Google+ Followers

Senin, 22 April 2013

10 Lagu Indonesia Yang Dianggap Plagiat

Di dunia ini ada begitu banyak lagu yang terekam. Adakah orang yang bisa menghitung dengan pasti berapa jumlah lagu yang sudah terekam? Tentu tak seorang pun yang bisa melakukannya.
Hal tersebut kadang menjadi pemicu terjadinya nada yang sama dalam suatu lagu dengan lagu yang lain. Di Indonesia sendiri, banyak lagu-lagu dari musisi lokal yang baik disengaja maupun tidak terdengar sama dengan lagu-lagu luar negeri. Hal tersebut kemudian lebih dikenal dengan sebutan 'plagiat'.
Sebenarnya hal tersebut lumrah terjadi. Musik hanya memiliki 7 tangga nada. Wajar apabila kombinasi 7 nada tersebut kerap terdengar mirip karena dimainkan oleh milyaran juta lebih pemusik. Well, dalam rubrik ini akan sedikit mengupas tentang lagu-lagu lokal yang diklaim beberapa pengamat dan penikmat sebagai 'plagiat'. Berikut 10 Lagu Indonesia yang di Klaim sebagai Plagiat,dikutip dari Kapanlagi:
 

1. Sheila On 7 'Kita'
http://2.bp.blogspot.com/-xImcEYOKnig/T0QbBHCpwdI/AAAAAAAAB8M/QDJTRh2lOj0/s1600/Sheila%2Bon%2B7.jpg
Jika didengarkan sekelebat lagu ini begitu enak dinikmati. Tapi para penggemar Blur pasti tahu lagu Kita milik Sheila On 7 ini sedikit mirip dengan lagu Coffee and Tv.
Memang tak sama persis, namun terdengar bahwa Duta ataupun Eros membuat lagu Kita ini setelah mereka menikmati lagu Blur tersebut. 

2. Aura Kasih 'Mari Bercinta'
https://pbs.twimg.com/profile_images/3702375436/52d4d726f68c76edcd57a524e06d4b78.jpeg 
Coba Anda bandingkan lagu Aura Kasih ini dengan lagu Sean Paul, Give It To You. Lagu dengan video klip Aura yang tengah berlenggak lenggok seksi ini memiliki banyak kesamaan dengan Give It To You milik Sean.
Mulai dari intro hingga bait nada yang dinyanyikan Aura terdengar sama dengan lagu Sean. Disengaja atau tidak ya?
 

3. Ahmad Dhani ft. Chrisye 'Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada' 
http://4.bp.blogspot.com/-BedIFPc5PvI/Uf3MuYB1S6I/AAAAAAAAAMI/9Ga6vIE59eo/s1600/chrisye.jpg 
Chrisye adalah legenda musik pop Indonesia. Beliau sempat berkolaborasi dengan musisi sekaliber Ahmad Dhani. Namun siapa sangka lagu yang mereka nyanyikan berdua tersebut sedikit mirip dengan lagu Portishead, Glory Box.
Alunan mendayu dan beat yang rapat terdengar persis di kedua lagu. Hingga model suara vokal Dhani yang menyeret di awal juga dilakukan oleh Portishead. Anda tidak setuju?
 

4. BIP '1000 Puisi'
http://2.bp.blogspot.com/_yDR3IbBntEU/TGTcewYUZbI/AAAAAAAAB2A/eFTgskcG2v0/s400/BIP%2BBAND%2BFREE%2BMP3%2B%26%2BVIDEO%2B1.jpg 
Meskipun tak persis sama dari segi instrumen, nada vokal lagu ini mirip dengan lagu U2, I Still Haven't Found What Im Looking For.
Kedua band ini memang banyak dikenal pada periode akhir 80-an sampai 90-an. Apakah berkembang di era yang sama menjadikan musik kedua band ini menjadi mirip?
 

5. Melinda 'Cinta Satu Malam'
http://media.viva.co.id/thumbs2/2012/02/29/145614_melinda-cinta-satu-malam_663_382.jpg 
Lagu dangdut rupanya tak luput dari pengamatan plagiat atau tidak. Lagu Cinta Satu Malam ini salah satunya. Lagu ini begitu mirip dengan lagu Cascada, Everytime We Touch.
Dari segi aransemen tak terlihat perbedaan yang menonjol. Dari nada menyanyinya pun terdengar sama. Yang membedakan adalah, lagu yang dipopulerkan Melinda ini adalah lagu dangdut dan lagu milik Cascada bukan.
 

6. Angkasa 'Jangan Pernah Selingkuh'
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/4/43/Angkasa_band.jpg
Band yang tak lama eksis di belantika musik Indonesia ini pernah top dengan lagu Jangan Pernah Selingkuh. Lagu tersebut membuat Angkasa merasakan ketenaran meskipun tak begitu lama.
Namun ternyata, lagu yang membawa mereka naik daun itu disebut-sebut mirip dengan lagu milik Starsailor, Poor Misguided Fool. Persis atau tidak, kamu bakal melihat begitu banyak kemiripan di kedua lagu ini. 

7. Gita Gutawa 'Doo Be Doo'
http://3.bp.blogspot.com/-z_7XXBHUVEs/UPgtK6FkE1I/AAAAAAAAQGc/PvJnh7UJAhw/s1600/gita%2Bgutawa%2B6.jpg 
Gita Gutawa dikenal sebagai penyanyi dengan segudang prestasi di usia muda. Namun siapa sangka putri dari komposer kondang Erwin Gutawa ini punya lagu yang mirip dengan lagu lain.
Lagu yang dimaksud adalah lagu Doo Be Doo. Lagu tersebut mirip dengan lagu milik Freshly Ground. Bahkan uniknya, judul kedua lagu itu pun sama.
 

8. 3 Macan 'Iwak Peyek'
http://i.okezone.tv/photos/2012/03/21/5110/30794_large.jpg 
Ini adalah kasus plagiat yang masih hangat di telinga. 3 Macan yang mengklaim adalah pemilik sah dari nada lagu Iwak Peyek tersebut, ternyata harus mengakui kalau lagu itu sudah ada yang punya sebelumnya.
Lagu tersebut adalah milik band punk lawas, Cock Sparrer. Tembang berjudul Take 'Em All ini malahan sudah menjadi anthem song bagi beberapa fans klub sepak bola di eropa.
 

9. Mbah Surip 'Tak Gendong'
http://andy.web.id/wp-content/uploads/2009/08/mbah_surip.jpg 
Lagu Tak Gendong ini memang melejitkan nama almarhum Mbah Surip Lewat lagu sederhana ini beliau berhasil mengepakkan sayapnya di belantika musik Indonesia meskipun tak sampai lama.
Tapi ternyata nada lagu Tak Gendong ini persis dengan lagu milik Billy Vaughn berjudul Raunchy. Meskipun dikemas secara berbeda, namun tetap tak bisa dipungkiri bahwa 'tone' kedua lagu tersebut adalah sama.
 

10. d'Masiv 'Dan Kamu'
http://3.bp.blogspot.com/-YVoj5cYzTiU/Ui6wXayRLpI/AAAAAAAAAPg/Div6ZQi--G0/s1600/d-masiv.jpg 
Tampaknya d Masiv kerap dicap sebagai band plagiat. Banyak orang yang rela menghabiskan waktu untuk membandingkan lagu milik Ryan dkk. dengan band-band luar negeri. Lagu Dan Kamu misalnya. Lagu ini dianggap memiliki kesamaan dengan lagu milik Switchfoot, Head Over Heels.
Tak hanya itu, beberapa lagu di album pertama d Masiv banyak disamakan dengan lagu dari Incubus, Keane, hingga My Chemichal Romance.


Sumber : Kapanlagi

3 komentar:

  1. lgunya Cherybelle juga hahah komen back y

    BalasHapus
  2. video lagu contekan ..
    https://www.youtube.com/watch?v=MZLD2le_FJA

    BalasHapus
  3. video lagu contekan ..
    https://www.youtube.com/watch?v=MZLD2le_FJA

    BalasHapus