Google+ Followers

Rabu, 11 September 2013

8 Teknologi Dahulu dan Sekarang

Saatnya melihat kembali ke belakang bagaimana teknologi berkembang sampai ke zaman sekarang.

Dulu: Telepon rumah (fixed line)
Sekarang: Mobile
Technology then and now
Tak disangka ternyata sampai sekitar 10 tahun lalu, mayoritas panggilan suara dilakukan melalui telepon rumah dan telepon umum. Kini, zaman telepon tradisional sudah direbut dominasinya oleh telepon seluler, panggilan sudah dikembangkan bahkan bisa sampai tanpa biaya dan berteknologi video ke mana saja, di mana saja.

Dulu: Akses internet dial-up
Sekarang: DSL broadband dan 3G/4G
http://l1.yimg.com/bt/api/res/1.2/D5JQ5APWidmXcRdS81JzOw--/YXBwaWQ9eW5ld3M7Zmk9aW5zZXQ7aD00NzM7cT04NTt3PTYzMA--/http://l.yimg.com/os/publish-images/news/2013-08-15/e7490dc8-84e6-4d1e-9fb2-b51562f2847e_1.jpg
Anda mungkin masih ingat suara model dial-up yang khas itu saat ingin terhubung ke internet. Saat mengunduh foto ukuran standar saja memakan waktu sampai sepuluh menit. Kini untuk mengunduh satu file audio saja bisa hanya sekejap mata.

Dulu: Pemutar musik analog
Sekarang: iPod, telepon seluler
Technology then and now
Kapan terakhir Anda memasukkan kaset ke dalam Sony Walkman lalu mem-forward-nya sampai ke lagu yang Anda suka sampai pita kaset favorit jadi kusut? Terima kasih kepada iPod dan aplikasi di telepon seluler yang memungkinkan "lemari kaset/CD/vinyl" Anda bisa masuk ke dalam genggaman. Lebih jauh, bahkan Anda tak membutuhkan harddisk untuk menyimpannya, karena Spotify, Deezer, dan Mix Radio dari Nokia memungkinkan Anda mendengarkan lagu/playlist favorit secara mobile. 

Dulu: kamera film
Sekarang: kamera digital, ponsel seluler
Technology then and now
Untuk mendapatkan warna dan efek yang baik, dahulu kita mesti mengerti benar teknik-teknik fotografi manual, karena Anda tak pernah tahu bagaimana hasilnya sampai melihatnya di kamar gelap. Kini sedetik setelah Anda memfoto objek, Anda bisa melihat preview-nya, tambahkan efek sesuka Anda dengan sekali sentuh.

Dulu: Mesin faksimili
Sekarang: E-mail
http://l1.yimg.com/bt/api/res/1.2/IrqHccLDHtBinIzwNJdZsA--/YXBwaWQ9eW5ld3M7Zmk9aW5zZXQ7aD00NzM7cT04NTt3PTYzMA--/http://l.yimg.com/os/publish-images/news/2013-08-15/f63610c3-ec3f-4f56-ab93-62cc89a0dcd4_5.jpg
Untuk mengirim surat dan gambar secara real time, Anda menggunakan faksimili yang tentunya memakan waktu dan membuang stok kertas di kantor. Beruntung kita saat ini sudah dimanjakan dengan adanya teknologi e-mail yang bisa mengirim semuanya sekali klik.

Dulu: TV tabung
Sekarang: TV LCD/LED, Smart TV
Technology then and now
Dari tabung yang berukuran besar sampai bentuknya yang ramping, TV saat ini jauh lebih enak dilihat, tak memakan banyak daya listrik, dan seperti namanya--semakin pintar. Beberapa negara dan layanan bahkan sudah menyediakan program yang bisa Anda pilih sendiri sesuai pesanan.

Dulu: Surat biasa
Sekarang: SMS, pesan instan, pesan via media sosial
Technology then and now
Mengirim undangan lewat pos/surat biasa lalu jadinya malah tak sampai ke penerima. Itu dulu. Kini dengan hanya mengirim teks lewat SMS atau aplikasi pesan instan, Anda bisa langsung mendapatkan informasinya real time.

Dulu: Disket, CD
Sekarang: Flashdisk, cloud
Technology then and now
Butuh proses yang lama untuk memasukkan file-file penting Anda ke dalam CD (apalagi disket!). Dengan hanya sebentuk flashdisk ukurang mungil dan tipis, Anda kini bisa menyimpan data berukuran besar. Malas membawanya ke mana-mana? Letakkan langsung datanya di cloud yang nantinya bisa dapat Anda akses di mana saja.

1 komentar: