Google+ Followers

Sabtu, 30 Maret 2013

7 Kisah Tragis Kasus Pembunuhan Penyihir

Sejak berabad - abad silam kita telah mengenal istilah "Cenayang", peramal, paranormal ataupun penyihir. Yang kesemuanya berhubungan dengan kemampuan supranatural atau kemampuan diluar logika orang kebanyakan. Dan dalam beberapa kasus seringkali kegiatan mereka dikaitkan dengan seseorang yang jahat yang memanfaatkan ilmu atau kemampuannya untuk mencelakai dan melukai bahkan menghilangkan nyawa orang lain.Karenanya kita sering mendengar banyak orang yang dianggap sebagai penyihir ataupun dukun, kisah hidupnya harus berakhir dengan tewas mengenaskan. Seperti diantaranya adalah yang terjadi di Madura Jawa Timur pada september 2011 dan januari 2012 lalu. Dua orang berusia 50 tahunan harus tewas mengenaskan dihakimi masa karena dituding sebagai dukun santet, selain itu ternyata dibelahan bumi lain terjadi kasus yang hampir serupa. Seperti kasus pembunuhan orang yang dianggap sebagai penyihir yang terjadi di Afrika baru-baru ini, dan berikut 7 kasus pembunuhan penyihir yang terjadi didunia:

1. Jerman
Diawali dengan kasus lama tentang peradilan penyihir di Jerman yang dibuka kembali, Pemerintah Jerman kembali membuka kasus peradilan Katharina Heno seorang wanita kepala kantor pos yang tewas dibakar dikota Kolon karena dituduh sebagai penyihir pada tahun 1627.Ia ditangkap ke Uskupan pada Januari 1627 karena dituduh menggunakan ilmu sihir untuk menyebar wabah penyakit atau membunuh beberapa orang. Katherina dipenjara dan dinyatakan bersalah hingga ia menjemput ajal dengan dibakar, nasib Hagarhenos sang adik lebih beruntung ia dibebaskan setelah ditangkap pada tahun 1631 setelah sidangnya diintervensi.Hager pun berkali-kali membersihkan nama kakaknya setelah bebas dari penjara namun usahanya selalu gagal, hingga akhirnya pada Februari 2010 kasus Heno dibuka kembali setelah dilakukan peninjauan kembali bukti-bukti atas kasus Heno yang diduga telah menjadi korban intrik politik yang dibuat para saingannya. Heno memang terkenal dengan reputasinya sebagai orang yang terhormat sehingga seorang pendeta dan guru agama di Kolon Hartmughiglart ikut meminta dibukanya kembali kasus yang melegenda di Jerman. Untuk mengenang tragedi ini telah didirikan patung Heno dan kisahnya pun telah di tuliskan dalam sebuah buku.

2. India
Selanjutnya adalah kasus pembunuhan terhadap 200 wanita di India yang telah dibunuh tiap tahunnya karena diduga mempraktekkan ilmu sihir. Kejadian ini kerap berlangsung didesa-desa miskin yang dihuni oleh kelompok suku tertentu, Pada juli 2010 lalu tewasnya para penyihir itu telah dilaporkan terjadi dinegara bagian India Utara Jarkan. Kasus sejenis juga dilaporkan terjadi dinegara bagian Andrapradesh Aryanadahorisha, Apdhas Khausal ketualigasi pedesaan dan karyawan Kendra menyatakan bahwa sebagian korban sering menjadi sasaran untuk isu tanah atau uang. Mereka dipaksa untuk minum air seni atau makan kotoran didepan umum dan kemudian diarak tanpa busana keliling desa. Bahkan adapula dari mereka yang melakukan bunuh diri setelah  mengalami pengadilan yang dimuka umum karena malu, angka 200 jiwa adalah perkiraan berdasarkan penelitian yang oleh Letigasi pedesaan dan karyawan kendra di Jarkan yang jug berasal dari tokoh polisi dan otoritas negara dibagian negara lain.

3. Afrika
Berikutnya adalah kasus pembunuhan terhadap anak-anak yang dituduh sebagai penyihir di Afrika. Anak yatim, anak jalanan, albino dan anak cacat menjadi sangat beresiko, pasalnya Badan Dunia UNICEF menyatakan bahwa anak-anak yang dituduh sebagai penyihir telah dibakar,dipukuli dan bahkan langsung dibunuh sebagai hukumannya. Kebanyakan anak-anak yang dituduh sebagai penyihir adalah anak laki-laki dengan rata-rata usia sekitar 14 tahun, mereka selalu diserang, disiksa, dan bahkan disirami bensin pada mata atau telinga mereka sebagai bentuk untuk mengusir arwah jahat yang diyakini telah merasuki mereka. Meningkatnya kekerasan yang terjadi terhadap anak-anak dikarenakan tingginya urbanisasi pada benua itu dan juga gangguan yang disebabkan oleh perang. Faktor sulitnya ekonomi juga diperkirakan menjadi penyebab hal tersebut, seperti dilansir ditelevisi pada juli 2010 lalu telah lebih dari 20 ribu anak jalanan yang dituduh sebagai penyihir di ibukota Kinshasa Republik Demokratik Kongo.

4. Arab Saudi
Pada 12 desember 2011 lalu di arab saudi juga dikabarkan ada seorang wanita saudi yang di eksekusi pada hukuman penggal setelah dinyatakan melakukan praktek ilmu sihir. Menurut kementrian dalam negeri saudi eksekusi penggal untuk kasus ilmu sihir merupakan kali kedua ditahun ini. Aminah binti Abdul Halim Nazar, dieksekusi dipropinsi Aljaf sebelah arab saudi. Sebuah sumber yang dekat dengan kepolisian Angkema mengatakan pihak berwenang telah menggeledah rumah Nazar dan menemukan sebuah buku yang berisi tentang ilmu sihir, 35 kerudung dan botol gelas yang diduga untuk melakukan praktek sihir. Surat kabar Alhayat melaporkan bahwa Aminah mengklaim bisa menyembuhkan penyakit dengan menjual jilbab dan tiga botol ramuan seharga 1500 riyal atau sekitas 400$ atau sekitar 3,6 juta rupiah. Dewan amnesti internasional timur tengah dan afrika utara Philip huter mengutuk eksekusi penggal itu, karena menurutnya ilmu sihir tidak termasuk sebagai kejahatan di arab saudi dan ia menganggap hukuman penggal hanya pantas untuk mengganjar tindak pidana ekstrim dan kejahatan yang serius. Ia menuding bahwa tuduhan sihir sering digunakan oleh pemerintah saudi sebagai tabir untuk mengelabui praktek kebebasan berpendapat.

5. London
Seorang remaja berusia 15 tahun di London Inggris disiksa dan diteggelamkan oleh keluarganya pada hari natal 2011 lalu setelah mereka menudingnya dapat mempraktekan ilmu sihir. Anak lelaki Cristhibamu itu menderita 101 luka yang berbeda setelah diserang dengan palu,linggis dan berbagai alat lainnya. Cristy ditemukan tewas setelah disiksa dan ditenggelamkan kedalam bak mandi.Awalnya christy tengah melakukan kunjungan natal kerumah kakaknya Mangchelybamu di Newhimland London Timur dimana peristiwa naas itu terjadi. Namun entah mengapa Erickbikubi sang kakak ipar menuduh christy telah mempraktekan sihir yang mempengaruhi ketiga anaknya. Meski christy membantah tuduhan tersebut namun sang kakak Mangkely justru ikut menuding dan menyiksanya. Menurut jaksa penuntut umum christy yang tak tahan dengan rasa sakit akibat penyiksaan itu pun akhirnya mengakui bila dirinya adalah penyihir dengan harapan dia akan dibebaskan, namun ternyata ia justru ditenggelamkan didalam bak air dingin hingga akhirnya tewas.Kini kedua kakaknya tersebut ditahan pihak berwajib untuk mempertanggung jawabkan perbuatan kejamnya tersebut.

6.Tanzania
Bukan keinginan seseorang untuk mengidap kelainan genetik tanpapicman atau yang dikenal dengan istilah "Albino" karena penderita albino biasanya terlampau peka terhadap sinar matahari dan cahaya terang sehingga didaerah tropis yang panas mereka sangat beresiko terkena kanker kulit namun diafrika tepatnya di tanzania orang-orang albino kerap mendapat perlakuan diskriminatif bahkan hingga tindakan kekerasan. Karena kulitnya yang putih sebagian warga afrika menganggap orang albino merpakan sejenis hantu atau siluman yang tidak akan pernah mati.Albino dikatakan akan menghilang bersama dengan angin atau hujan jika sudah dewasa, akibatnya kepercayaan primitif ini dibeberapa komunitas ditanzania para pengidap albino menjadi sasaran pembunuhan dan mutilasi bahkan bagian tubuhnya digunakan untuk ritual sihir atau jimat pengasihan. Selain anggota tubuhnya korban-korban pembunuhan itu juga diambil organ dalamnya untuk dijual kepenadah, selain itu sebagian warga primitif tanzania juga percaya bahwa wanita albino diyakini dapat mengobati penyakit aids sehingga menyebabkan banyaknya perkosaan terhadap wanita albino sekaligus menambah penderita aids di negara ini. Akibat hal ini albino yang tercatat dicatatan sipil hanya sekitar 5000 orang padahal menurut Asosiasi Albino Tanzania jumlah mereka mencapai 150.000 orang.

7. Nepal
http://1.bp.blogspot.com/_vJyBmxm3NVk/TDcYUFQTQ5I/AAAAAAAABtc/C0wk41Uy9UU/s320/Gadis+belia+dibakar+untuk+persembahan+dewa.jpg
Dan kasus pembunuhan penyihir yang terkhir adalah seorang wanita di desa Bhagauda distrik citual Nepal yang dibakar hidup-hidup setelah diduga sebagai penyihir. Sepuluh pelaku yang salah satunya adalah anak-anak saat ini telah ditahan polisi untuk mempertanggung jawabkan perbuatan mereka.Seperti diberitakan CNN insiden naas itu terjadi pada jum'at 18 Februari 2012 lalu, setelah seorang dukun desa menuduh. Degani Mahato sebagai penyihir. Mahato dituduh telah merapal mantra yang menewaskan seorang bocah yang tenggelam tahun lalu, petugas polisi Hiral Manibaral mengatakan sepuluh kerabat bocah yang tewas lalu menghampiri kediaman Mahato dan memukuli wanita malang itu dengan kayu dan batu seorang pelaku kemudian menyiramkan minyak tanah ketubuh wanita 40 tahunan itu dan membakarnya. Peristiwa sadis itu dilakukan didepan putra Mahato yang berusia 9 tahun bahkan tetangga yang menyaksikan tidak bisa melakukan apa-apa selain menelpon polisi. Namun Mahato telah tewas ketika polisi datang,Lembaga Ham Nepal mengatakan berbagai kasus pembunuhan penyihir jarang yang ditangani serius oleh kepolisian setempat. Namun untuk kedua orang anak Mahato Pemerintah akan memberikan kompensasi sebesar 14.000 dollar amerika atau sekitar Rp.127 juta rupiah.
Demikianlah ketujuh kasus pembunuhan penyihir yang hingga kini masih terjadi didunia.

1 komentar: