Google+ Followers

Kamis, 02 Januari 2014

5 Orang Paling Terkenal Tahun 2013 Karena Internet

Internet kini tak sekedar jadi sarana komunikasi. Sebuah informasi, entah dalam bentuk teks, foto, ataupun video, bisa menyebar dan menjadi mewabah (viral). Wabah ini bisa menularkan tren tertentu atau bahkan membuat orang berpikir ulang menggunakan Internet.Sepanjang tahun, banyak momen yang mewabah membuat orang biasa terkenal. Entah terkenal karena perilaku negatif ataupun malah menyebarkan sisi positif. Seperti petisi melalui Change.org. Situs Mashable, Selasa, 31 Desember 2013, memilih 15 tokoh yang terkenal lantaran Internet sepanjang 2013. Kami nukil lima di antaranya.

Justine Sacco
http://www.di-ve.com/sites/default/files/styles/article_player_slider_image/public/Justine%20Sacco.jpg
Hidup Justine Sacco bisa runtuh gara-gara satu cuit. Sebelum terbang dari London ke Afrika Selatan awal Desember kemarin, bekas Kepala PR InterActive Corp ini berkicau lewat akun Twitter-nya. Sayang, kicauan itu bernada rasis dan menyebar dengan cepat. Media besar dunia menulis tentangnya dan Justine sendiri tak tahu. Selama 11 jam dalam pesawat, dia mematikan ponselnya. Banyak orang menunggu pendaratan Justine. Usai mendarat, dia kehilangan karier dan jadi memanen hujatan dari penjuru dunia.

Joanna Rohrback
http://i1.ytimg.com/vi/MSxpmnzwwzA/maxresdefault.jpg
Wanita asal Florida ini sebenarnya sedang merekam latihan gerak tubuh, yang menyerupai orang naik kuda pada Desember 2012. Video ini lalu diunggah ke jagat maya. Awalnya, video di YouTube itu hanya ditengok 10 ribu pemirsa. Namun, dalam sepekan, pemirsanya melonjak hingga 2,7 juta. Rohrback jadi beken. Penyanyi John Mayer bahkan secara khusus mengundang Rohrback berjoget dalam peluncuran albumnya berjudul Paper Doll.

Batkid
http://media.heavy.com/media/2013/11/Thumb-Bad-Kid.jpg
Miles Scot baru berumur 5 tahun. Dia juga penderita leukemia. Namun bocah ini memiliki impian menjadi superhero Batkid dalam sehari. Keinginan Miles ini disebarkan pada warga di tempat dia tinggal, San Fransisco. Saat dia memanjatkan doanya, 20 ribu orang turut menghadiri dan mengamini. Semangat Batkid ini meluas. Bahkan, Presiden Obama hingga menghaturkan terima kasih kepada Batkid.

Marina Shifrin
http://assets.nydailynews.com/polopoly_fs/1.1475360.1380823593!/img/httpImage/image.jpg_gen/derivatives/landscape_635/quit4n-2-web.jpg
Tindakan Shifrin sebenarnya biasa. Dia ingin keluar dari pekerjaannya, perusahaan animasi di Taiwan. Namun dia jadi terkenal karena mengumumkan keputusannya lewat video di Internet. Diiringi lagu dari penyanyi Kanye West, Gone, Shifrin berjoget ria. Videonya mewabah. Bahkan, presenter Queen Latifah menerbangkannya ke AS dan mewawancarainya. Tentu juga diikuti dengan tawaran kerja.

Edward Snowden
http://www.wired.com/images_blogs/threatlevel/2013/06/Edward-Snowden.jpg
Juni 2013, Snowden, bekas kontraktor di National Security Agency (NSA), mengagetkan dunia. Dia melansir penyadapan yang dilakukan lembaga intel Amerika Serkat terhadap situs dan perusahaan IT global. Facebook, Google, Yahoo, Twitter, dan lain-lain jelas membantah bocoran Snowden. Belakangan, mereka mengatakan adanya permintaan data dari pemerintah AS. Pemerintah AS terus memburu Snowden. Kini Snowden tinggal di Rusia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar