Google+ Followers

Sabtu, 11 Januari 2014

5 Orang Ini Memiliki Sindrom Suara Teraneh

Tentu masih ingat peristiwa seorang model bernama Novie Amalia pada Oktober 2012 lalu. Perempuan cantik berusia 25 tahun ini kedapatan mengendarai mobil hanya dengan mengenakan pakaian dalam, hingga akhirnya ia menabrak sejumlah orang di Olimo Jakarta Barat. Perilaku ugal-ugalan tersebut, selain pengaruh alkohol kepada pengacaranya Novie mengaku mendengar suara-suara aneh. Suara aneh tersebut didengar sejak dari rumah. Suara-suara tersebut menyuruh Novie untuk keluar rumah dan menanggalkan pakaiannya. Menurut situs helpguide.org, mendengar suara-suara aneh seperti yang dialami novie merupakan gejala skizofnia atau sebuah bentuk gangguan mental yang mempengaruhi cara pengidapnya bersikap. Berikut 5 Orang yang Memiliki Sindrom Suara Teraneh

1. Setiap Hari Dihantui Suara Musik
http://img.thesun.co.uk/aidemitlum/archive/01673/Tinnitus1_620_1673187a.jpg 
Seperti diberitakan the sun pada 15 Februari lalu, setiap harinya Susan Root selalu dihantui dan mendengar suara-suara aneh. Di antaranya alunan musik apa yang dialaminya tersebut tentu membuat Susan Root frustrasi.  Selain alunan musik, Susan juga mengaku kerap mendengar suara berupa lolongan anjing. Kejadian yang sangat menganggunya tersebut,  sudah dialami sejak tiga tahun terakhir. Menurut Susan, dirinya seperti memiliki sebuah radio yang sulit dimatikan. Perempuan asal Coggeshall berusia 63 tahun in pun mengalamii kesulitan untuk beristirahat dan kerap mengalami mimpi buruk dalam tidurnya.
Atas gejala tersebut dokter yang mengobati Susan bingung dengan kondisi yang dialami pasiennya. Dokter pernah memberikan alat bantu dengar untuk mengatasi masalah tersebut, namun alat itu tidak bekerja dengan baik. Seorang juru bicara dari British Tinnitus Association mengatakan, hal yang dialami Susan merupakan halusinasi musik. Karena setiap penderitanya memiliki sensasi saat mendengar musik ketika sedang tidak dimainkan. 

2. Dihantui lagu You’ll Never Walk Alone
http://i.dailymail.co.uk/i/pix/2012/12/18/article-2249916-16908B21000005DC-214_634x387.jpg 
Kondisi Susan Root juga dialami seorang perempuan inggris lain berusia 84 bernama Cath Gamester. Nenek ini mengaku menderita musical ear syndrome karena selalu mendengar suara musik sepanjang hari selama dua tahun terakhir. Dimulai sejak tahun 2010, Cat mengaku selalu mendengar alunan musik meski di sekelilingnya tidak ada yang memasang atau memainkan musik serta lagu. Sejumlah lagu yang sering menghantuinya adalah lagu Klub Sepakbola Liverpool yang berjudul You’ll Never Walk Alone,  God Save the Queen, Abide With Me serta Silent Night.
Seperti dikutip BBC News pada Desember 2012 lalu, Cath mengaku lagu-lagu tersebut terus berputar bergantian dan seperti menempel di telinganya. Penyanyi dari lagu-lagu tersebut adalah suara tenor seorang laki-laki yang sangat bagus, panjang dan keras. kendati sebenarnya terdengar merdu. Namun jika lagu-lagu tersebut terdengar setiap saat, justru menjadi hal yang menganggu. Cath yakin jika suara musik yang didengarnya itu dipicu oleh obat anti depresan yang mulai dikonsumsi setelah kematian adiknya. Dokter Nick Warner mengatakan, musical ear syndrome adalah kondisi langka yang mempengaruhi sekitar satu dari 10.000 orang berusia di atas  tahun di Inggris. Kondisi ini juga sering disertai dengan Tinnitus atau telinga berdering.

3. Lumpuh Ketika Mendengar Dering Telepon
http://i.dailymail.co.uk/i/pix/2011/11/24/article-2065618-0EED001800000578-89_468x348.jpg
Jika dua perempuan tadi mengalami musical ear syndrome, maka kasus yang satu ini lebih aneh lagi. Seorang perempuan bernama Caitlin Walace asal Liverpool akan mengalami kelumpuhan jika mendengar suara dering telepon. Serangan kelumpuhan mendadak pertama kali dialami Caitlin pada Februari 2010 lalu. Caitlin merasa terkejut saat mendengar suara dering telepon yang mengakibatkan otot wajah, kaki dan seluruh tubuhnya mengalami kelumpuhan selama beberapa menit. Syndore  aneh tersebut bisa membahayakan karena dikhawatirkan membuat organ tubuh bagian dalam juga mengalami gagal fungsi.
Setelah dilakukan pemeriksaan MRI, tidak ditemukan kerusakan pembuluh darah di otak perempuan berusia 26 tahun ini. Namun seorang dokter syaraf mendiagnosis penyakit yang diderita Caitlin Wallace ini adalah cataplexy. Gangguan ini menyebabkan kelumpuhan otot dengan pemicu yang berbeda-beda. Ada yang bisa kambuh karena tertawa, marah atau mungkin ketakutan. Namun untuk kasus Wallace pemicunya adalah rasa terkejut termasuk mendengar suara dering telepon.

4. Tersiksa Dengan Suara Aneh Selama 30 Tahun
http://static6.com/201212/tina-lannin121211c.jpg
Pada Desember 2012 lalu, fenomena aneh muncul di London, Inggris. Tina Lannin (42) mengaku jika dirinya selama hampir 30 tahun mendengar suara-suara meski sebenarnya dalam suasana hening atau sepi. Suara-suara aneh yang didengarnya tersebut salah satunya alunan musik merdu. Namun demikian Tina merasa jengkel karena musik merdu dan suara aneh lainnya tak pernah pergi dari telinganya.
Saat musik sedang mengalun di telinganya, Tina merasa jika dirinya sedang duduk di samping seorang musisi yang sedang melantunkan lagu-lagu indah untuknya. Banyak sekali jenis musik yang didengar Tina, mulai dari rock, pop, jazz hingga opera. Apa yang dialami Tina merupakan ear musical syndrome yang disebabkan tinnitus (saat berumur 10 tahun). Tina lahir dalam keadaan prematur dengan pendengaran rusak disebabkan kebisingan suara dari inkubator

5. Bisa Mendengar Suara Hewan Hidup dan Mati
http://i.dailymail.co.uk/i/pix/2012/12/17/article-0-168D227F000005DC-365_634x408.jpg
Pernah menyaksikan film Dokter Dolittle yang bisa berkomunikasi dengan sejumlah hewan yang dibintangi Eddy Murphy. Ya, dan ternyata kemampuan seperti dokter Dolittle ternyata ada di dalam dunia nyata. Meski bukan dokter hewan, namun seorang perempuan bernama Mandy Carr bisa mendengar omongan atau keinginan sejumlah hewan. Carr mengklaim  melalui kemampuan yang tidak biasanya itu, ia bisa mengetahui apa yang hewan katakan dan rasakan hanya dengan melihatnya.
Seperti dikutip Dailymail, perempuan 39 tahun dari Sheffield ini juga bisa meneruskan pesan hewan peliharaan yang mati dan mendiagnosa anjing di Australia yang mempunyai masalah ginjal. Carr mengaku jika bakatnya itu mulai dirasakan ketika berumur 20 tahun. Ketika sedang memotong rambut seseorang,  Carr yang merupakan penata rias rambut mendengar suara yang tidak biasa yang mengemis untuk diobati. Carr kemudian menyadari jika suara tresebut berasal dari anjing kliennya. Pengalaman pertama tersebut tentu saja membuat Carr ketakutan. setelah itu. Banyak pengalaman aneh yang dialami Carr yaitu mendengar suara dari binatang di dekatnya. Perlu diketahui Carr dilahirkan tuli dan memakai dua alat bantu dengar, namun selain bisa mendengar dan bicara dengan binatang Carr juga mengaku bisa meneruskan pesan dari hewan yang sudah mati dari kuburnya.

Sumber : Terselubung

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar