Google+ Followers

Minggu, 10 Maret 2013

Douglas Adams, Penulis Serba Bisa di logo Google


Douglas Adams adalah penulis dan tokoh serba bisa kebanggaan Inggris. Tokoh kelahiran tanggal 11 Maret 1952 di Cambridge, Inggris, dengan nama lengkap Douglas Noel Adam ,hari ini tanggal 11 Maret 2013 Google merayakan hari kelahirannya. Dia tak hanya terkenal sebagai penulis, melainkan juga piawai dalam menjalankan profesinya di bidang seni, dari musisi, pelaku seni peran alias aktor, komedian, editor, hingga pembuat permainan komputer.


Karya Douglas Adams yang paling terkenal adalah serial komedi Hitchhiker’s Guide to the Galaxy yang bermula dari siaran bersambung yang dipublikasikan oleh radio BBC. Karena mendapat respon yang sangat positif dari publik, serial ini kemudian dikembangkan ke dalam bentuk media lain, termasuk buku, serial televisi, komik, film layar lebar, bahkan game.

Untuk buku, Hitchhiker’s Guide to the Galaxy mewujud dalam lima buku yang telah terjual lebih dari 15 juta kopi, belum lagi hasil yang tak kalah menggembirakan di media lainnya. Lantaran capaian yang membanggakan itulah, nama Douglas Adams masuk ke dalam jajaran The Radio Academy’s Hall of Fame di Inggris.

Masih banyak hasil karya yang telah diciptakan Douglas Adams lainnya. Ia, misalnya, telah menulis tiga naskah cerita untuk film serial televisi berjudul Doctor Who, juga deretan novel seperti Dirk Gently’s Holistic Detective Agency (1987), The Long Dark Tea-Time of the Soul (1988), The Meaning of Liff (1983), Last Chance to See (1990), dan lainnya.

Selain sebagai penulis dan seniman multi talenta, sosok Douglas Adams juga lekat sebagai aktivis lingkungan hidup dan konservasi, kolektor mobil cepat dan kamera, juga penyuka komputer Apple Macintosh, serta sangat antusias terhadap inovasi dan perkembangan teknologi.

Banyak tokoh besar dunia yang menaruh respek kepada Douglas Adam. Salah satunya adalah ahli biologi sekaligus peneliti tenar Richard Dawkins di mana ia mendedikasikan bukunya yang terkenal, The God Delusion (2006), untuk Douglas Adam yang wafat pada tanggal 11 Mei 2001.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar