Google+ Followers

Minggu, 28 April 2013

10 Ulah Luis Suarez yang Kontroversial

Luis Alberto Suarez Diaz, atau lebih dikenal dengan Luis Suarez striker asal Uruguay ini tengah disorot oleh berbagai media massa di Inggris. Pekan lalu Luis Suarez untuk kedua kalinya menggigit pemain lawan, kali ini yang jadi korban adalah defender Branislav Ivanovic ketika Liverpool menjamu Chelsea di Stadion Anfield, 21/04/2013. Akibatnya FA (Asosiasi Sepakbola Inggris) menjatuhkan sanksi larangan tampil 10 pertandingan. Berikut 10 ulah Luis Suarez lainnya yang kontroversial:

1. Debut di Timnas Uruguay  (Dua Kartu Kuning)
Luis Suarez memulai debut bersama timnas Uruguay pada laga Kualifikasi Piala Dunia. Ulahnya yang kontroversi membuatnya mendapatkan dua kartu kuning dalam pertandingan Uruguay melawan Kolombia di menit 85, meskipun ia gagal mencetak gol namun menjadi berita utama di media massa dunia.

2. Dicekal oleh Klub Ajax
Suarez memang dikenal Bengal sejak remaja. Buktinya ketika ia merumput bersama Ajax 2007 lalu, ia terlibat perseteruan dengan rekan satu timnya Albert Luque di ruang ganti pemain menjelang babak kedua pertandangan melawan Klub Feyenoord. Akibat perkelahian itu Suarez dan Luque dihukum dilarang tampil oleh klub Ajax.

3. Si Tangan Tuhan (Piala Dunia 2010)
Ternyata bukan Diego Maradona saja yang menggunakan tangan di laga bergengsi Sepakbola Piala Dunia, Suarez pun berbuat hal yang sama. Perbedaannya adalah Maradona menggunakan tanganya untuk membobol gawang Inggris, sementara Suarez menggunakan tangannya untuk mencegah gawangnya kebobolan. Tangan Tuhan Suarez beraksi saat Gyan Asamoah (Ghana) berhasil melesakkan bola ke gawang Uruguay yang sudah ditinggalkan oleh penjaga gawang, Fernando Muslera. Laju bola sundulan Gyan kearah gawang, namun Tangan Tuhan Suarez mementahkan bola tersebut keluar.

4. Kanibal dari Ajax (2010)
Sepertinya Suarez ingin melanjutkan popularitasnya sebagai pesepakbola badung, tak lama setelah aksi ‘Tangan Tuhan’ di Piala Dunia 2010. Ia kembali berbuat ulah dengan menggigit Otman Bakkal, ketika PSV Eindhoven menjamu Ajax. Atas Aksinya, salah satu Koran terbesar di Belanda, De Tellegraaf memberi julukan kepada Suarez sebagai “Cannibal of Ajax.”

5. Aksi ‘Diving’
Pecinta dan penggemar liga premier Inggris, mengenal penyerang Liverpool ini sebagai salah satu pemain yang pandai melakukan aksi ‘Diving’. Seperti yang dilakukannya pada pertandingan antara Liverpool melawan West Brom Albion Oktober 2009 lalu. Ketika itu Suarez  dihadang oleh Jerome Thomas, akibatnya wasit mengganjar aksi Jerome dengan hukuman penalt.

6. Berkata rasis pada Evra
Tindakan kontroversial Suarez berlanjut di Inggris saat membela Liverpool. Pada 15 Oktober 2011, Suarez berkata rasis pada bek Manchester United, Patrice Evra. Akibatnya, FA menjatuhi sanksi delapan kali larangan tampil dan denda sebesar 40 ribu poundsterling pada Suarez.

7. Jari tengah pada fans Fulham
Kontroversi kembali dilakukan Suarez, 5 Desember 2011. Dia tertangkap kamera mengacungkan jari tengahnya kepada fans Fulham. Suarez merasa kesal karena selalu dicemooh pendukung Fulham sepanjang pertandingan. Akibatnya Suarez dijatuhi hukuman 1 kali larangan bertanding dan denda 20 ribu pounds.

8. Injak punggung bek Zenit St Petersburg
Suarez membuat ulah saat Liverpool melawan Zenit St Petersburg di babak 32 besar, Liga Europa, Kamis 21 Februari 2013.
Pada menit 89, Suarez tertangkap kamera menginjak punggung bek Zenit, Tomas Hubocan. Ketika itu Hubocan yang berusaha menghalau bola jatuh di kotak penalti Liverpool dan Suarez masih berusaha mengejar bola dan menginjak punggung Hubocan.

9. Memukul bek Chile
Aksi ini dilakukan Suarez saat membela Uruguay menghadapi Chile pada laga Pra Piala Dunia 2014 zona Conmebol, Selasa 26 Maret 2013. Suarez tertangkap kamera memukul bek Chile, Gonzalo Jara.
Insiden pemukulan itu terjadi pada menit ke-35. Ketika Uruguay mendapat sepak pojok, Jara berusaha menjaga Suarez di kotak penalti dengan memeluknya. Kesal dengan penjagaan Jara, Suarez kemudian memukul bagian wajah bek West Bromwich Albion tersebut.

10. Tolak Jabat Tangan dengan Evra
Suarez tampaknya masih menyimpan dendam terhadap tuduhan rasis Evra yang membuat dirinya dijatuhi sanksi larangan tampil delapan laga. Suarez pun menunjukkan kekecewaannya dengan tidak membalas ajakan jabat tangan Evra jelang laga MU kontra Liverpool, Sabtu malam WIB, 11 Februari 2012.
Sikap tak terpuji Suarez dibalas rekan setim Evra, Rio Ferdinand yang menolak berjabat tangan dengan striker Uruguay itu. Ferdinand pantas melakukannya karena adiknya, Anton yang juga bek QPR, juga menjadi korban tindakan rasis bek Chelsea, John Terry.

1 komentar: