Google+ Followers

Jumat, 13 September 2013

13 Fakta Mengerikan dan Aneh Soal Friday 13th

Friday 13th terjadi ketika tanggal 13 pada bulan itu jatuh di hari Jumat dan dianggap sebagai hari sial bagi sebagian orang. Setidaknya ada satu kali dalam setahun tanggal 13 jatuh di hari Jumat meskipun tak ada bukti soal sialnya Friday 13th.
Kepercayaan itu sudah ada sejak abad ke-14. Bahkan ada yang menghindari melakukan perjalanan atau pekerjaan karena banyaknya cerita sial atau musibah di Friday 13th. Nah, daripada banyak berdebat, berikut ada 13 fakta aneh mengenai hari sial itu dibawah ini :

1. Berjarak 13 Minggu
Pada tahun 2012 ada tiga kali hari Jumat yang bertepatan dengan tanggal 13 yakni pada 13 Januari, 13 April, dan 13 Juli. Apa yang aneh dari fakta itu? Jika kamu jeli, maka ketiga hari itu saling berjarak sebanyak 13 minggu. Dan hal itu tak pernah terjadi semenjak tahun 1984.

2. Phobia Friday 13th
Jika kamu adalah orang yang takut akan Friday 13th dan selalu cemas akan hal buruk yang terjadi pada hari itu maka kamu menderita paraskavedekatriaphobia (juga dikenal dengan friggatriskaidekaphobia). Itu adalah istilah ilmiah untuk mereka yang takut pada Friday 13th.

3. Perjamuan Terakhir
Tidak jelas kapan Jumat 13th identik dengan hal buruk. Namun banyak yang percaya itu berasal dari Alkitab mengingat ada 13 tamu dalam Perjamuan Terakhir yang mengkhianati Yesus. Bahkan penyaliban Yesus terjadi pada esok harinya yang ternyata Jumat.

4. 13 Selalu Dihindari
Dengan berbagai alasan, ketakutan pada angka 13 sudah terjadi pada banyak orang dan daerah. Bahkan banyak hotel serta rumah sakit yang tidak memiliki lantai ke-13. Atau mungkin beberapa bandara yang enggan membangun gate ke-13.

5. Friday 13th Pada Tahun 2013
Setelah tahun 2013, tahun di mana akan memiliki tiga kali hari Friday 13th adalah pada tahun 2015. Friday 13th pada tahun itu akan jatuh pada bulan Februari, Maret, dan November.

6. Kematian Ksatria Templar
Jika menurutmu Friday 13th cenderung buruk, beruntunglah kamu bukan para Ksatria Templar di abad ke-14. Pada 13 Oktober 1307 (yang ternyata hari Jumat), suruhan Raja Philip IV di Prancis menggerebek rumah ribuan prajurit Perang Salib itu dan memenjarakan mereka atas tuduhan kegiatan ilegal. Meskipun tuduhan itu tak terbukti, lebih dari ratusan orang meninggal karena penyiksaan yang mengerikan itu.

7. Kelahiran Alfred Hitchcock
Tahukah kamu kalau sutradara legendaris yang lekat dengan film thriller psikologi, Alfred Hitchcock terlahir pada Jumat, 13 Agustus 1899? Dan ulang tahunnya yang ke-100 jatuh pada 13 Agustus 1999 yang juga hari Jumat. Seakan kurang, film yang rencananya menjadi debut Hitchcock berjudul NUMBER 13.

8. Buah Pikiran Manusia
Apa yang membuat Friday 13th menjadi takhayul yang begitu lekat dengan banyak pikiran orang? Menurut Thomas Gilovich yang mengepalai departemen psikologi di Universitas Cornell, hal itu dikarenakan otak manusia yang hampir terlalu bagus untuk membuat sebuah pemahaman yang bisa berdampak baik dan buruk. Seperti kata Gilovich, "Jika sesuatu hal buruk terjadi padamu di hari Jumat tanggal 13, maka itu bisa terus berkaitan pada pemikiranmu. Dan semua hari-hari lancar yang terjadi pada tanggal 13 hari Jumat sebelumnya akan diabaikan."

9. Kepercayaan Pagan
Untuk orang-orang penganut Pagan, angka 13 sebetulnya adalah angka keberuntungan. Karena hal itu sesuai dengan jumlah bulan penuh dalam setahun.

10. Ketakutan Angka 13
Presiden ke-32 Amerika Serikat yakni Franklin D. Roosevelt dikatakan bahwa dirinya selalu menghindari perjalanan pada tanggal 13 setiap bulannya dan tak pernah mengundang 13 orang tamu dalam perjamuannya. Tak hanya Roosevelt, rupanya Napoleon dan presiden Herbert Hoover juga mengalami Triskaidekaphobic yakni takut abnormal akan angka 13.

11. Quatorzieme
Tahukah kamu kalau di Prancis ada profesi khusus yang dikenal dengan nama quatorzieme. Apa itu? Itu adalah orang yang bertugas menjadi tamu yang ke-14 dalam sebuah pesta yang hanya mengundang 13 orang. Ada yang berminat ingin seperti itu?

12. Kisah Pialang Saham
Pialang saham sekaligus penulis Thomas W.Laswon dalam novelnya yang dirilis pada 1907 berjudul Friday the Thiteenth, menulis mengenai hari sial dalam sebulan yang dialami pialang saham Wall Street. Kabarnya para pialang saham mengalami hal buruk saat menjual atau membeli saham di hari Jumat tanggal 13.

13. Terapi Friday 13th
Ketakutan pada hari Jumat tanggal 13 bisa menjadi masalah serius menurut Stress Management Center and Phobia Institute di Asheville. Hal itu membuat mereka menawarkan sejumlah terapi untuk membantu orang-orang yang ketakutan pada Friday 13th. Apakah kamu ingin coba bergabung?

1 komentar: