Google+ Followers

Jumat, 01 Maret 2013

Asal Usul Nama Dibalik 8 Band Ini

Nama pada sebuah band atau penyanyi memang mendatangkan hoki tersendiri. Terlebih pemilihan nama yang unik dan tidak norak atau memiliki filosofis yang dalam akan memudahkan orang untuk mengingatnya.
Di balik setiap nama besar memiliki cerita kenapa mereka menamai bandnya. Mereka seakan sudah meramalkan bahwa nama ini bakal menjadi terkenal.
Penasaran apa aja yang melatar-belakangi band ini memberikan nama tersebut. Yuk kita simak satu persatu kisahnya. 

1. Gotye 
Untuk nama solois, Gotye memang cukup aneh di telinga. Namun karena keunikan inilah membuat pemilik nama asli Wouter De Becker ini mudah dikenal. Menurut pengakuannya nama Gotye sendiri diambdil dari bahasa Perancis, Walter atau Wouter. Cukup mengagumkan dengan nama sederhana membuat orang-orang tertarik. 

2. Green Day 
 
Meski band ini sudah lama, namun orang banyak yang tahu apa alasan trio abadi ini memakai nama Green Day sebagai nama band. Akhirnya nama tersebut berasal dari kebiasaan mereka menghisap ganja setiap hari, sehingga mereka mencetuskan nama Green Day menjadi nama band. Wah untung saja di Amerika ganja sedikit bebas, jika di Indonesia bisa jadi Jail Day atau malah gak ngeband.

3. ACDC 
 
Siapa sangka jika nama band ACDC ini diambil dari tulisan di sebuah mesin jahit. Akronim ini diambil dari kata alternating current/direct current saat adik perempuan mereka melihta nama tersebut. Mereka mengambil singkatan tersebut karena merasa nama tersebut mewakili simbol serta energi band sendiri. Dan memang benar, nama band ini melegenda dan memiliki musik yang mengisnpirasi semua band. 

4. Foo Fighters 
Kalimat Foo Fighters ini cukup terkenal di era Perang Dunia Kedua. istilah ini mengacu pada benda asing atau fenomena aneh yang diciptakan oleh kekuatan musuh. Nama Foo Fighters memang pas menjadi pilihan Dave Grohl Cs, pasalnya saat band ini keluar langsung melejit bak roket. 

5. The Beatles

Nama The Beatles merupkan akronim dar salah satu judul lagu milik band bernam Cricket. Mereka mengadopsi judul The Quarrymen and The Silver Beetles. Mereka merevolusi kata Beetles menajdi The Beatles untuk dijadikan nama band. Nama Yang akhirnya merevolusi musik rock and roll seperti saat ini. 

6. Led Zeppelin 
Raksasa rock ini memang ingin menginvansi dan membuat musiknya melambung setinggi mungkin. Mereka mengibaratkan musiknya seperti balon udara yang besar dan berat namun megah, dan semua mengacu pada balon Zeppelin. Sementara itu nama Led di depannya hanya sebuah imbuhan agar nama tersebut diucapkan dengan tepat. Dari pemilihan nama, merteka yakin bahwa bakal menjadi salah satu dewa rock. 

7. The Door
 
Jim Morrison memilih nama The Door sebagai nama pintu bukan hanya asal-asalan saja. Sebagai seorang penyair dan juga pemikir terbuka, sudah pasti nama The Door memiliki arti tersendiri bagi Jim. Nama tersebut diadopsi dari sebuah buku berjudul The Doors of Perception karangan Aldous Huxley. 

8. The Rolling Stones 
Nama The Rolling Stones adalah sebuah legenda di dunia musik. Legenda hidup yang masih eksis berkarya merilis album dan tur dunia. Pemilhan nama The Rolling Stones ini didasari dari sala satu lagu klasik mili Muddy Waters berjudul Rolling Stone. Dan nama ini tetap kokoh seperti batu dan menggelinding dengan semangat tanpa mempedulikan usia.

1 komentar:

  1. thanks nice info, unik juga asal nama band tersebut, silahkan mampir ke blog saya

    BalasHapus