Google+ Followers

Jumat, 22 Maret 2013

12 Horor Modern Ini Pasti Membuat Kalian Ketakutan!

Satu dekade telah berlalu. Film horor modern kini lebih sering mengandalkan efek komputer yang dipercaya bisa menakut-nakuti penonton.
Namun sebagai pecinta horor sejati, tetap perlu adanya unsur nyata dalam  film yang dibuat dengan efek sederhana namun sukses membuat penonton berteriak.
Di bawah ini terdapat 12 horor modern dari 2000 hingga 2010 yang sukses membuat penonton berteriak ketakutan. Tak percaya? Silahkan buktikan sendiri kalau berani! 

1. Paranormal Activity [2007]

Jika ditanya apa film horor paling fenomenal satu dekade ini, jawabannya adalah PARANORMAL ACTIVITY. Film ini berkonsentrasi pada aktifitas mistik di rumah pasangan muda. Penasaran dengan apa yang terjadi, mereka memasang kamera night vision untuk merekam peristiwa tersebut hingga teror kemudian dimulai. Bisa dibilang PARANORMAL ACTIVITY memiliki ide orisinal yang patut diacungi jempol. Meski kualitas sekuel-sekuelnya cenderung gagal melakukan treatment layaknya prekuel, seri horor yang sudah memasuki babak keempat ini tetap diminati pecintanya. 

2. The Descent [2005]

Pernah mendengar judul film satu ini? THE DESCENT adalah film rilisan yang menjadi salah satu horor dengan ketegangan paling intens.
Film yang disutradarai oleh Neil Marshall ini berkisah tentang sekelompok gadis yang melakukan pendakian ke gunung hingga akhirnya terjebak di sebuah gua. Tak hanya panik karena bingung menemukan jalan keluar, gadis-gadis ini juga panik karena tak hanya mereka yang hidup di tempat tersebut. 

3. [REC] [2007]

[REC] (2007) adalah film asal Spanyol yang di-remake oleh Hollywood dengan judul QUARANTINE (2008). Hasil remake sebenarnya tak jauh beda meski lebih unggul di berbagai sisi. [REC] alurnya berjalan cukup lambat. Namun secara pelan tapi pasti teror menyeramkan pun di mulai saat petugas pemadam kebakaran memasuki sebuah apartemen dan tak bisa keluar.

4. The Ring [2002]
 
 THE RING adalah salah satu film horor yang bakal membuatmu takut gelap seperti anak kecil. Film yang merupakan remake horor Jepang ini berkisah tentang video rekaman yang membuat penontonnya meninggal setelah tujuh hari.
Saat tokoh utama menyelidiki asal usul dari teror video tersebut, tempo film akan membuatmu tak tenang bahkan setelah rahasia demi rahasia terbongkar.

5. Lake Mungo [2008]

 
LAKE MUNGO bisa dibilang sebagai mockumentary terbaik sejauh ini. Berkisah tentang keluarga kecil di Australia yang mengalami fenomena mistik setelah salah satu anak gadis keluarga tersebut ditemukan tenggelam di bendungan.
Keseraman LAKE MUNGO dibangun secara perlahan. Meski tanpa sosok menyeramkan, Joel Anderson berhasil menakuti sepanjang film berlangsung.

6. The Orphanage [2007]

 
 THE ORPHANAGE adalah film horor Spanyol besutan Juan Antonio Bayona yang baru-baru ini merilis THE IMPOSSIBLE. Film ini mengisahkan tentang seorang wanita yang membuka kembali panti asuhan.
Meski menghadirkan momen-momen horor klise, pada babak akhir penonton akan dibuat melompat dari kursi. Ingin membuktikan?

7. 28 Days Later... [2002]

 
 28 DAYS LATER... Dianggap sebagai klasik modern dalam genre horor dan itu hal yang bagus karena memberikan dua jenis ketakutan.
Pada paruh pertama film menyorot cara bertahan hidup dari zombie sehingga banyak adegan yang begitu intens. Namun pada paruh kedua lebih berkonsentrasi pada thriller psikologis.

8. Shutter [2004]

 
 ShHUTTER adalah horor Thailand sukses yang dibintangi oleh Ananda Everingham. Film yang disutradarai oleh Banjong Pisanthanakun dan Parkpoom Wongpoom ini telah di-remake oleh Hollywood meski hasilnya bahkan tak menyamai.
SHUTTER berkisah tentang fotografer muda yang menemukan bayangan aneh pada foto-foto yang mengarah pada sebuah kejadian supranatural. Menonton film ini akan membuat Anda melompat ketakutan bahkan berteriak nyaring.

9. Session 9 [2001]

 
 Film horor arahan Brad Anderson ini menggabungkan dua unsur yakni horor psikologis dengan atmosfer yang menyeramkan. Dan hal tersebut berhasil membuat film ini benar-benar mengerikan.
SESSION 9 berkisah tentang sekelompok orang yang bertugas membersihkan sebuah asbes rumah sakit jiwa. Saat itulah mereka menemukan kaset berisi rekaman seorang pasien dengan kepribadian ganda.

10. The Exorcism of Emily Rose [2005]

 
 Idenya memang tak orisinal karena sudah ada THE EXORCIST (1973) yang sukses menjadi horor klasik. Namun THE EXORCISM OF EMILY ROSE yang berdasarkan kisah nyata mampu membuat penonton benar-benar terkejut.

11. A Tale of Two Sisters (Movie - 2003)

http://irishgothichorrorjournal.homestead.com/Tale-of-Two-Sisters.jpg 
Su Mi dan Su Yeon baru saja tiba di rumah lamanya. Mereka disambut ramah oleh ibu tirinya, Eun Joo. Namun sebenarnya Su Mi sangat benci pada ibu tirinya tersebut. Karena sebenarnya Su Mi tahu kalau ibu tirinya itu sering menyiksa adiknya, Su Yeon secara diam-diam. Su Yeon memang anak yang pendiam dan penakut jadi ia tak pernah bercerita apapun tentang apa yang dilakukan oleh ibu tirinya itu pada siapapun.
Selama di rumah itu, banyak yang terjadi. Eun Joo kehilangan burung kesayangan dan menemukan burung itu tergeletak mati di tempat tidur Su Yeon. Dan karena itulah Eun Joo kembli menyiksa Su Yeon yang tidak tahu apa-apa dan mengurung Su Yeon di dalam lemari.
Setelah manemukan adiknya terkurung di dalam lemari, kebencian Su Mi pada Eun Joo makin mendalam. Apalagi ia juga menemukan foto-foto Eun Joo bersama ayahnya ketika Ibu kandungnya masih hidup. Su Mi pun melaporkan tindakan yang dilakukan oleh Eun Joo terhadap adiknya kepada Ayahnya. Namun bukannya membelanya, ayahnya malah mengatakan hal yang mengejutkan tentang Su Yeon. Kenyataan yang Su Mi tidak ingin mempercayainya.
Esoknya, Su Mi tidak menemukan Su Yeon dimanapun. Ia hanya menemukan sebuah karung penuh darah yang ia duga adalah Su Yeon yang telah dibunuh oleh Eun Joo. Su Mi pun pergi menemui Eun Joo. Dan terjadilah pertengkaran sampai akhirnya ia pingsan.
Setelah bangun dari pingsannya ia menemukan kenyataan yang mengejutkan. Kenyataan yang membuatnya harus dirawat di rumah sakit jiwa untuk mendapatkan perawatan khusus.
Film ini adalah film yang sudah cukup lama. Bisa dibilang ini film horor korea pertama yang aku nonton. Klo ga salah aku nontonnya waktu SMP. Makanya aku nyari film ini agak susah dan baru nemuin di youtube. Film ini juga kabarnya telah diadaptasi oleh Hollywood, tapi aku lupa judulnya.

12. Jelangkung [2001]

 
 JELANGKUNG adalah pionir horor Indonesia setelah perfilman nasional mengalami mati suri. Film yang disutradarai oleh Jose Poernomo dan Rizal Mantovani ini sukses mengeruk banyak penonton pada masanya.
JELANGKUNG berkisah tentang 4 sahabat yang terobsesi dengan legenda urban hingga suatu hari terkena teror saat salah satu dari mereka bermain jelangkung di tengah kuburan.

1 komentar: