Google+ Followers

Kamis, 25 April 2013

10 Alasan Delay Pesawat Paling Aneh Sedunia

Apapun alasannya, delay pesawat tetap tidak menyenangkan bagi traveler. Selain karena masalah teknis, seringkali delay terjadi karena sesuatu yang tidak masuk akal. Inilah 10 alasan delay paling aneh sedunia.
Masalah yang sering dialami traveler saat akan bepergian dengan pesawat adalah delay. Penundaan jam penerbangan memang sangat mengganggu. Ternyata, delay tidak selalu disebabkan oleh masalah teknis. Ditengok dari The Telegraph, Selasa (16/4/2013), berikut adalah 10 alasan delay paling aneh yang pernah terjadi:

1. Pilot marah karena tidak bisa ambil makanan favorit
Penerbangan Air India harus tertunda selama satu jam pada awal tahun ini. Delay terjadi saat pilot pesawat Kapten Smiriti Trehan menolak terbang. Alasanya karena ada perubahan rute penerbangan Mumbai-Jodhpur-Delhi. Saat itu, pesawat tidak transit di Jodhpur.
Ini tentu bukan masalah bagi penumpang. Namun, Trehan sudah merencanakan untuk menunggu kiriman kachori (makanan khas India-red), saat pesawat singgah di Jodhpur. Marah dengan perubahan rute tersebut, ia pun menolak untuk menerbangkan pesawat.

2. Presiden AS potong rambut di Air Force One
Mantan Presiden AS, Bill Clinton diduga menjadi penyebab delay-nya beberapa penerbangan di Bandara Internasional Los Angeles. Kenapa? Karena sang penata rambut masih memotong rambut Bill Clinton di dalam pesawat Air Force One. Ada-ada saja!

3. Pramugari bilang pesawat akan jatuh
Pada tahun 2012, penerbangan American Airlines dari Dallas sempat tertunda. Penundaan tersebuat terjadi setelah seorang pramugari mengembar-gemborkan kalau pesawat mengalami masalah teknis dan akan jatuh.
Akibat ulah pramugari tersebut, pramugari lain harus berusaha menenangkan penumpang. Akhirnya, pesawat bisa melanjutkan penerbangan setelah pramugari itu dikeluarkan dari pesawat.

4. Alat isi ulang baterai ponsel dikira bom
Tahun lalu, penerbanga Delta dari Istanbul menuju New York harus dialihkan ke Dublin. Ini terjadi, gara-gara ada penumpang yang mengisi ulang baterai ponselnya menggunakan soket dari alat cukur di toilet pesawat, diam-diam. Alhasil, petugas merasa curiga dan takut kalau peralatan tersebut adalah bom.

5. Tweet soal toilet rusak
Selain karena alat pengisi baterai ponsel, pesawat Delta juga pernah mengalami pendaratan darurat karena toilet rusak. Ini terjadi saat pesawat terbang dari Minnesota menuju Los Angeles pada tahun 2011. Masalah itu ketahuan karena tweet yang dikicaukan oleh gitaris Guns n' Roses, Slash yang juga berada dalam penerbangan tersebut.

6. Petugas dikejar anjing
Pada April 2011, anjing jenis Rhodesian Ridgeback menyebabkan penundaan di Bandara La Guardia, New York, setelah berhasil kabur saat dimasukan ke dalam pesawat. Petugas pun panik karena anjing tersebut mengejarnya selama 20 menit. Kejadian serupa juga terjadi di Bandara Manchester. Saat itu, anjing jenis Whippet berhasil membuat belasan pesawat menunda penerbangannya. 7. Aktor pipis di karpet pesawat
Sebuah penerbangan dari Paris menuju Dublin terpaksa ditunda selama dua jam. penundaan ini terjadi setelah seorang aktor asal Prancis, Gerard Depardieu, pipis di karpet kabin.
Aktor gemuk itu melakukan aksinya, karena pramugari melarang Depardieu menggunakan toilet saat pesawat akan lepas landas. Akibatnya, pesawat tersebut harus kembali ke bandara keberangkatan.

8. Kelebihan muatan
Pesawat easyJet menuju Jenewa, terpaksa menunda penerbangannya selama satu setengah jam pada bulan Januri karna dianggap terlalu berat untuk lepas landas. Seorang pria dan ketiga penumpangnya lainnya dirayu dengan uang tunai, sejumlah 400 Poundsterling (Rp 6 juta) agar mau turun dari pesawat. Sehingga pesawat tersebut bisa terbang.

9. Berang-berang kabur dari kargo
Pada tahun 2009, penumpang menyangka awak pesawat bercanda saat mengumumkan, penerbangan pesawat Contonental ditunda karena sepasang berang-berang kabur dari kargo. Sampai akhirnya mereka percaya ketika melihat binatang tersebut berlari di landasan pacu. Akibatnya, penerbangan dari Houston ke Columbus, Ohio ditunda selama satu jam.

10. Bayi-bayi penyu di landasan pacu
Bayi-bayi penyu yang baru menetas mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara John F Kennedy, New York, pada tahun 2011 lalu. Akibatnya, gerombolan bayi penyu yang menutup Runway 4L membuat penerbangan di bandara tersebut tertunda selama satu jam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar