Google+ Followers

Senin, 27 Januari 2014

Eugène Viollet-le-Duc: Arsitek Bergaya Restorasi Asal Prancis di Logo Google

https://www.google.com/logos/doodles/2014/eugene-viollet-le-ducs-200th-birthday-6078230066888704-hp.jpg

Google hari ini tanggal 27 Januari 2013 memperingati 200 tahun kelahiran Eugène Viollet-le-Duc, seorang arsitek dan pemikir ulung asal Prancis. Lahir di kota Paris, beliau adalah arsitek pelopor kebangkitan arsitektur Gotik.

Bernama lengkap Eugène Viollet Emmanuel-le-Duc,  lahir pada tanggal 27 Januari 1814, beliau terkenal karena karya seninya yang bersifat “restorasi” bangunan abad pertengahan.

Karya-karyanya sebagian besar bersifat restoratif terhadap desain bangunan independen yang telah berdiri. Sangat bertentangan dengan tren arsitektur Beaux-Arts yang berlaku waktu itu. Oleh karenanya, beliau sering dicemooh oleh orang-orang pada jamannya.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/4/4d/Eugene_viollet_le_duc.jpg
Ia juga merupakan arsitek yang disewa untuk merancang struktur internal dari Patung Liberty, namun meninggal sebelum proyek tersebut selesai.

Beberapa bangunan restorasinya, seperti Château de Pierrefonds, menjadi sangat kontroversial karena tidak dimaksudkan untuk membuat situasi yang akurat dengan menciptakan sebuah “bangunan sempurna” gaya abad pertengahan.

http://www.legrandjournal.com.mx/wp-content/uploads/PierrefondsChateauVue.jpg
Chateau de Pierrefonds
Namun ia mengamati dari sisi lain melalui kamus raisonné yaitu: “bukan untuk mempertahankan, memperbaiki atau membangun ulang, tetapi untuk membangun kembali dalam keadaan lengkap yang mungkin tidak pernah ada pada saat tersebut”.

Ide dan makna kata “restorasi” yang diterapkan pada arsitektur Viollet-le-Duc dianggap sebagai bagian dari sebuah inovasi modern. Praktek konservasi modern menganggap restorasi Viollet-le-Duc terlalu bebas, pribadi dan terlalu interpretatif. Faktanya, beberapa dari monumen yang mendapat sentuhan restorasinya mungkin akan lenyap apabila bukan karena beliau.

Di akhir hayatnya, Viollet-le-Duc pindah ke daerah Lausanne, negara Swiss, dimana ia me-rekonstruksi sebuah villa yang telah dihancurkan. Beliau meninggal di tempat tersebut pada tanggal 17 September 1879, di usia 65 tahun.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar