Google+ Followers

Rabu, 10 April 2013

7 Bangunan Gereja Terbengkalai dan Mengerikan

Gereja adalah sebuah tempat suci bagi umat Kristiani untuk beribadah. Sebagai tempat suci, gereja juga seringkali memiliki infrastruktur yang sangat keren dengan desain seni berkelas.
Namun rupanya di dunia ini ada beberapa gereja yang sudah ditinggalkan dan tak pernah dipakai beribadah. Dengan alasan apa? Terkadang karena arsitektur kuno dan sudah rusak, membuat gereja-gereja itu ditinggalkan.
Tak berhenti sampai di situ, berbagai alasan membuat banyak orang begitu ingin mengetahui apa yang terjadi ketika sebuah gereja ditinggalkan. Berikut 7 gereja yang sudah ditinggalkan dan membuat wujud mereka menjadi mengerikan karena tak terawat. 

1. Gereja Transfiguration – New York
http://static.environmentalgraffiti.com/sites/default/files/images/ny2.png
Meskipun kondisi bangunan gereja ini sudah banyak yang berupa reruntuhan dan terlarang, namun sisa kemegahannya masih tampak jelas. Dibangun pada tahun 1893, semula gereja ini untuk jemaat imigran Polandia yang berada di daerah Timur Buffalo. Awalnya berupa kayu dan dibangun kembali dengan gaya Gothic yang membuat kesan menakutkan dan selesai dibangun pada 1897. Gereja ini ditutup pada 1991 dan kini sudah terbengkalai dengan banyaknya penjarah logam bangunan.

2. Gereja St. Boniface – Chicago
http://3.bp.blogspot.com/-hJM8UEt4ft4/URMhWpFvQVI/AAAAAAAANlw/o8wggz90-1k/s1600/25.jpg
Langit biru bangunan gereja ini sangatlah indah. Dengan gaya Romanesque Revival, gereja ini dibangun pada 1904 untuk mengganti struktur awal yang didirikan pada 1865. Bentuk aslinya dibangun oleh imigran Jerman. Kini panel dinding gereja sudah mengelupas dan ditutup pada 1990. Meski hendak dihancurkan, pada 1999 pendemo berhasil mencegahnya demi menjaga nilai sejarah. Namun rasanya sayang ya melihatnya terbengkalai begini.

3. Gereja First Methodist – Gary

http://img4.cache.netease.com/photo/0001/2012-12-25/8JJ5PTEJ4T8F0001.jpg
Jika kondisi ini mengingatkan kamu atas setting film A NIGHTMARE ON ELM STREET, maka itu benar karena sebagian besar syuting memang dilakukan di sini. Bahkan dengan salah satu ruangan yang ditinggalkan, kesan mengerikan sangat jelas di banunan ini. Selain katedral, gereja ini juga pernah menjadi pusat komunitas lengkap dengan ruangan kelas, auditorium, gymnasium, ruang perjamuan, dan dapur. Namun semua tinggal kenangan.

4. Gereja Young’s Chapel Methodist – Rebecca

http://img5.cache.netease.com/photo/0001/2012-12-25/8JJ5PTPF4T8F0001.jpg
Bangunan gereja yang ditinggalkan seringkali dianggap membawa kesan berhantu, dan itu juga terjadi di gereja kecil di kawasan Georgia. Pertama kali bangunan ini digunakan pada 1875, dan kini tinggal menyisakan orgen tua di sudut dan membuat banyak orang membayangkan bahwa orgen itu berbunyi sendiri setiap malam. Kapel Young ditutup untuk publik pada 1974 ketika hanya menyisakan 8 jemaat saja.

5. Gereja St. Stephen – Chicago

http://www.chicagoreader.com/binary/939b/1250641325-eac_eric_holubow_the_great_room.jpg
Meski sudah ditinggalkan dengan kondisi kosongan membusuk, namun kubah gereja St. Stephen masih tampak agung dan mengesankan sehingga kamu bisa membayangkan seperti apa saat masih jaya. Dibangun pada 1915. Namun pada akhir 1990-an, gereja ini sudah kosong lantaran akan diubah menjadi kondomonium. Entah mengapa, rencana itu gagal dan membuat gereja ini menjadi bangunan misterius yang terbengkalai. Seram?

6. St. Joseph’s Church – San Francisco
http://4.bp.blogspot.com/-MzL-3OHvASU/UWVVQmhQs1I/AAAAAAAAsBU/9ivKowXuOes/s640/756.jpg
Gempa bumi yang melanda San Fransisco pada 1989 silam membuat kerusakan parah pada bangunan gereja ini dan akhirnya ditutup. Selama bertahun-tahun, kerusakan arsitektur terus menggerogoti bangunan sampai berlubang di langit-langit. Gereja ini pernah didominasi oleh jemaat Irlandia, namun pada 1980-an jemaat Filipina banyak ditemukan di sini.

7. Gereja 17th-Century – Quintanello, Vigone
http://2.bp.blogspot.com/-4TeVnvEbD94/URMhy0ZW8YI/AAAAAAAANmY/yoSwKHKsf_Y/s400/30.jpg
Terletak di Quintanello, Italia, gereja ini ditinggalkan dengan sisa arsitektur Baroque. Seperti yang kamu lihat, interior bangunan sudah sangat terabaikan dan lapuk di mana-mana. Dengan dikelilingi tanaman liar, membuat gereja tua ini menjadi objek menarik bagi fotografer namun objek mengerikan bagi mereka yang percaya akan hantu.


Sumber : Kapanlagi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar