Google+ Followers

Rabu, 11 September 2013

10 Stasiun Bawah Tanah Paling Indah di Dunia

Desain stasiun bawah tanah yang ada di dunia ini memang beraneka ragam. Namun 10 stasiun berikut memiliki keunikan tersendiri dan dibangun dengan arsitektur berbeda. Arsitektur tersebut menampilkan karya-karya cantik dan membuat orang yang berada di dalam stasiun terpukau.
Tidak monoton seperti lokasi pemberhentian kereta bawah tanah yang kaku, stasiun berikut dibangun dengan sentuhan karya seni dan kemegahan tersendiri. Penampilan dari zaman Renaissance hingga konsep yang modern dibangun dengan baik.

1. Formosa Boulevard Station Taiwan
http://freshadda.com/top-ten/Top-10-Most-Beautiful-Metro-Stations-In-The-World/Formosa-Boulevard-Station-Kaohsiung-Taiwan.jpg
Stasiun bawah tanah ini berada di Kaohsiung, Taiwan. Saat kita memasukinya, kita berada di ruang besar dengan warna-warna yang indah. Banyak orang takjub dengan desain stasiun ini. Bahkan lokasi ini menjadi objeck wisata.

2. Rådhuset, Stockholm, Swedia
http://twistedsifter.files.wordpress.com/2013/04/radhuset-court-house-metro-station-stockholm-sweden.jpg?w=800
Stasiun yang menakjubkan ini berada di Stockholm ini dibangun pada tahun 1975. Ini merupakan salah satu contoh arsitektur organic paling keren di dunia. Orang-orang yang menggunakan stasiun ini seolah masuk ke dalam gua bawah tanah yang indah.

3. Stadium Station, Stockholm, Swedia
http://4.bp.blogspot.com/-3oQCf4Ck6NI/UhTK7lwIkZI/AAAAAAAAHe4/Sus9px5g_zc/s1600/.+Stadium+Station%252C+Stockholm%252C+Swedia.jpg
Stadium Station yang berada di Stockholm didekorasi dengan mural cat pelangi. Foto yang diambil ini membuat stasiun ini mirip dengan gua es dan ini adalah ide yang keren untuk mendekorasi stasiun seperti ini.

4. Elektrozavodskaya Station, Moscow
http://farm9.staticflickr.com/8048/8140585650_90fba0f14d_z.jpg
Cukup sulit untuk mengucapkan Elektrozavodskaya. Stasiun ini terlihat seperti galeri seni yang begitu mewah. Jika stasiun bawah tanah kerap dibayangkan kotor dan tidak terawat, tentu ini berbeda dengan stasiun ini.

5. Kiyevskaya Station - Koltsevaya Line Hall, Moscow
#9 Kiyevskaya Station - Koltsevaya Line Hall, Moscow, Russia
Kiyevskaya Station adalah stasiun lain di Moscow yang didesain seperti galeri Renaissance. Jika saja semua stasiun seperti ini. Yang paling cantik tentu penggunaan warna emas yang terlihat mewah dan juga lukisan-lukisan cantik yang terpampang.

6. Zoloti Vorota Station, Kiev, Ukraina
http://freshadda.com/top-ten/Top-10-Most-Beautiful-Metro-Stations-In-The-World/Zoloti-Vorota-Station-Kiev-Ukraine.jpg
Stasiun bawah tanah yang impresive ini dibuka pada tanggal 30 Desember 1989. Banyak yang berkomentar bahwa stasiun ini mirip dengan katedral ortodok. Stasiun ini memang lebih mirip tempat untuk beribadah daripada pemberhentian kereta api.

7. Puhŭng, Pyongyang, Korea Utara
#7 Puhŭng, Pyongyang, North Korea
Pyongyang Metro adalah kereta dengan stasiun yang berada paling dalam di belahan bumi. Kereta tersebut berada 110 m di bawah tanah. Stasiun yang berada di Korea Utara ini dibuka tahun 1987, dan sejak saat itu menjadi harta karun tersembunyi. Stasiun ini memiliki desain yang cantik dan dipenuhi ornamen dan mural.

8. O'Hare Station, Chicago, Illinois
http://1.bp.blogspot.com/-uvZVMAhAqb8/UhTK4QtH8kI/AAAAAAAAHeg/Vpeq9CvqszQ/s1600/.+O%2527Hare+Station%252C+Chicago%252C+Illinois.jpg
Stasiun bawah tanah ini berada di Chicago, Illinois. Ini merupakan salah satu stasiun bawah tanah paling cantik di Amerika. Berada di O'Hare International Airport, tembok stasiun ini terbuat dari kaca-kaca yang dibuat menjadi batu bata.

9. Centralen Station, Stockholm, Swedia
#6 T-Centralen Station, Stockholm, Sweden
T-Centralen Station di Stockholm, Swedia, juga masuk dalam list ini. Stasiun tersebut didesain dengans sangat kreatif dan tidak konvensional. Tembok tersebut berisi gambar-gambar orang yang tengah bekerja dan membangun konstruksi.

10. The stations of the Line A, Praha, Ceko
http://2.bp.blogspot.com/-EQ7r_zNCpS8/UhTK84phfYI/AAAAAAAAHfA/7jZq6533PmQ/s1600/.+The+stations+of+the+Line+A%252C+Praha%252C+Ceko.jpg
Praha dikenal dengan arsitekturnya yang indah. Tidak mengherankan jika stasiun bawah tanahnya juga yang paling indah. Stasiun tersebut memiliki pattern yang cantik. Meski dibangun pada tahun 1970 silam, stasiun bawah tanah ini memiliki desain yang modern.

1 komentar: