Google+ Followers

Kamis, 25 April 2013

Ella Fitzgerald Sang Ratu Jazz di logo Google

https://www.google.com/logos/2013/ella_fitzgeralds_96th_birthday-1212009-hp.jpg

Ella Fitzgerald adalah bukti tidak ada yang tidak mungkin dalam hidup. Perempuan yang dikenal sebagai Ratunya Musik Jazz pernah mengalami masa kecil yang jauh dari kata menyenangkan. Lady Ella, begitulah kerap ia disapa, dilahirkan di Newport News, Virginia, AS, pada 25 April 1917. Jika masih hidup, maka tepat hari ini tanggal 25 April 2013  ia merayakan ulang tahun ke-96.. Namun, bakat Lady Ella yang memiliki range vokal tiga oktaf, akhirnya mengantarkannya pada singgasana tertinggi yang dapat digapai oleh seorang musisi.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/7/73/Ella_Fitzgerald_1968.jpg/459px-Ella_Fitzgerald_1968.jpg
Lahir dari pasangan William dan Temperace Fitzgerald, Ella sudah merasakan patah hati bahkan sejak ia melihat dunia. Orang tuanya berpisah beberapa waktu setelah ia lahir, dan ibunya membawa si kecil Ella ke Yonkers, New York.

Berada di lingkungan yang agamis, Ella sempat memendam keinginan untuk menjadi penari. Namun, pada musik jazz-lah ia merasakan jatuh cinta pertama. Tumbuhlah wanita bernama lengkap Ella Jane Fitzgerald ini dengan mendengarkan lagu-lagu Louis Armstrong, Bing Cosby, atau The Boswell Sisters. Vokalis utama The Boswell Sisters, Conne Boswell, menjadi sumber inspirasinya.

Namun, kebahagiaan terenggut di usia remaja. Sang ibu meninggal karena serangan jantung dan Ella harus disiksa sang ayah. Sempat tak punya tempat tinggal, peruntungannya berubah sejak memenangi acara “Amateur Nights” dengan hadiah 25 Dolar. Bakat Ella Fitzgelard memang tak perlu diragukan.

Disebut sebagai berlian, ia memulai karier solo sejak 1942 setelah meninggalkan band “Ella and her Famous Orchestra”. Sekian album dan single dirilisnya, dan The New York Times kala itu menyebut Ella Fitzgerald sebagai “salah satu vokalis jazz paling berpengaruh dekade ini”. 13 Grammy Awards yang dimenanginya sudah cukup untuk menjelaskan siapa dirinya.

Totalitas dalam bermusik. Demikianlah gambaran singkat Ella Fitzgelard. Hingga meninggal pada 1996, ia dikenal sebagai sosok yang benar-benar mengabdikan diri pada musik. Ella dikenal sebagai sosok pemalu dan jarang hang out seperti yang dilakukan kebanyakan orang. Salah satu kalimatnya yang layak dikenang adalah, “Saya tidak ingin mengucapkan hal yang keliru, yang sering saya lakukan. Tapi, saya pikir, saya bisa berbuat lebih baik, ketika menyanyi.”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar