Google+ Followers

Selasa, 02 April 2013

15 April Mop Terbaik di Dunia

April Mop mulai dikenal di Perancis pada tahun 1952. Waktu itu Paus Gregory XIII mengubah penanggalan kalender dari 10 bulan dalam 1 tahun menjadi 12 bulan seperti penanggalan masehi saat ini.
Karena perubahan itu, perayaan tahun baru yang semula dirayakan sejak 25 Maret dan puncaknya pada 1 April. Dimajukan menjadi 25 Desember dan puncaknya pada 1 Januari.
Namun tidak semua masyarakat setuju dengan sistem kalender baru tersebut. Masyarakat yang tidak sepakat, tetap merayakan tahun baru setiap 1 April dan menjadi bahan tertawaan oleh masyarakat yang menerima sistem kalender baru.
Akhirnya timbullah ledekan dengan cara memberikan undangan palsu, dengan alamat palsu, kepada mereka yang merayakan tahun baru 1 April. Dan sejak saat itu masyarakat Perancis selalu bersikap aneh pada tanggal 1 April dan menjadikan lelucon April mop sebagai tradisi tahunan, yang akhirnya diikuti oleh negara-negara lain hingga saat ini. Berikut 15 April Mop Terbaik di Dunia....

1. Panen Spaghetti di Swiss (1957)
Sebuah Program TV BBC, Panorama, melaporkan bahwa di musim dingin yang cukup tenang pada tahun itu, para petani wanita di Swiss tengah bergembira karena dapat memanen spaghetti dari pohon-pohon spaghetti di sebuah perkebunan. BBC kebanjiran panggilan yang tidak henti-hentinya dari pemirsa yang ingin mengetahui dimana bisa mendapatkan benih spaghetti dan cara menanamnya. Tentu saja hal ini hanyalah lelucon yang dibuat-buat, dan seperti kita ketahui spaghetti terbuat dari tepung dan air, bukan seperti yang digambarkan oleh Panorama.

2. Sidd Finch, Pitcher dengan Lemparan 168 mil/jam (1995)
Majalah Sport Illustrated menerbitkan sebuah cerita tentang seorang pitcher baru yang berencana akan bermain untuk Mets. Ia adalah Sidd Finch, ia dilaporkan dapat melempar bola dengan kecepatan 168 mil/jam (lemparan tercepat pitcher kurang lebih 100 mil/jam) dan dengan akurasi yang tepat. Walaupun ia tidak pernah bermain permainan ini sebelumnya akan tetapi dia di kabarkan telah menguasai "seni pitch" di biara Tibet dibawah bimbingan "Great Poet-Saint Lama Milaraspa". Para fans Mets pun berpesta ria atas ditemukan pemain berbakat itu dan Sport Illustrated kebanjiran permintaan untuk informasi lebih lanjut tentang Sidd. Dalam kenyataannya, pemain legendaris ini hanya ada dalam imajinasi sang penulis artikel, George Plimpton.

3. TV Warna Instan
TV Warna Instan
Pada tahun 1962, di Swedia hanya ada satu stasiun televisi dan itu masih hitam putih. Stasiun televisi itu mengumumkan kalau teknisi mereka, Kjell Stensson akan memberitahukan cara bagaimana agar televisi hitam putih mereka menjadi berwarna.
Kjell mengatakan kalau mereka membungkus televisi mereka dengan stoking, atau sesuatu yang ketat, maka akan terjadi pembiasan yang membuat televisi mereka berwarna.
Hampir semua orang mengikuti cara Kjell dan membungkus televisi mereka dengan stoking ketat. Yang kemudian menyadari bahwa itu adalah akal-akalan stasiun televisi dalam rangka April Mop.

4. Taco Liberty Bell (1996)
Perusahan makanan cepat saji, Taco Bell mengumumkan bahwa mereka telah memberi Liberty Bell (Lambang kemerdekaan Amerika) dan menganti namanya dengan "Taco Liberty Bell". Ratusan warga berdemontrasi di National History Park, Philadelphia. Beberapa Jam kemudian Taco Bell mengklaim hal tersebut hanyalah sebagai sebuah lelucon. Bagian terbaiknya adalah saat juru bicara Gedung Putih, Mike McCurry ditanya mengenai penjualan tersebut, dia menjawab bahwa "Lincoln Memorial" juga telah dijual dan diganti namanya menjadi "Ford Lincoln Mercury Memorial".

5.Tempat Liburan Indah di San Serriffe (1977)
Koran harian Inggris, The Guardian menerbitkan sampai tujuh halaman mengenai keindahan di San Serriffe, sebuah Negara Republik kecil di Samudra Hindia yang terdiri atas pulau-pulau yang berbentuk semicolon. Dalam artikel menjelaskan kondisi geografi, keindahan pulau dan kebudayaan dua pulau utamanya yaitu Upper Caisse dan Lower Caisse. Dengan ibukota bernama Bodoni dan pemimpinnya adalah "General Pica". Dalam sehari ratusan orang menelepon The Guardian untuk menanyakan informasi lebih lanjut tempat liburan yang indah tersebut. Keberhasilan April Mop ini membuat The Guardian didiskreditkan oleh masyarakat pada dekade tersebut.

6. Nixon For President (1992)
US National Public Radio, mengumumkan bahwa Richard Nixon, membuat sebuah kejutan dengan kembali mencalonkan diri sebagai presiden. Slogan kampanyenya adalah: ”I didn’t do anything wrong, and I won’t do it again”. Dalam pengumuman itu diperdengarkan rekaman dimana Richard terdengar berpidato akan keikutsertaannya dalam kampanye. Pemirsa yang marah segera menelpon ke radio tersebut, padahal ternyata suara yang direkam adalah suara Rich Little yang memang terkenal sebagai peniru suara.

7. Alabama Mengubah Nilai Pi (diameter keliling lingkaran) (1998)
Sebuah newsletter berjudul “New Mexicans for Science and Reason” berisi artikel Pemerintahan Alabama telah setuju untuk mengubah nilai konstan Pi dari 3,14159 menjadi bilangan bulat 3,0. Artikel yang di buat di internet dengan segera menyebar keseluruh penjuru penguna internet. Pemerintah Alabama kocar kacir menerima panggilan dari ratusan orang yang memprotes perundang-undangan itu. Padahal artikel itu dibuat untuk sebuah lelucon dalam membatasi pengajaran evolusi yang ditulis oleh Mark Boslough, seorang ahli fisika.

8. Burger untuk Orang Kidal (1998)
Burger King menerbitkan iklan satu halaman penuh di harian USA Today, mengumumkan hadirnya “Left-Handed Whopper” yang sengaja didesain untuk 32 juta orang kidal di Amerika. Menurut iklan tersebut, letak isi burger baru ini diputar 180 derajat dengan isi yang tetap sama dengan burger biasa, Keesokan harinya, jaringan Burger King mengumumkan hal tersebut hanya lelucon, mereka menerima ribuan pesanan untuk jenis burger baru mereka dan juga mendapat pesanan untuk jenis “right-handed".

9. Spesies baru di Antartika (1995)
Majalah Discover mengumumkan seorang ahli biologi terkenal bernama Dr Aprile Pazzo berhasil menemukan spesies baru di Antartika "The Hotheaded Naked Ice Borer" yang digambarkan seperti makhluk seperti pinguin dan dapat melaju dengan kecepatan tinggi di atas es. Setelah banyak penelitian oleh Dr Aprile Pazzo membuat sebuah teori bahwa kemungkinan hewan ini ikut bertanggung jawab atas kehilangan misterius yang dicatat dalam Antartika Philippe Poisson tahun 1837. Discover menyatakan bahwa lebih banyak menerima e-mail menanyakan artikel tersebut daripada semua artikel sejarah yang pernah di buatnya. (Buat anda yang masih belum mengerti, Aprile Pazzo adalah bahasa Italia untuk April Fool).

10. Gaya Grativasi Hilang Untuk Sementara Waktu (1976)
Pada tahun 1976, astronom terkenal Inggris, Patrick Moore, mengumumkan di radio BBC bahwa pada jam 9:47 pagi akan hadir fenomena yang cuman ada sekali seumur hidup. Pada saat itu Pluto akan lewat di belakang Yupiter sehingga akan mengakibatkan perubahan gravitasi hilang di bumi selama beberapa waktu. Moore berkata bahwa jika mereka melompat tepat pada jam tersebut, maka dia akan merasakan sensasi melayang di udara seperti yang dialami astronot di luar angkasa. Ratusan orang menelpon melaporkan merasakan sensasi unik ini. Bahkan ada seorang wanita melaporkan ia dan sebelas temannya telah bangkit dari kursi dan melayang disekitar ruangan.

11. Gmail Blue
Gmail Blue
Gmail blue menawarkan layanan berupa semua warna dalam email akan berubah menjadi biru. Dengan gambaran berupa video yang meyakinkan, banyak pengguna gmail yang tertipu dan menyebarkannya di dunia maya, yang kemudian menyadari bahwa mereka telah terjebak oleh April Mop yang dilakukan oleh Google.

12. Google Nose
Google Nose
Sensasi baru mesin pencari, Google Scensation: Google Nose
Google Nose adalah salah satu program yang tengah kami kembangkan, itulah kenapa kami baru melansir versi beta. Tulis google di halaman utama Google Nose, program pencari berdasarkan bau yang ada.
"Buka dan endus adalah cara terbaik untuk menggunakan google nose," lanjut Google meyakinkan para penggunanya. Dan banyak pengguna yang terjebak dengan Google Nose, beberapa tertangkap kamera sedang mengendus layar pc atau tablet mereka untuk membuktikan kebenaran berita tersebut.

13. Youtube Tutup
Youtube Tutup
Lagi-lagi Google pelakunya, menyebarkan berita kalau situs video terbesar di dunia itu akan ditutup dan memancing reaksi dari para penggunanya.
Google menyatakan bahwa sebenarnya, selama ini youtube adalah tempat kompetisi berbagai video. Dan karena kompetisi itu akan berakhir, maka youtube juga akan ditutup.
Untuk meyakinkan para pengguna, google menyertakan beberapa nama sebagai juri kompetisi. Ada kritikus, ada komentator yang sudah ditandai oleh youtube, ada juga seleb youtube termasuk Charlie dari kanal Charlie Bit My Finger, dan Antoine Dodson dari kanal Antoine Dodson News Blooper (Original).

14. Planet Kepler
Planet Kepler
Pada sebuah wawancara di BBC Radio tahun 1976, seorang astronom bernama Patrick Moore mengumumkan bahwa pada tanggal 1 April, pukul 09.47 pagi, sebuah peristiwa astronomi akan terjadi.
Planet Pluto akan berada tepat di belakang Jupiter dan akan menyebabkan keselarasan gravitasi, yang akan berpengaruh terhadap gravitasi bumi. Moore mengatakan kepada para pendengar, apabila mereka melompat pada saat peristiwa itu terjadi, maka mereka akan merasakan sensasi mengambang yang aneh, karena gravitasi bumi berkurang.
BBC menerima ratusan panggilan telepon yang menyatakan bahwa mereka memang merasakan sensasi yang aneh. Seorang wanita bahkan melaporkan bahwa ia dan 11 orang temannya mengambang di ruangan. Entah siapa yang paling bohong kali ini, Patrick Moore atau para pendengar radio.

15. Big Ben Diganti Jam Digital
Big Ben Diganti Jam Digital
Sudah tahu jam raksasa di London kan? Ya, jam kuno yang bernama Big Ben itu dilaporkan akan diganti dengan jam digital oleh pemerintah kota London.
Masyarakat tentu shock dengan berita itu, karena Big Ben adalah salah satu ikon ibukota Kerajaan Inggris tersebut. Masyarakat tidak terima dengan perubahan itu dan melancarkan aksi protes kepada pemerintah.
Radio BBC di Jepang bahkan menambahkan berita, kalau jarum jam legendaris itu akan di lelang kepada 4 pendengar pertama yang menelepon mereka. Untuk kemudian menyadari kalau mereka telah ditipu oleh Radio BBC.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar