hydrating alami dan penuh akan antioksidan. Hal ini membantu mencegah kulit menjadi kering, juga membuat kulit menjadi lembut. Para wanita di Mesir Kuno menggunakan madu untuk membantu melindungi kulit mereka dari panasnya terik matahari di padang pasir.

5. Kayu Manis dan Casia
http://static.republika.co.id/uploads/images/detailnews/kayu-manis-ilustrasi-_110411155329-580.jpg
Kedua rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bahan dalam minyak pijat di Mesir Kuno. Rempah-rempah ini membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit dan digunakan juga pada masker wajah jika dicampur dengan madu.

6. Ritual Kecantikan di Yunani
http://202.67.224.137/pdimage/43/2868643_280520111667.jpg
Wanita di Yunani kuno mencampur timah putih dengan minyak zaitun untuk memutihkan kulit mereka. Namun, pada waktu itu mereka tidak tahu bahwa jika timah putih diserap ke dalam kulit dapat menyebabkan kematian karena terdapat racun. Ritual lain yang tidak biasa adalah dengan menggunakan bubuk gelap untuk menghubungkan kedua alis, yang pada waktu itu dianggap sebagai simbol keindahan.

7. Bahan Pewarna Alami Lainnya
http://webmineral.com/specimens/photos/Galena.jpg
Sebagian besar ritual kecantikan masa lalu berasal dari peradaban Mesir. Mereka membuat eyeliner dari galena, eyeshadow dari rempah-rempah kunyit, dan juga menggunakan almond yang sudah dibakar untuk menghitamkan alis mata.
Meskipun beberapa ritual kecantikan di atas ada yang berbahaya, namun hal ini membuktikan bahwa wanita pada jaman dulu pun sudah memikirkan tentang kecantikan mereka, begitu pun halnya dengan wanita jaman sekarang kan Beauty Lovers?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar